iklan iwb
iklan iwb
Rafid Topan beraksi diSirkuit Losail Qatar...

Bohong kalau kita tidak mengakui eksistensi pabrikan garputala dalam ajang balap roda dua tanah air. Setelah sebelumnya dipegang Suzuki, secara meyakinkan kiprah Yamaha makin tidak terbendung. Terbukti langkah terus mantap berjalan dengan memasuki kelas Motorsport. Makanya jangan heran diberbagai kejuaraan…nama garputala selalu disebut. Tangguh, tergorganisir dengan baik serta menjadi tempat tumbuhnya bibit-bibit pembalap dengan skill diatas rata-rata….

Otomotif Award 2012 persembahan Tabloid Otomotif yang digelar di Senayan City, Rabu (21 Maret). secara khusus memberikan penghargaan bergengsi untuk kiprah Yamaha di ajang nasional sebagai The Best Motorcycle Manufacturer in Motorsport. Tak ketinggalan pebalap Yamaha yang tengah naik daun, Rafid Topan, mendapatkan dua award sebagai International Motorsport Rider Achievement dan Motorsport Rider Achievement. Yup…sebuah penghargaan luar biasa mzbro. Kombinasi klop yang saling membutuhkan dan tidak bisa dipisahkan. Hal ini yang yang kita bisa lihat antara pabrikan dan pembalap. Hubungan mutualisme Yamaha dan Rafid Topan….untuk meraih mimpi bersama-sama menjadi yang terbaik….

Sejarah motorsport Yamaha Indonesia dapat dilihat dari tahun 1990 yang menjadi tonggak awal malang-melintangnya pabrikan tersebut di ajang balap Tanah Air. Dimulai dari Yamaha Sunday Race di tahun itu yang digelar di Ancol dan beberapa kota lainnya di Indonesia. Kompetisi itu berhasil melahirkan pebalap-pebalap yang punya nama seperti Petrus Tobun Canisius, Ahmad Jayadi, Roy Adrianto, Ade Taruna, Hendriansyah hingga era Doni Tata Pradita yang bisa melanglang buana ke pentas dunia melalui program Road to World Champion from Zero to Hero. Yamaha Sunday Race pun berkembang menjadi Yamaha Cup Race (YCR) yang dikenal sebagai ajang One Make Race (OMR) berkualitas tinggi di Indonesia….

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Dari tahun 1990 hingga 2011 Yamaha Cup Race telah menyelenggarakan 359 race dan melahirkan 49.109 pebalap. Tahun ini adalah tahun ke-23 digelarnya YCR. Kompetisi ini menelurkan jawara-jawara panutan macam Petrus Canisius (1993-1997), Ahmad Jayadi (1995-2001). Prestasi itu menghadiahkan keduanya wild card tampil di MotoGP tahun 1996 dan 1997 di sirkuit Sentul. Generasi berikutnya mengangkat Doni Tata yang menembus GP 125 dan GP 250 serta melahap semua seri World Supersport 600 cc. Kendati masih belum sesukses yang diharapkan, Ihktiar pabrikan garputala dalam memotivasi, memfasilitasi serta menyediakan mentor-mentor kelas dunia patut diapresiasi…..

Ketajaman tim Yamaha juga sangat terasa pada pagelaran balap lokal. Mereka mendominasi ajang nasional Indoprix dan Motoprix. Tercatat sudah empat tahun beruntun Yamaha menyapu bersih gelar Indoprix dan 90 persen selalu menguasai gelar Motoprix. Di tingkat internasional, Rafid Topan tampil membanggakan menjuarai kelas Underbone 115 cc Asia. Pebalap muda berusia 18 tahun itu merupakan harapan bangsa Indonesia untuk meraih prestasi di ajang dunia yang lebih tinggi lagi nantinya. So congrat buat Yamaha dan Rafid Topan. Semoga penghargaan bakal memompa semangat untuk tampil dikancah balap dunia, kalau perlu ajang Motogp. Kita semua mendukungmu….(iwb)

Rafid Topan diatas sadel Yamaha YZF-R6

Noted : Image courtesy SL.com and others

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!