iklan iwb
iklan iwb

Bukan pekerjaan mudah melawan raksasa otomotif roda dua dunia seperti Honda. Butuh ekstra effort serta strategi brilian untuk menggoyang eksistensinya. Kendati sempat terlena, kini Honda banyak berbenah. Mulai dari produk serta jaringan dealer dirombak total. Jika dulu nelurin produk hanya sekedar facelift, sekarang loyal tanpa banyak perhitungan. Posisinya yang sempat terpuruk disalip Yamaha, secara meyakinkan mulai merangkak naik. Bahkan perbulan April 2012, sesuai data dari Eyang Edo….grup Astra sukses menguasai 54,75%. Sedang pabrikan garputala mengalami tren penurunan….

Dari segi produk….kualitas Yamaha tidak kalah. Namun Honda mampu melihat peluang pasar. Seluruh lini ditutup tanpa diberi ruang sedikitpun. Menyadari gagal menusuk dengan Vario, skutik anyar entry level diracik. Dan berkat Beat-lah market skutik yang dihuni Yamaha Mio mulai digerogoti. Tidak hanya itu…berturut-turut produk andalan diluncurkan. Mulai dari PCX125, Scoopy, Spacy, Vario Techno110 dan CW. Attacking dilanjutkan pada segmen bebek lewat new Blade, serta Revo. Sedang paling hangat….grup Astra brojolin skutik 125cc berteknologi ACG starter dengan banderol yang cukup terjangkau. Sayang….geliat mereka tidak direspon cepat oleh kompetitor….

Tahun 2010-2011 Yamaha tetap adem ayem. Kendati banyak informasi bahwa diamnya YIMM adalah untuk mengatur strategi….dalam pandangan IWB itulah kesalahan terbesar yang mereka buat sebab pada moment itu Honda bangkit. Ditahun 2010 mereka bebas bergerak menusuk kesana kemari tanpa takut dicegat lawan. Hasilnya?….market share pabrikan sayap mengepak tumbuh dengan angka yang mencengangkan yakni 42,46%%.  Tren ini terus meningkat hingga tembus 50,35%. Bukannya susut…perApril 2012, market share Honda nongkrong diangka 54,75%. Sementara Yamaha harus puas mengisi posisi dua dengan gap lumayan besar yakni 36,86%. Penguasaan market share tersebut merupakan rekor tertinggi Honda dalam lima tahun terakhir….

iklan iwb

Untung Yamaha tidak mau terlena lebih dalam. Strategi offensif sudah mulai dilakukan lewat produk mutakhir mereka…Mio-J serta Soul GT YMJet FI. Ditahun 2012 berturut-turut akan menyusul varian lain yang disinyalir dari bebek dan sport. Kendati belum tahu apakah dengan manuver yang terkesan sedikit telat ini mampu memperbaiki posisi market share….ikhtiar Yamaha patut diapresiasi. Mereka butuh recovery secepatnya kalau tidak ingin semakin tenggelam. Bayangkan brosis….ditahun 2011 pangsa pasar YIMM masih nongkrong diangka 41,80% sedang kini hanya sekitar 36,86%. Opo ora mumet bos-bos diatas sana….

So…saatnya bangkit dan bekerja keras bagi tim Yamaha. Patut diingat…mereka bukan bertarung dari segi produk saja, namun satu hal yang kudu dihancurkan yakni “mindset” konsumen terhadap merek Honda yang begitu luar biasa. Inilah yang menjadi tantangan besar untuk Yamaha. Menariknya….pak Abidin (YIMM) sempat berujar bahwa mindset konsumen terhadap produk kompetitor memang sangat kuat khususnya dikota-kota kecil. Produk?? mereka confident bisa lebih baik. Tapi tentang mindset?? bukan hal mudah untuk merubahnya. So mau bertarung dengan Honda??…..kudu memenangkan mindset konsumen. Apakah bisa??

Memang berat bro. Perlu waktu yang tidak singkat….strategi berkesinambungan serta edukasi intens yang bakal menguras tenaga dan dana. Sementara sektor terakhir…..jujur Yamaha masih jauh dibanding Honda. Lawong otote kalah rosa, mau fitness atau olah raga juga butuh waktu lama untuk setara. Last…tidak diragukan kompetitor memang terlalu kuat untuk digoyang. Seiring perjalanan waktu, kita akan lihat apakah posisi tetap terpelihara seperti ini….atau bakal ada mukjizat serta gebrakan dari Yamaha??. Kita tunggu saja…….(iwb)

iklan iwb
Previous articleKomparasi dimensi fisik Pulsar 200NS vs Pulsar 180……
Next articleGambar detil Yamaha Soul GT Bumblebee. Monggo diintip…..
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!