Brosis….tiada kata yang lebih pantas untuk memberikan apresiasi kepada bro Jeffrey Polnaja selain top markotop juozz gandozzz. Seorang biker yang mempunyai tekad kuat mengelilingi dunia dengan hanya mengendarai sepeda motor. Dengan tema ” Ride for Peace” doi berencana berangkat dari Paris Perancis tanggal 31 Mei 2012, dan dijadwalkan tiba ketanah air 2014 nanti. Ediannn!!!….

Setelah sukses melakukan perjalanan keliling dunia di tahun 2006 hingga 2008, Jeffrey Polnaja (JJ) akan kembali mengibarkan bendera Indonesia dalam misi “Ride for Peace – Solo Riding Exploring Five Continents on Two Wheels” dengan menjelajahi sebagian negara di Eropa, Amerika Utara, Amerika Tengah, Amerika Selatan, dan Australia. Perjalanan seorang diri dengan sepeda motor besar BMW R1150 GS Adventure ini rencananya akan dimulai dari Paris pada 13 Mei mendatang, dan diperkirakan sampai di Jakarta pada tahun 2014.

Jeffrey yang masih menggunakan sepeda motor bernomor polisi Bandung D 5010 JJ yang berarti “Solo JJ” seperti misi pertamanya, menyatakan telah siap menjalani tahap lanjutan Ride for Peace yang tak kalah menantang dari penjelajahan sebelumnya. “Saya sudah siapkan fisik dan mental untuk berbagai tantangan di sepanjang perjalanan, pengalaman dari perjalanan sebelumnya akan menjadi bekal berguna. Usaha ini pasti berat, namun saya punya tekat kuat untuk berhasil,” kata Jeffrey.

Jeffrey menyatakan bahwa kondisi lintasan dan alam di benua Amerikadan Australia akan berbeda dengan Asia, Afrika, dan Eropa yang telah dijajakinya pada misi pertama yang dimulai dari Jakarta pada 23 April 2006. “Semangat saya masih sama dengan ketika finish di Eropa empat tahun lalu, yaitu semangat anak bangsa yang pantang menyerah,” lanjut pria kelahiran Bandung 18 Juni 1962 ini. Salah satu motonya: “The Road May End, But Not the Spirit of Adventure and Peace” sudah sedemikian mendarah daging dalam denyut kehidupannya.

Menurut Jeffrey, Belgia merupakan negara yang dipilihnya untuk menitipkan motor, saat pria tegap ini kembali ke Tanah Air setelah menuntaskan misi perjalanan ke 72 negara di Jerman pada tahun 2008. Sepeda motor BMW yang menjadi kawan sejatinya sepanjang perjalanan lebih dari 120.000 kilometer setia menunggu di Negara tersebut dan dirawat sahabat-sahabatnya yang tergabung dalam BMW Motor Club Vlaanderen.

“Saya bertekad membawa pulang motor yang memiliki sejarah penting bagi dunia otomotif dan pecinta sepeda motor di Indonesia itu kembali ke Tanah Air. Tentu sambil melintasi negara-negara di benua yang belum pernah saya jelajahi sendiri dengan sepeda motor,” ungkap satu-satunya orang Indonesia yang telah berkeliling dunia dengan sepeda motor ini.

 Pria yang telah banyak memperkenalkan Indonesia serta mengibarkan merah-putih di mancanegara itu memastikan bahwa sepeda motor yang akan kembali ditungganginya berkeliling dalam kondisi siap pakai. Tim mekanik terbaik Eropa saat ini, Peter D’Haese dipercayainya membantu persiapan teknis serta meningkatkan kemampuan sepeda motornya.

“Motor ini pernah dilirik kolektor motor BMW Jerman untuk diganti dengan dua buah motor keluaran teranyar, tapi saya halus menolaknya. Bagi saya sejarah yang tercatat di motor ini tidak bisa digantikan dengan uang atau pun nilai materi lainnya, saya ingin motor ini kembali ke Tanah Air untuk dimuseumkan dan menjadi warisan sejarah bangsa”

Jeffrey yang kali ini menambah misi perjalanannya dengan tema “The Green Spirit” (Semangat Penghijauan) dan akan menjelajah sejauh lebih dari 220.000 kilometer, melewati berbagai kondisi cuaca ekstrim, kondisi medan alam ekstrim, serta beragam situasi politik yang tidak stabil. Tak kurang dari 30 negara akan dilintasinya sepanjang misi kedua Ride for Peace ini, mulai dari Perancis, Belgia, Belanda, Jerman, Skandinavia, Polandia, Rusia, Korea Selatan, Jepang, Kanada, Amerika Serikat, Meksiko, Kuba, Kolombia, Nikaragua, Bolivia, Brasil, Argentina, Peru, Selandia Baru, Australia, dan Timor Leste.

