iklan iwb

Warning nih buat para penunggang sikebo…serta biker motor lain. Baru kemarin IWB membuka email dan lumayan terkejut atas penuturan bro kita….Krishna Nugraha yang kehilangan Byson kesayangan pada tanggal 7 April lalu. Bukan karena kejadian hilangnya sikuda besi…namun bagaimana modus operandi yang semakin canggih dan misterius….

Atas email yang doi kirim, kita sekarang kudu ekstra waspada. Kenapa?? jebule gembok pada cakram kini bukan jaminan. Terbukti kebo bro Krishna tetap raih digondol maling. Berikut kutipan surel yang dikirim doi keIWB….

Halo mas Iwan,
Masih ingat dengan email pertama saya tentang modifikasi si kebo? Kali ini saya ingin bertanya bagaimana cara mengamankan motor yang baik dan benar sebab kemarin malam kebo saya baru kemalingan sekitar pukul 20.00 WIB 7 April. Kebo saya tinggalkan di depan kos dalam keadaan stang terkunci dan disk brake digembok dengan gembok anti gergaji. Namun dalam kurun waktu satu jam saja si kebo sudah raib tanpa jejak. Kiranya mas Iwan bisa kasih tips trik nya dan kejadian ini bisa jadi pelajaran bagi kita semua untuk dapat mengamankan kendaraan kesayangan lebih baik lagi. Jika mas Iwan tidak keberatan mungkin bisa di pasang di Blog mas Iwan data si kebo dengan nomor polisi B 3295 SDM dan nomor mesin 45P084825 berikut dengan gambar dilampirkan. Walaupun sudah diasuransikan masih besar harapan saya untuk siapa saja dapat menemukan si kebo karena udah terlanjur sayang.
Sekian email saya, terimakasih untuk bantuannya mas.

Fakta yang cukup mengejutkan mzbro. Dari keterangan bro Krishna, gembok yang diikatkan pada cakram sikebo kesayangan bukanlah kualitas abal-abal. Hal ini dibenarkan oleh siempu bahwa gembok berbahan baja anti gergaji. Jika benar apa yang apa yang diungkapkan, dipastikan para biker seperti kita bakal menepuk jidat berkali-kali. Lha piye ora…wis dobel proteksi koq masih masih ditaklukkan ki piye. Duwe ilmu lampah lumpuh opo serat jiwa kali ya bro penjahate?? (halah…kakehan ngrungokne Saur Sepuh ki :mrgreen: ). Oke….untuk mengetahui modus operandi, mari kita menganalisa sama-sama atas bobolnya kebo bro Krishna…

iklan iwb

Pertama, maling dipastikan sudah profesional. Artinya doi bisa jadi ahli kunci yang? mahir melakukan utak-atik gembok. Tapi…dugaan ini kurang kuat sebab menurut bro Krishna, dudukan rumah kunci tertinggal dilokasi yang artinya gembok dibuka secara paksa. Yang kedua…mungkin saja penjahat tersebut membawa gunting baja. Dalam beberapa kasus…gunting yang didesain untuk memotong baja ini cukup ampuh menghancurkan lembaran baja. Namun apakah iya…kait yang berbentuk tebal membulat bisa diputus?? selain itu alat ini biasanya berukuran besar dan berat yang dipastikan akan merepotkan jika ditenteng kemana-mana. Dugaan ini juga gugur dengan sendirinya….

Byson inilah yang hilang diembat paling (owner Krishna)

Yang ketiga…gembok baja gagal melakukan tugasnya. Maksudnya?? IWB pernah ngobrol dengan salah satu aparat polisi. Menurut beliau, material bagus kadangkala tidak menjamin kekuatan mekanisme didalamnya. Sebagai informasi, dengan memanaskan bagian lubang kunci….sering ditemui gembok jepret/membuka dengan sendirinya. Memang butuh keahlian serta akurasi suhu yang diinginkan. Tapi cara tersebut kerap dilakukan oleh para pencuri yang sudah mahir dan berpengalaman. Weleh…serem tenan kalau kayak gitu. Terus…kira-kira cara apa yang paling efektif untuk membuat maling keder?

Kalau menurut IWB, jalan terbaik dan sepertinya ampuh adalah pemasangan alarm. Bunyi raungan yang kencang akan membuat maling lari tunggang langgang. Opo ora kalut kalau motor yang baru akan dipegang sudah protes teriak-teriak. Pasti ciut nyali mzbro. So…kesimpulan terakhir, monggo lengkapi kunci stang…gembok cakram plus alarm. Wis….kalau tiga komponen tersebut sudah dipasang tetap bobol juga, kayaknya kita bisa kategorikan sipencuri masuk kategori siluman. Jian sakti mandraguna tenan :mrgreen: ……..

