iklan iwb

Pasti mzbro dan sis sempat bingung, opo maksud judul diatas. Tentu saja bukan arti sebenarnya…AHM membantu menjala atau berburu ikan dilaut brosis. Namun, pabrikan yang tergabung dalam grup Astra tersebut memberikan sumbangan alat bernama Rumpon. Walah…opo maneh iku?….

Rumpon atau Fish Aggregating Device (FAD) adalah salah satu jenis alat bantu penangkapan ikan yang dipasang di laut, baik laut dangkal maupun laut dalam. Pemasangan tersebut dimaksudkan untuk menarik gerombolan ikan agar berkumpul di sekitar rumpon, sehingga membuat nelayan lebih mudah menangkap ikan. Rumpon biasa disebut sebagai karang buatan yang dibuat oleh manusia dengan tujuan sebagai tempat berkumpul ikan. Nah beda dengan rumpon reguler…Yayasan Astra Honda Motor (YAHM) merancang khusus rumpon dengan kontruksi GRC (Glasswooll Reinforce Cement) yang berukuran 1 x 1 m. Seperti apa sih…??

iklan iwb

Infonya, bahan disusun menyerupai piramida dengan diisi daun nyiur yang diharapkan akan menjadi sarang ikan. Dengan konstruksi ini, ikan-ikan yang sedang dalam masa reproduksi akan ber?sarang dan bertelur di dalam rum?pon bahkan ikan yang lain dapat mengundang ikan lain untuk menetap di sekitar rumpon. Hebatnya…satu rumpon diperkirakan mampu menangkap ikan hingga satu ton yang bisa dipanen secara berkala. Mantep tenan!!….

Pemasangan rumpon dilakukan di laut dengan kedalaman 30 meter. Posisinya? berjarak sekitar 3 mil dari bibir pantai Pulau Tunda dengan harapan dapat mudah dijangkau oleh nelayan. Penyerahan bantuan ini dilakukan pada pekan lalu oleh Yudi Yozardi, perwakilan YAHM kepada Hasyim, Kepala Desa Wargasara Pulau Tunda. Praktis dengan adanya sumbangan alat berguna ini, para nelayan tidak lagi terpengaruh pada musim barat dalam mencari ikan, karena letak rumpon yang tidak jauh dari perkampungan. Hhmm…mantep juga yak!

Last…?kini para nelayan tidak perlu jauh-jauh berlayar ketengah laut lepas sebab seiring waktu waktu berjalan, komunitas ikan akan berkumpul disekitar rumpon. Menangkap ikan makin mudah, pendapatan juga bertambah. Tentu saja sumbangan bakal sangat bermanfaat bagi para nelayan dipulau Tunda Serang sebab jumlahnya tidak main-main…yakni mencapai 7 buah rumpon. Welldone YAHM, jasamu pasti akan selalu diingat mereka semua….(Iwb)

 

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!