Tema The Green Spirit diakui sangat penting dikibarkan di tengah isyu kerusakan lingkungan hidup yang semakin serius di seluruh dunia. “Kita yang menjadi bagian dari masyarakat otomotif dunia harusnya ikut bertanggung jawab terhadap kerusakan lingkungan. Saya ingin menyampaikan pesan bahwa setiap orang harus memulai perilaku sadar lingkungan. Menanam pohon adalah cara yang paling mudah untuk berterimakasih pada alam yang telah banyak memberi.”

Dalam perhitungan Jeffrey, total jarak tempuh perjalanan keliling dunia pertama dan keduanya ini akan sebanding dengan delapan kali panjang lingkar bumi. “Saya piker angka delapan punya arti khusus bagi banyak orang, termasuk saya. Angka ini memiliki garis tak putus ‘infinity’, sehingga sesuai dengan moto perjalanan saya di mana semangat perdamaian di dunia tidak akan pernah putus,” lanjut Jeffrey.

Pada Kamis, 26 April 2012 Jeffrey akan bertolak ke Eropa didampingi istri tercinta, Susanti Polnaja. Pria berkumis ini akan melakukan ‘test ride’ sepeda motor tunggangannya. Selain kesiapan sepeda motor, Jeffrey juga memastikan bahwa seluruh atribut berkendara yang digunakan akan mampu memenuhi kebutuhannya di setiap tantangan cuaca. Cuaca beku Siberia di Rusia hingga panas teriknya sabana di Amerika Selatan diyakini mampu diatasi baju berkendara khusus buatan Indonesia. Selesai masa ujicoba, sang istri tercinta akan kembali ke Tanah Air dan Jeffrey akan memulai perjalanan fenomenalnya seorang diri.

“Eiger Adventure telah membuat jaket dan sepatu berkendara yang dirancang khusus untuk perjalanan ekstrim seperti ini. Jaket dan sepatu ini mampu menahan udara dingin, air dan panas. Perjalanan ini juga akan menjadi ajang ujicoba beberapa produk petualangan, data di lapang akan menjadi masukan untuk terus meningkatkan kualitas. Kita harus bangga bahwa barang produksi Bandung punya kualitas dunia.”

Kendati telah memiliki bekal pengalaman dari misi pertama, Jeffrey memperkirakan berbagai hambatan, termasuk ancaman kriminal di tengah jalan, berpotensi menghadang dan menghantui perjalanannya. Kasus kecelakaan disengaja yang hampir membunuhnya di sebuah kawasan padang pasir tak berpenghuni di Balukistan, Pakistan membuatnya semakin matang dan cepat mengendalikan situasi sulit. Menjadi sasaran tembak pejuang Afganistan bahkan telah mengajari pentingnya sebuah ketulusan, kekuatan, dan keyakinan hati dalam perjuangan.

Dalam persiapan penjelajahan Ride for Peace, Jeffrey mengaku banyak bekerjasama dengan berbagai pihak di dalam dan luar negeri. Kementerian Luar Negeri telah memberikan perhatian besar agar misi dunianya ini berjalan lancar dan berhasil. Kementerian Pariwisata membekalinya dengan film-film documenter dari budaya dan alam Indonesia yang akan ditayangkannya pada saat konferensi pers di berbagai belahan dunia, salah satu cara efektif mempromosikan Indonesia. Jeffrey juga mengaku sangat terdukung dengan adanya pihak-pihak di dalam negeri yang mensponsori misi Ride for Peace kali ini. Walau demikian, kesempatan masih terbuka bagi perusahaan maupun perorangan yang bersimpati dan ingin berpartisipasi mendukung misi Ride For Peace.

Akhir kata, Jeffrey memohon doa dan restu dari seluruh bangsa Indonesia agar misi mulianya ini dapat berlangsung lancar dan dapat kembali dengan selamat di Tanah Air.

Sekilas tentang Jeffrey Polnaja

Jeffrey Polnaja telah menjadi orang Indonesia pertama yang berkeliling dunia dengan sepeda motor seorang diri. Hal ini dikukuhkan dengan dicatatnya rekor yang telah diciptakannya di MURI (Museum Rekor-Dunia Indonesia). Pria tegap ini lahir di Bandung, 18 Juni 1962. Di kota inilah, Kang JJ, begitu biasa dipanggil, menghabiskan masa kecilnya dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi.

Kegemaran bertualang sudah dimilikinya sejak usia muda. Dimulai dengan mendaki gunung-gunung di sekitar Bandung, seperti Gunung Burangrang dan Gunung Tangkuban Perahu, yang kemudian berlanjut ke gunung-gunung tinggi lainnya di Indonesia.