Apa yang menimpa sobat kita, bro Krishna patut dijadikan warning agar semua lebih waspada. Khususnya para pemilik Byson serta biker lain pada umumnya. Monggo hati-hati sebab penjahat selalu mengintai setiap saat. Dan,…buat brosis dimanapun sampeyan berada, mohon bantuan informasinya jika terindikasi Yamaha Byson dengan? nopol B 3295 SDM serta nomer mesin 45P084825 luntang-luntung disekitar area daerah. Dipastikan motor tersebut adalah hasil colongan dan hendaknya segera menghubungi kantor polisi terdekat atau bisa keIWB via surel agar langsung diteruskan kebro Krishna…...(iwb)

183 COMMENTS

  1. Yang bikin heran, orang kalau hilang motor (terutama dikota besar) seolah hal biasa.
    Bulan Maret lalu tetangga seberang rumah saya kehilangan motor Abs Revo jam 3 dini hari, parahnya si maling berani masuk sampai ke ruang tamu di dlm rumah, ada tiga kunci yang berhasil dibongkar maling..
    -pertama kunci gembok pagar rumah,
    -kedua kunci pintu ruang tamu,
    -ketiga kunci motor (walau didalam rumah, tapi kunci tidak nyantel dan motor tsb dikunci stang).
    Hebat! Tanpa sedikitpun diketahui pemilik rumah yg sedang tidur pulas (malingnya seperti pakai ilmu sirep).
    Setelah pagi tetangga saya bilang habis kebongkaran rumah dan motor yang cuma dicuri. Dia menerima saja kalau memang takdir begitu. Beberapa tetangga dekat menyarankan lapor aja ke Polisi dan masalah diproses lanjut atau tidak sama Polisinya biarin aja, yg penting sedikitnya kita sudah memberi info tentang curanmor kepada Polisi.
    Tetangga saya yg kehilangan motor tsb tetap tidak mau lapor, dia bilang ya sudah lah namanya juga lagi apes dan ngga mau lapor ke Polisi menurutnya takut udah hilang motor malah diminta uang sama Polisinya saat melapor!

    Nah loh!!

    Kalau semua orang berpikiran begitu, makin enak aja dong si maling motornya, bebas maling motor dan bebas tidak dicari setelah berhasil gondol motor orang.
    Aparat hukum dan peradilan negara sudah tidak dipercaya sebagian masyarakat!

  2. jupiter mx w jg diggondol maling dalam keadaan setang di kunci, cakram di gembok, pagar di kunci tapi masih juga bisa hilang…. yang ada cuma bekas gembok pagar….. dasar apes…..

  3. yang lebih sadis,,, kalo si maling sedang beraksi,, trus ketauan yang punya atau ketauan orang sekitar,,, simaling nggak segan – segan main kasar,,, (membacok/menembak pake pistul). karena dipikiran si maling kundang hanya tiga hal,, berhasil, ketangkep/dibunuh atau membunuh,,, dan selalu si maling beraksi nggak sendiri,,, pasti ada juga FBM yang ikut membantu,,,, minimal nunggu di atas mongtor yang siap – siap melaju,,,,,
    untuk kasus masyarakat yang enggan melaporkan kejadian kehilangan ke polisi,, kalo menurut ane itu tetap salah,, tetep kita laporkan,, tapi kalo tuh polusi minta duit,, minta aja kuitansi pembayaran,,,,

  4. wah wahhh,,
    klo ane prnah ilang cdi x doang d psat elektronik d bndung
    gndok sgt pdhal ane cma stg jam d dlem pas plg mtor tak bs d starter…mtor ane shogun 02,, 😀

  5. Inisiatif sndri aja, kalo pake produk beli jadi kemungkinan udah dipelajari maling kelemahanya.
    Ingat: maling selalu selangkah lebih maju!!!
    waspadalah waspadalah!!!

  6. Maling motor kalo ketangkep jangan digebukin..
    Ditelanjangin dan dijemur aja dilapangan sampe garing, jangan lupa disiram air gula yang banyak..
    Udah garing baru kita panggil Polisi..

  7. bicara soal gembok, gembok dengan bodi perak, lubang kunci yg besar, serta anak kunci yang tebal, lebih mudah dibobol daripada gembok dengan bodi kuning dan lubang serta anak kunci pipih

  8. Untung udah di asuransiin….
    Mestilah itu.. maling dah pada pinter… bisa pake mobil pick up jg.. Pura2 dari dealer

  9. mungkin ini bisa sebagai alternatip pengaman mongtor om om semua,,,,
    cekibrot,,,,,

    4.bp.blogspot.com/–erdQu5C_1g/TceToovhjcI/AAAAAAAAAlk/dO0jBGxceFI/s1600/pengaman+motor.JPG

  10. Maling orang ga guna, ga usah hidup aja..
    Emang gampang apa beli motor, dengan mudahnya ngegondol motor..
    Kampret..

    Ane mau pasang alarm, tapi dasar honda rewel..
    Ane diancem garansi kelistrikan 3 thn hangus klo pasang alarm..

    Gimana menurut bro bro sekalian?

