iklan iwb

Sebuah desain dibuat untuk mengangkat segi visual. Begitu juga dengan material, diracik dengan tetap memperhatikan kekuatan, durability, tekanan ataupun benturan. Tapi…sejauh yang kita perhatikan, gesekan tidak masuk dalam klasifikasi yang diperhatikan oleh pabrikan. Dan inilah yang saat ini sedang kita bicarakan….

Desain new Jupiter MX mengadopsi gurat tajam modern yang serba meruncing. Lekuk-lekuk tubuh mulai dari depan hingga belakang terkesan modern look dan enak dipandang mata. Tapi…dari seluruh bagian tersebut, ternyata ada satu area yang sangat rentan terkena gesekan sehingga membuatnya mengelupas serta lumayan mengganggu pemilik yang menginginkan tunggangan dalam kondisi perfect yakni pada bagian stop lamp atau lampu belakang…..

Jika diperhatikan, bentuk mika agak cembung melengkung keatas. Shape sangat mudah tergores serta terjamah obyek lain ketika parkir. Jadi kita kudu hati-hati menempatkan tunggangan pada posisi yang aman. Kalau tidak….dijamin bakal ada spot putih dibagian ujung yang disebutkan. Untuk pabrikan, semoga pada bagian tersebut material lebih diperkuat ataupun diberi protector khusus…semacam vinyl tipis misalnya??

iklan iwb

Sedang buat para penunggang new Jupiter MX….kita bisa melakukan tindakan preventif sebelum itu terjadi. ?Yakni dengan cara ditutup scotlite bening agar stop lamp terlindungi. Mencegah lebih baik ketimbang udah kadung terjadi…ya nggak bro. Semoga berguna….(iwb)

Updated : Analisa mengarah akibat adanya gesekan antara mika dalam yang berwarna merah dan mika bening lapisan luar. Seiring usia dan vibrasi terus menerus mengakibatkan stres serta tergerusnya sisi dalam mika bening yang ujung-ujungnya membentuk spot atau noda. Bisa diakali dengan memasang scotlite pada permukaan yang bersentuhan. (Tq bro atas sharing infonya)

Note : Image Tony Huang/Pontianak

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

102 COMMENTS

  1. Tergantung tempat parkir motornya juga… Kadang ada tempat parkir yang sudah penuh dan sempit masih juga dipaksa dengan cara menggeser-geser motor yang ada sehingga menyebabkan banyak goresan pada motor. Ini tentunya merupakan mimpi buruk buat penunggang motor sport berfairing yang rawan baret pada fairingnya

  2. bagi penunggang new mx…berapa ribu km rata kampas rem belakang hbs?..trus hati2 terhadap blongnya rem belakang

  3. pada perpindahan gigi juga letaknya kurang aman,,, jika terjadi roboh dan step dpan kiri bengkok maka perpindahan gigi juga ikut bengkok dan sulit digunakan, pastinya kudu di angkut pake kndaraan,,,,,
    Cukup merepotkan ,,,,,,,

  4. jujur mas iwan…saya penunggang New Jupiter MX…klw saya lihat itu bukan bekas goresan…kenapa??karena motor saya juga seperti itu… itu karena sebenarnya semacam asap putih yg menempel pada mika stoplamp…jdi asalnya dri dalam…bisa jga karena lampunya panas atau apa, jdi terbentuklah seperti itu….

    klw soal kampas rem belakang cepat habis…emang betul apa adanya…saya pakai cuman mampu bertahan 5 bulan 2 minggu…klw soal rem blong…tidak prnah trjadi…

  5. @ trishinu

    Problem kampas cepat habis memang banyak dialami oleh owner newMX. Tipsnya, coba atur ulang braket kaliper dengan menggesernya terlebih dahulu kendurnya baut penahannya terlebih dahulu.

  6. @ trishnu

    Ralat
    Problem kampas cepat habis memang banyak dialami oleh owner newMX. Tipsnya, coba atur ulang braket kaliper dengan menggesernya. Kendurkan baut penahannya terlebih dahulu.

  7. Ane juga punya njmx, spot putih terjadi bkan karena goresan melainkan karena desain mika stop lamp itu sendiri
    Mika stop lamp njmx ada 2, warna merah bgian dalam dan warna bening yg luar
    Spot putih terjadi akibat gesekan mika merah dan mika bening (karena getaran mesin yg merambat ke smua bgian mtor)
    Untuk mencegah spot putih ane pasang scotlite bening di bagian mika merah
    Hasilnya, gk ada lgi yg namanya spot putih

  8. mas IWB jangan nyuruh di smoke mikanya,itu bisa ditilang karena gelap lampu remnya
    selain itu juga daya bias cahaya jadi terserap ,so berbahaya
    boleh aja gayatapi jangan lupa,SAFETY
    terimakasih

  9. Wuih mantep bener mx…sampai2 hal sepele diperhatikan mas iwan.

    Ayo dong mx di upgrade 150 cc YMjetFi+ sok belakang ganti yg tinggian dikit…cmiww. Perfecto!!!! yg lain makin pasrah dengan metamorfosis teknologi spektakuler.
    walaupun kategori bebek Mx menjadikan bukan bebek biasa(BBB)

  10. over all modelnya mantap macho.. Asli ne motor kenceng banget. Sy pernah adu kebut pake pzoo, ane jejerin tuh motor bisa tahan sampe 112 km/jam. Pdhl Top speed pulsar 200 aj mentok 121 km/jam

  11. Cuma masalah stop lamp aja mas iwan ?
    Kalo dari keseluruhannya gimana ?
    Apakah ada masalah selain spot putih di stop lamp ?
    Soalnya saya mau beli nih motor

  12. over all modelnya mantap macho.. Asli ne motor kenceng banget. Sy pernah adu kebut pake pzoo, ane jejerin tuh motor bisa tahan sampe 112 km/jam. Pdhl Top speed pulsar 200 aj mentok 121 km/jam
    ————————————————————————————–
    d speedonya mx udah 130an paling ya..

  13. Ane tau sebabnya tuh mas iwan,coz kebetulan ane punya njmx..gesekan antara mika luar yg bening dengan mika dalam yg berwarna merah smoke..semakin lama bergesekan sehingga menghasilkan debu putih di bagian dalam mika stoplamp

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here