Jiwa petualangannya tidak hanya di darat. Pada tahun 1978, dia bergabung dengan Aviantara Aero Club, sebuah klub terbang laying dan berhasil meraih solo flight dengan pesawat layang dual seater maupun single seater buatan Schweizer Corporation, Amerika. Di tahun yang sama, dia melakukan perjalanan jauh pertamanya naik sepeda motor Honda CB 100 pinjaman, seorang diri. Saat itu, dia melintasi seluruh Pulau Jawa sampai ke Bali. Tahun 1987, dia bergabung dengan Bala Turangga Horse Riding Club dan meraih piala di berbagai kejuaraan nasional dengan spesialisasi Lompat Rintangan (Horse Show Jumping).

Pada tahun 1996 dia terpilih menjadi Captain M.A.T dan meraih peringkat pertama ketika bertualang di Amerika. Saat itu dia dan Team Indonesia melakukan berbagai kegiatan petualangan, seperti, Rafting di Sungai Kolorado, Motorcycle Off Road dan Jeep Off Road di Taman Nasional Manti La Sal, Mountain Biking, Repelling (turuntebing), serta Rodeo Games di Monument Valley.

Seiring berjalan waktu, kegemarannya akan sepeda motor semakin menjadi-jadi. Setelah puas menjelajah seluruh propinsi di Tanah Air, pada tahun 2001 tercetuslah ide untuk mengadakan perjalanan keliling dunia yang didedikasikan untuk perdamaian. Malang tak dapat ditolak, pada tahun tersebut dia justru mengalami kecelakaan parah yang hampir merenggut jiwanya. Dokter pun memvonis lumpuh. Namun, dengan tekad dan semangatnya yang tetap menyala, hanya dalam waktu 6 bulan, JJ sudah pulih kembali.

Setelah berbagai persiapan yang dilakukan, tepat pada 23 April 2006, dia meninggalkan Tanah Air dan memulai perjalanan menjelajah dunia dengan motor. Dia mendapat sambutan hangat di berbagai belahan dunia, terbukti dengan 72 negara yang dikunjunginya, jauh melampaui target 45 negara yang direncanakan.

Dalam perjalanan ini ia sering diundang untuk menjadi tamu kehormatan di berbagai acara internasional, seperti: “Adventure Day” di Safsen Resort, Swedia dan “BMW Motorad Day” di Garmisch Partenkirchen, Jerman yang dihadiri 45.000 bikers dari 42 negara dan menjadi satu-satunya rider dari Asia. Paparan yang disajikannya mendapat sambutan meriah pengunjung.

Sesuai motonya “strengthening people to people contact, touching the hearts and minds of the world societies”, saat paparan inilah ia berbagi semangat perdamaian dan keprihatinannya akan ‘global warming’, tentunya tidak ketinggalan untuk mempromosikan Indonesia dipentas dunia.

Pada 30 November 2008, JJ kembali ke Tanah Air. Tidak kurang dari 1000 motor menyambut kedatangannya. Adhiayaksa Dault, Menpora saat itu, turut berpartisipasi dan merencanakan membangun Tugu Pemuda di Taman Mini Indonesia Indah. Karena dedikasinya, ia mendapat berbagai penghargaan, di antaranya Lifetime Achievement Award dari Ikatan Motor Indonesia (IMI), sebuah penghargaan tertinggi yang dapat diberikan pada insane otomotif di Indonesia. “Sukses ini adalah sukses kita semua, SUKSES BANGSA INDONESIA,” katanya mengakhiri…..(Official press release/iwb)

 

Advertisements

48 COMMENTS

  1. 1

    Ini koneksi kenceng banget…

  2. 2
  3. 3
    tipis says:

    Salut buat kang jj

  4. 4
  5. 5
    Aa Ikhwan says:

    bukan edan mas IWB tp wooow..ajiiib 😀

  6. 6
    oby says:

    Kang JJ pasti tiasa

  7. 7

    Kalau pake V-Ixion ane, bakal berapa kali anti lampu belakang ya keliling dunia 😆

  8. 8
  9. 9
    sugiedane says:

    mantab waktu ngelihat wawancara dia di radio show tv one bahwasanya dia mau keliling dunia lagi
    http://sugiyantoblog.wordpress.com/2012/04/25/anti-egoisme-di-jalanan/

  10. 10
    illyaz says:

    good luck kang

  11. 11
  12. 12
    andre says:

    mantab surantab

  13. 13
  14. 14
  15. 15
    prabowo90 says:

    mas IWB kapan nyusul nih?

