iklan iwb
iklan iwb

Pertanyaan ini muncul pasca brojolnya informasi calon jagoan teralis Honda akan mengadopsi engine CBR150R. Tak terkecuali IWB. Walau belum sepenuhnya terbukti…namun bocoran sontak membuat semua tertegun tidak percaya. Gimana nggak mzbro….mosok CBR150R yang saat ini dijual pada kisaran harga 33jutaan dicopot mesinnya yang kemudian dibenamkan menjadi kuda besi spesies baru dengan banderol jauh lebih murah?? ( estimasi dibawah 24 jutaan)…..

Kemungkinan ada dua cara yang bakal dilakukan AHM untuk merealisasikan hasratnya tersebut. Yang pertama….proses perakitan mesin sudah dilakukan ditanah air atau CKD. Proses ini sangat memungkinkan jika produksi bisa dioptimalkan dalam jumlah besar. Nah….sebagai motor yang diposisikan untuk menggilas kompetitor dekatnya….Yamaha Vixion, maka diyakini target penjualan juga akan menyesuaikan. Hal inilah yang menjadi faktor penentu pricing, yakni kekuatan mass production…..

Possibility kedua… AHM melakukan downgrade core engine. Cara ini terpaksa ditempuh untuk menekan cost, membikin differensiasi sekaligus menghindari rasa kecewa konsumen pemilik CBR150R. Memangkas menjadi 5 speed mungkin??, IMHO….dengan seting ulang ECU serta kombinasi transmisi, karakter new teralis lebih condong bertenaga dari bawah….menengah. Top speed tidak perlu sekencang CBR150R yang mampu tembus 150km/jam. Tapi remapping lebih kepada torque…serta kecepatan puncak plus minus 140km/jam disinyalir sudah bisa menjadi senjata mematikan…..

iklan iwb

Last……analisa diatas buyar jika ternyata AHM memutuskan mengambil secara mentah-mentah engine CBR150R. Namun….dalam keyakinan pribadi sepertinya tidak mungkin mengingat kudu dilakukan penyesuaian karakter sikuda besi yang bergenre naked bike. Artinya…kudu easy to ride dan accelerasi sudah nampol sejak dari RPM bawah. Sesuatu yang tidak kita jumpai pada mesin CBR sekarang. Selain itu peribahasa ada duit ada rupa tidak bisa kita tepis begitu saja. Kasarnya….barang yang kita beli jauh lebih mahal…rasanya sukar dipercaya kualitas sama plek dengan yang lebih murah.  Gimana menurut mzbro semua? ada opini lain??….(iwb)

iklan iwb
Previous articleTim balap Yamaha kembali tak terbendung diAceh dan Banten!!……
Next articleKompilasi top speed motor-motor yang pernah IWB test….!!
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!