iklan iwb

Tren perasaan makin nyleneh aja brosis. Ketika ban cacing dihujat, dimaki dihina dan dicibir….kini malah ada gaya nyleneh model baru. Style yang dipikir keren dan gaul…..tapi ngawur tenan. Btw apanya yang bikin gaul yak???

IWB mendapatkan informasi bahwa dibeberapa daerah saat ini sedang ngetrend motor tanpa rem belakang. Hal ini cukup mengagetkan mengingat perangkat tersebut adalah alat vital keamanan. Kenapa? jangan pernah remehkan rem belakang bro. Kendati mendapatkan porsi sedikit (antara 25-30%) rear brake membantu menstabilkan kendaraan ketika terjadi dorongan gravitasi. Pada saat braking normal….pressure terbesar diderita komstir, suspensi, poros roda serta seluruh komponen kaki-kaki bagian depan. Mungkin efek tanpa rem belakang tidak akan terlalu terasa. Namun jika terjadi panic brake, ceritanya bakal berbeda!!…

Daya kejut rem depan mendadak mampu membuat limbung body belakang. Disinilah rear brake dibutuhkan untuk menetralisir. Jika tidak…dengan pressure yang mencapai dua kali lipat, grip depan mempunyai resiko lost contact seandainya permukaan aspal atau trek kurang bagus. Nihilnya rem belakang juga akan membuat beban perangkat yang IWB sebutkan bekerja lebih keras akibat konsentrasi gaya G hanya ditanggung satu titik saja. Padahal dengan hadirnya rear brake…bakal mampu memecah gaya gravitasi yang mendera kuda besi. Itu semua belum termasuk karet bundar yang mencengkeram permukaan aspal!!. Maksude??…

iklan iwb

Praktis sampeyan hanya mengandalkan cengkraman satu roda untuk menghentikan laju kendaraan. lawong belakang terus gelinding!!. Kerugian lain….komstir cepat brodol akibat beban yang ditanggung diluar kewajaran. Beberapa alasan teknis tersebut diluar analisa beban pengendara. Semakin gambot bobot sampeyan, maka makin besar resiko yang dihadapi. Keamanan diujung tanduk….nyawa menjadi taruhannya!!!. Masih ngotot mengejar gaul???? banyak cara positif untuk melakukannya…...(iwb)

Noted : Image EEdi (tq bro)

168 COMMENTS

  1. ga cuma rem belakang mas, ane jg pernah liat yg ga pake rem depan.. jenis motornya jg sama, pake ban cacing pula

  2. Lha…, ducati yang tempo hari dicoba mas iwb juga tanpa rem belakang…., trendsetter kah??? wkwkwkwk

  3. sing jelas biasane wong model tipe ngene luwih pinter and minteri daripada enginere sing ndesain and buat tu motor :mrgreen:

    selamat 😆

    *koplak

  4. hhhmmmmm kalo di motor harian gw Om, karena jarang banget dipake, gak tau tuh masih fungsi apa enggak … ntar gw check deh … thanks udah ngingetin untuk sedikit memakai rem belakang …

  5. pas liat gambarnya satria FU ngga kaget kok. kan emang motor dinas para alay.
    tapi liat ducati mbah dukun ga pake rem belakang baru kaget.

  6. Itu ma…….bukan gaul,tapi gaul nya sudah over dosis
    Sudah gak masuk akal,yg swaktu2 bisa menjadi momok yg menakutkan di kala disituasi yg panik ketika mengancam si pengendara itu sendiri….krn jalanan,ndk kan mngkn mulus terus

  7. ah biasa kalo yang begitu mah, udah lama banget.. rem belakang menggunakan efek engine break dan downshifting, walo berefek ke mesin untuk jangka panjangnya 😀

    lhaa salah satu mekanik beres temen aye malah shogunnya rem cakram depannya pindah ke belakang, yang depan gak pake rem :mrgreen:

    alasannya masih nabung buat beli cakram dengan diameter lebih besar.. biar nanti kalo udah beli gak perlu bongkar pasang lagi 😆
    koplak dah pokoknya.. 😀

  8. beneran ada tren kayax gini,kerjain aja sekalian d jalan.asyik ada mainan br d jalan.siap2 pd nyungsep y yg punya trend gx patuh pd safety riding.

  9. ckckck..ban cacing, tanpa rem belakang, mesin bore up an, lampu mati..apalagi?
    kankkunk.wordpress.com/2012/04/30/pemilik-p220-pun-galau-gara-gara-p200ns/

  10. mottobiker @ ni komen asli ente?

    kok bawa virus… ati2 masbro jangan nyebarin virus

  11. Perasaan ada ducati yang tidak pakai rim belakang di posting disini.. mungkin ditiru kali ya??

  12. Update : Alasan teknis kenapa hal itu dilakukan?

    Sebenarnya rem belakang pada Superbike memang dibikin bukan untuk digunakan sembarangan, yaitu sebagai ?merubah trajektori motor saat fast cornering? tapi ini bukan perkara mudah.

    Mbah matteo sendiri pernah ngejelasin pada mbah, bahwa rem belakang ditangan amatir bisa jadi bumerang. Khususnya pada kecepatan rendah ? terlebih saat motor di posisi turunan. Rem belakang bisa saja nge ?lock? dan menyebabkan hi-side.

    Memang terasa aneh, tapi buat amatir, rem belakang memang di desain tidak pakem, terlebih bagi para biker harley-davidson yang baru aja minang ducati, kondisi ini kita tekankan.

    Tetapi keberadaan rem belakang sendiri untuk penggunaan normal bukan tanpa fungsi. Hanya saja dikhawatirkan kalo ?Refleksnya? salah ? eg pake rem belakang di turunan, alamat jumpalitan.

    -Mbah Dukun aka Indobikermagz-

  13. 35. ipy – Mei 1, 2012

    semakin dekat dgn pencipta?
    ==============

    like this!! akakakakk

  14. doo nyidaaam kuburaaan kabeen yen ngonoo wee…
    semakiin dekeeet ma liang lahaat…
    seeep….

  15. Mungkin para rider tanpa rem belakang adalah bocah2 yang lagi di ospek buat masuk geng motor~ –,

  16. creative destructive menurut anne, cobalah para mbah modding nganutnya creative inovative

  17. Satu kata ”BODOH” yang cocok buat mereka yang modif gendeng seperi ini (tanpa rem belakang)

    voting,pilih new vixie,tralis ato p 200nS
    rs1blog.wordpress.com/2012/05/01/3-calon-motor-sport-mana-yang-paling-di-unggulkanmonggo-di-polling-sob/

  18. kalo nikung gimana tuh?? ga ada rem belakangnya susah pasti..
    pake rem depan?? siap2 cium tanah air indonesia :D…

  19. masih mending mas iwan,rem belakang yang dicopot,tren alay di daerah gw malah rem depan yang dicopot!

Comments are closed.