    Hehehe.. Naik si kebo…

  16. 16
    Imouto says:

    two thumbs up + applause, keren bang keren. semoga petualangan selanjutnya lancar dan dijauhkan dari kesulitan dan rintangan.

  17. 17
  18. 18
    c-seratus says:

    petualang sejati…sukses kang.

  19. 19
    Jipan says:

    Gw Cinta Negeri Sendiri so Gw Lebih Suka
    00====>> Ring of Fire Adventure <====00
    Visi Misinya Bagus dan Sebisa Mungking Riding dengan Perlengkapan Made in Indonesia,.

  20. 20
    ax125 says:

    Semoga selamat di perjalanan ….. 😀

  21. 21
    Jipan says:

    Gw Tunggu Hasil Ring of Fire ke-2 di Sulawesi,
    ==> “We Are Many We Are ONE” <==
    (indONEsia)

  22. 22
  23. 23
    Aditya O'Conner says:

    Behh…
    Balekne lngsung remuk badan..
    Wkwkwkwk…
    ””SEMANGAT BUAT BAPAK Jeffrey polnaja”’

  24. 24
  25. 25

    Kalau nyebrang laut pakai motor juga kah?

  26. 26
    hampura says:

    Ngiring pidu’ana …mugia kang JJ sing lungsur langsar …di dugikeun hasil maksadna…mugia Allah SWT nangtayungan ka urang sadayana…. amin… wilujeng angkat … bray buka kelebet …singraykeun kasieun …mapag kabagjaan ….

  27. 27
    Black_Viper says:

    mukanya mirip polo srimulat

  28. 28
    No says:

    semoga lancar dan selamat smp tujuan, tapi kenapa gak pake motor listrik atau hybird y kan misinya penghijauan? apa khawatir lupa charge mungkin xixixi semoga berhasil

  29. 29
    gesang86 says:

    #Mupenk…..pengen dapet Sponsor!!!macam beginian…!!

  30. 30
    wawan (one hearth) says:

    naik supra fit pasti rontok tu montor he….he…he…kompor meleduk

  31. 31
    icik-icik ehemm says:

    mantap..
    BTW pak jj itu kerjanya apaan ya??kok hebat bisa keliling dunia bertahun2. gak mungkin dia karyawan/bos 😀 hehehe..
    sayang istrinya gak dibawa,,kasian ditinggal bertahun2

  32. 32
    White vario says:

    Kang jj kayanya perlu dinobatkan sebagai man of the year!

  33. 33
    nak muda says:

    bikers sejati nih!

  34. 34
    anu says:

    tumben artikelnya puanjaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaang buangeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeettt kang…??

  35. 35
    joker says:

    sepi comeent nih

  36. 36
  37. 37
    Smile says:

    BMW-nya besar bgt yah…

  38. 38
    matius dijamin bapa masuk sorga says:

    kalau kang jj berkenan matius juga mau ikut turing keliling dunia degan cs1 kesayangan,,, ngringi bmw kang jj

  39. 39
    cabe ijo says:

    iya nanti lo diajak bapak lo masuk sorga

  40. 40
    Two Wheel Rider says:

    sALUT,,,ini baru Bikers sejati,,,,,smoga skses slalu…….

  41. 41
  42. 42
    aaron says:

    Salut…buat kang JJ,luar biasa biker yg satu ini..apalagi ud mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah kancah touring Internasional,spt yg ud dicetak oleh bucek deepp dkk(klo yg ini mobil).btw honda CB100 nya pinjem dari mana kang?sapa tau mo dilego?hehehehe…

  43. 43
    Rara says:

    Mantaaaaff…seorang biker sejati dari Indonesia. Tidak hanya sekedar berkendara dan berkeliling dunia saja,namun mempunyai misi untuk mempamerkan Indonesia kepada negara lain. Jooossss…

  44. 44
    satria biru says:

    maju terus kang JJ tuntaskan misimu…. merdeka atau mati!!!!

  45. 45

    Top dah Kang JJ…….
    Top juga Kang IWB neh ulasanya…supeeeeeer lengkap dan detail

  46. 46
    Rudi Sitompul says:

    IWB kok gak ikutan?
    haha

  47. 47
    aryo says:

    luar biasa sahabatku ini… sampai ketemu di tanah air Indonesia tercinta bung jeff…

  48. 48
    Up says:

    Buset,abis Berapa Milyar Tuh Duit.cuma Keliling Dunia,tinggal Duduk Tarik Gas.Ada Tuh Orang Jepang Keliling Dunia dah 18tahun Pake Sepeda Butut,cuma Modal Nekat aja dan belum pernah Balik kenegaranya.itu Baru Top,patut diberi Penghargaan.kalo perlu bikin Patung orangnya sepeda yang asli masuk museum.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here