iklan iwb

Pertanyaan ini muncul pasca brojolnya informasi calon jagoan teralis Honda akan mengadopsi engine CBR150R. Tak terkecuali IWB. Walau belum sepenuhnya terbukti…namun bocoran sontak membuat semua tertegun tidak percaya. Gimana nggak mzbro….mosok CBR150R yang saat ini dijual pada kisaran harga 33jutaan dicopot mesinnya yang kemudian dibenamkan menjadi kuda besi spesies baru dengan banderol jauh lebih murah?? ( estimasi dibawah 24 jutaan)…..

Kemungkinan ada dua cara yang bakal dilakukan AHM untuk merealisasikan hasratnya tersebut. Yang pertama….proses perakitan mesin sudah dilakukan ditanah air atau CKD. Proses ini sangat memungkinkan jika produksi bisa dioptimalkan dalam jumlah besar. Nah….sebagai motor yang diposisikan untuk menggilas kompetitor dekatnya….Yamaha Vixion, maka diyakini target penjualan juga akan menyesuaikan. Hal inilah yang menjadi faktor penentu pricing, yakni kekuatan mass production…..

Possibility kedua… AHM melakukan downgrade core engine. Cara ini terpaksa ditempuh untuk menekan cost, membikin differensiasi sekaligus menghindari rasa kecewa konsumen pemilik CBR150R. Memangkas menjadi 5 speed mungkin??, IMHO….dengan seting ulang ECU serta kombinasi transmisi, karakter new teralis lebih condong bertenaga dari bawah….menengah. Top speed tidak perlu sekencang CBR150R yang mampu tembus 150km/jam. Tapi remapping lebih kepada torque…serta kecepatan puncak plus minus 140km/jam disinyalir sudah bisa menjadi senjata mematikan…..

iklan iwb

Last……analisa diatas buyar jika ternyata AHM memutuskan mengambil secara mentah-mentah engine CBR150R. Namun….dalam keyakinan pribadi sepertinya tidak mungkin mengingat kudu dilakukan penyesuaian karakter sikuda besi yang bergenre naked bike. Artinya…kudu easy to ride dan accelerasi sudah nampol sejak dari RPM bawah. Sesuatu yang tidak kita jumpai pada mesin CBR sekarang. Selain itu peribahasa ada duit ada rupa tidak bisa kita tepis begitu saja. Kasarnya….barang yang kita beli jauh lebih mahal…rasanya sukar dipercaya kualitas sama plek dengan yang lebih murah. ?Gimana menurut mzbro semua? ada opini lain??….(iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

137 COMMENTS

  1. hmmmmzzz…
    kya a d remap ulg deh,nyesuaikn dgn genre a.
    yg jlas,kdu 6 speed ttp..krn klo tuk vixi killr gg hrs stngh2..ayo mas,korek trus inpohnye,smngat 45..
    😀

  2. yups !!
    ane setuja mas iwan,ada harga ada rupa,mesin motor harga 33juta jelas tidak akan sama kualitas dgn mesin motor seharga 24juta.
    ane kira inilah tantangan buat ahm.

  3. di india cbr 150 tetep dibandrol mahal ama honda india mas. mendekati duke. bukan malah r15 yang sekelas.
    itu juga udah cbr lokal india.
    apa iya disini akan dijual lebih murah? padahal disana terkenal dengan motor batangan dijual murah. sedangkan disini negeri bebek dan matik.