  11. mending pakai pemutus arus di bawah jok , lalu kunci pembuka jok di ganti menjadi yang lebih aman. misal pakai yang bentuknya nazi..palang tiga, dan lain-lain. lalu saklar pemutus arus ada tiga saklar.jadi salah kombinasi gitu. maling nya bakal dapat nilai nol untuk mengerjakan tugasnya. lha susah, kombinasi, kayak puzzle aja.hehehe

  12. Bikin surat keterangan hilang aja dimintai duit, apalagi kalo mau ditindak lanjuti… wani piro??

  13. Sepeda butut diparkir dpn rmh aja diembat pemulung, pot tanaman dari ember diembat juga!
    Ane kerjain tuh pemulung, ember bekas taro didpn rumah diolesin tokai yg buanyak, bsk paginya itu ember tetep hilang.
    Makan tuh tokai!
    Wkwk.

  14. CAIRAN SETAN BIKIN BESI JADI LEMBEK…!!!

    udah ada nyang nulis artikelnya tuch mas IWB..!!!

  15. wadduh…memang penjahat sekarang semakin sakti.. saudara ane jg sama persis digembok yg besar…honda varionya lenyap… intinya kita hrs waspada….

  16. senasib sependeritaan bro, sayang motor gua beli cash dan tidak di asuransikan. :lemes:

  17. berbekal pengalaman adik saya kehilangan motor, saya bikin pengaman sederhana dg komponen murah total ga sampe 10rb. dg menggunakan SCR/thyristhor dg trigger headlight, dr SCR dilanjutkan relay utk switching CDI. jadi motor ga bisa idup kalo lampu headlight blm dihidupkan.
    pernah motor saya hampir hilang, ketahuannya lubang kunci udah rusak, krn motor ga bisa hidup motor ga jadi hilang.

  18. hal yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi maling.

    – pasang kunci rahasia tapi usahakan pasang sendiri/minta tolong teman yg ngerti. (kalau bengkel/tukang yaa nggak rahasia namanya)
    – pasang alaram + pengaman tambahan dg imobilizer. (usahakan sensor imobiliserterpisah dari kunci)
    – pilih motor dg fitur shuter key, atau pasang/buat sendiri shutter key jaman dulu (terbuat dari gemboh yang di modif).
    – pasang kunci tambahan dg cara kerja mengharuskan klakson dulu sebelum menyalakan mesin.
    – pasang kunci roda yang terbuat dari sling baja, dan kepala kunci yang dibalut karet/plastik. (lebih susah digunting/getok karena lentur).

    yang jadi masalah adalah kadang kita sendiri males mengatifkan pengaman tambahan dengan alasan cuma sebentar,ribet dll.

  19. kalo menurut ane kayaknya tu gembok digetok pake palu, pernah kejadian motor sodara ane kunci gemboknya macet ga bisa dibuka. setelah puyeng ga nemu-nemu cara tuk buka tuh kunci gembok, akhirnya bawa palu dan obeng trus digetok tuh gembok dan ternyata langsung ambrol tuh gemboknya, cuma satu kali digetok.. jadi gembok kualitas bagus juga gak menjamin..

  20. semua fitur alarm + kunci yg disebut KAGA AKAN berguna gan klo uda diangkut ke mobil boks 😉

  21. Wspada…..Dunia makin canggih
    Maling juga makin canggih

    belajarforexxx.blogspot.com/2012/04/apa-itu-forex.html

  22. kunci bawaan pabrik menurut saya kurang lagi berguna, pasti dah dipelajari maling, makanya saya gak pernah kunci stang bawaan pabrik, ntar malah dirusak maling, hrs beli dudukan kunci kontak lagi.

    harus ada pengamanan laen yg dirancang non pabrikan, pastinya belum dipelajari maling. minimal maling akan milih motor yg penanganannya lebih singkat

    kunci cakram gak perlu digergaji sama maling, cukup dicongkel, buka dikit, lolos dah cakram yg memang tipis itu

    alarm pun kl bs dirancang bangun ulang, biar gak terlalu umum shg dah dipelajari ma maling, kl perlu pk sumber tegangan sendiri, biar gak dilumpuhkan maling dr aki motornya sndri

  23. pake alarm anti dorong, efektif, jadi klo motor mati, ngak bisa didorong, aktifnya alarm klo di netralin, kalkson bunyi, lampu sen, etc, jadi dalam keadaan gear masuk alaem ngak aktif

    klo malingnya pake pick up dah niat bgt namanya..:D

    kadang maling itu, liat motor tanpa pengamanan jadi iseng2,dapet sukur, ngak dapet mabur.

  24. sekarang maling-nya lagi mantengin blog ini ngumpulin data dan mulai riset cara2 ngakalin semua antisipasi yg agan2 share 🙂

  25. Masalahnya, maling juga baca blog diskusi macam gini bro, jadi bagaimanapun juga, maling lebih unggul…. 😀

  26. tanpa kunci magnet, nyesek,,..
    FU pikson byson, mio, jadi faforit maling gila
    . helm
    pertamax7.wordpress.com/2012/04/10/safety-gear-helm-fullface-2/

Comments are closed.