iklan iwb
iklan iwb

Bro dan sis sekalian….Sagarra Ancol adalah saksi kemunculan naked bike dari Minerva. Basis desain street fighter dengan berbagai sentuhan yang menjadikan motor ini menjadi paket komplit dari sisi desain. Percaya atau tidak….X-Road 150 ternyata tidak fotogenik. Artinya….kalau sampeyan melihat wujud asli dengan mata kepala sendiri, dijamin terpesona ketimbang ngintip dari gambar….

Tidak diragukan ┬áselling point X-Road 150 adalah desain. Ketika IWB coba jelajahi dari depan kebelakang….lumayan membuat IWB mengerutkan dahi, koq bisa Minerva membanderol semurah itu?. Sekarang sampeyan bayangkan….karet bundar yang disematkan bukanlah merk abal-abal yakni menggunakan IRC Road Winner 110/90-17 (depan) dan 130/70-17 alias lebih besar satu tingkat dibanding Byson sekalipun. Merk diatas adalah standar ban yang digunakan Kawasaki Ninja 250R, Honda CBR series sekaligus Byson. Artinya…pelk bawaan pabrikan juga sudah gambot. Estimasi depan 2,5 inchi dan belakang 3,5inch. Kemudian pipa suspensi….cukup besar, kalau analisa IWB kayaknya sama dengan blue angel…sekitar 41mm. Belum lagi LED light yang disematkan pada tanki kiri kanan dimana bakal ikut menyala ketika lampu utama di-On-kan. Efek lighting makin kuat sebab X-Road 150 sudah mengadopsi kelistrikan DC….

Kapasitas tanki mencapai 17liter. Untuk mengejar rasa sport…cover tank mengaplikasi model rata (mekanisme ungkit) layaknya Ninja series ataupun Yamaha Scorpio. Yang cukup mengejutkan adalah material. Yup….tanki segambot itu merupakan full metal alias bukan kondom. Kuatir dengan kualitas…IWB coba ketuk pakai tangan, masih dalam tahap kewajaran. Tidak tipis namun juga tidak tebal. Kemudian engine….kendati menganut tipe mesin identik dengan R150VX, crankcase luar tidak sama. So secara kasat mata, lebih kekar dan apik bersama kabel oil cooled nempel sisi sebelah kanan. Gimana dengan jerohannya?? terdapat sedikit penyesuaian akibat ban yang gambot. Begitu pula drum stopper…menurut pak Yasin (MMI) diracik ulang agar shifting lebih smooth. Ketika IWB longok kebawah, lho kemana ujung knalpotnya? jebule nongol dibawah jok. Yup….undertail style brosis. Boleh juga nih….

iklan iwb

Ditengah muffler kita bakal menjumpai sebuah kotak (dibawah mesin). Tidak sama dengan Byson yang berfungsi sebagai catalic converter, pada X-Road 150 box ini hanya sebagai reducer DB sound atau peredam suara. Kemudian sasis….hmm ternyata bukan murni teralis brosis. Sebab frame asli merupakan tipe diamond dengan single tube menopang engine. So teralis yang ditempel merupakan satu kesatuan desain tanki yang ditempel menambah efek visual. Bahan adalah lempengan metal yang dibentuk sedemian rupa agar menyatu dengan sasis. Secara overall…cukup berhasil mendongkrak penampilan sinaked bike. Berikut beberapa hal yang IWB catat untuk X-Road 150…..

Kelebihan :

1. Ban gambot IRC Road Winner 110/90-17 (F) 130/70-17 (R)

2. Pipa shockbraker depan berukuran jumbo…sekitar 40-41mm

3. Full digital speedometer (blue backlight color)

4. Oil Cooled engine

5. Double cakram (wave style) masing-masing dua piston

6. Split seat style

7. LED light

8. Monoshock system (adjustable)

9. Tutup tanki mengadopsi pure sport (flat style)

10. Tanki besar…17 liter

11. Kelistrikan DC

12. Finishing secara keseluruhan sudah cukup bagus

13. Harga terjangkau….14.950 juta OTR Jakarta

Kekurangan :

1. Respon indikator speedo telat khususnya RPM dan speed

2. Angka speedo sedikit susah dilihat

2. Finishing perlu ditingkatkan. Dikonsentrasikan pada bagian swing arm dan adaptor disk belakang

3. Desain speedometer nyomot plek dari produk lain mengurangi originalitas sikuda besi

Yup, itulah sekilas informasi detil yang bisa IWB utarakan. Untuk performa engine serta handling, akan dikupas dalam artikel terpisah dengan tema sesi test ride. Namun percayalah….bagi sampeyan yang belum melihat perwujudan asli dijamin kesengsem dengan rupa Minerva X-Road 150. Kekar, gagah serta paket komplit. Last…monggo intip foto detil sinaked bike dari berbagai sisi, dan jangan lupa berikan komentarnya. Maturnuwun….(iwb)

iklan iwb
Previous articleWarna dan striping baru Honda Tiger. Hhhmm, keren juga kayaknya…..
Next articleBocor alus….banderol new teralis Honda dipastikan dibawah 25juta!!
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!