  4. berkaca dengan kasus vario 125 cc.. yang spec-nya hampir sama dengan pcx 125cc? mungkinkah diterapkan di motor sport yg baru ini..?
    mungkinkah..?
    …oohh..mungkin…ooohh..tidak…oohhhh…yesss…oohhh …nooo

  5. Mungkin adaa seting ulang mas Iwan 🙂
    Titip nggih…

    nyobamoto.wordpress.com/2012/03/20/video-test-ride-mio-j-diukur-dengan-aplikasi-my-tracks/

    Suwun 😀

  6. kayanya sohc klo mo ngejar torsi mana ni motor neked jadi sesuai dgn karakter motor tersebut nantinya tapi ga taulah klo mekaniknya nemu setingan baru

  7. Apakah salah satu wujud “permintaan maaf” Honda Motor Company, karena selama ini Thailand dan India selalu dapat prioritas? Atau mungkin skenarionya sama seperti CS1 (contek basis mesin Thailand, tapi rancangan secara keseluruhan asli Indonesia).
    Kalau memang benar (malahan ada sumber yg bilang power melebihi Scorpio), angkat jempol buat AHM apalagi harganya ga jauh2 dari Vixi.

  8. irittttttttttttttttt tenan sedunia. new vartec lewattt 1lter bisa 150kiloyudibatang.wordpress.com/2012/03/21/gilee-beneeerr-konsumsi-bbm-yamaha-mio-j-satu-liter-tembus-943-km/ 😉

  9. bisa ga mesin CBR disetting ala mesin CS1 yg galak sepanjang RPM? akan lebih “josss gandooos”…. ehehehehe

  10. Kaya nya mesn cbr 150 versi torque kaya nya. . .
    Jd pgn akslerasi plh teralis. .
    Pgn top speed yahud plh cbr. . Bnr kta pde iwan ada pembeda. .
    😀
    Nice terawangan. .

  11. Semoga siteralis mbrojol nanti diluar nalar kita…………..
    Kita yang meragukan akan terhenyak,ternyata siteralis lbh segalanya tapi bukan lbh mahal tentunya.
    Ayo AHM kobarkan semangatmu,kalo tidak sekarang berbuat baik mau kapan lagi……..?
    Tunjukan pada kompetitor bahwa iniloh honda……………….

  12. yang bilang cbr ini buat kelas menengah,biar tampil beda,desainnya lebih wah,,,ente ke laut aja
    ga ada yang istimewa dari motor ini,kecuali harganya..jangan dibodohi atpm.

  13. CBR mahalkan karna impor utuh coba cek harga di thailand paling 22jtan ya..
    Disini kalau mesin sitrellis menggunakan cbr tp udah dilokalkan semua akan murah g kaya cbr sekarang yg overlah.
    Ada yg tahu bentuk cam dari satria f dan cbr mau nanya apa sama bentuknya?
    Just info si trellis dari ahm dohc cam mirip satria f trial masih lama mulai bulan oktober.
    Yg jelas sitrellis bisa murah power dan body ok punya dah..
    Bukannya begitu?

  14. 12. YB – Maret 21, 2012
    NIH MOTOR YANG PALING IRIT SEDUNIA TIADA TANDING
    BAYANGKAN WUIIIIIIIIIIIIIIIIIIIHHHHHHHHHHHHHHHHHHH 1LITER BISA 100KILO KURANG DIKIT(60 kilo) dikit kan yoyoi harap dibaca tuh motor apa,,yudibatang.wordpress.com/2012/03/21/gilee-beneeerr-konsumsi-bbm-yamaha-mio-j-satu-liter-tembus-943-km/, vartec lewatttttttt suzuki nex brangkat top markotop deh pokok nya,, di siyalir nih motor bisa irit karna ada bantuan campur tagan lelembut alas roban dan alas peler, monggo dikunyah kunyah

  15. kang iwan, bs request ilustrasi nya si teralis gak.? Kan udah ada gambar rangka nya tuh, ya paling tidak nanti nya kita punya bayangan tu mongtor. .

  16. Menurut ane sih mungkin saja mesinya sama dgn CBR, tinggal remap CDI agar torsinya powerful di rpm bawah, knapa? krn CBR ini mahal bukkan cuma krn mesinya ttp krn CBU ( kata Mbah Dukun), krn targetnya vixion harga harus setara atau lebih murah ( Vartech 125), nah karena sales targetnya lumayan gede ya jelas avordable untuk di produksi di indonesia, jelas harganya pasti oke..tggu sajaa…..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here