iklan iwb

Sebelum jagad blogsphere heboh oleh kemunculan spyshoot motorsport yang disinyalir new Vixion, ternyata sinyal-sinyal tersebut sudah dilontarkan oleh para pengunjung warung…entah lewat kolom komentar ataupun Facebook. Hanya sayang, IWB tidak ngeh atau lolos dari pantauan. Dan dari sekian info yang masuk…..ada satu statement menarik yang diungkapkan bro Dody46 pertanggal 12 Maret kemarin bahwa sikuda besi jebule sudah berseliweran didaerah Cikarang Jawa Barat……..

Bro Dody46 mengatakan bahwa awalnya doi berpikir motor adalah Yamaha Byson. Ciri-ciri yang terekam dimemori…“menggunakan ban tapak lebar, double cakram, knalpot persis dengan gen R15”. Beighhh…. cocok dengan spyshoot TMCblog yang brojol pada tanggal 14 kemarin. Berikut ungkapan bro Dody yang IWB copy paste dari komentar artikel Mio-J….

Dari keterangan diatas, bisa diambil kesimpulan bahwa karet bundar new Vixie memang jauh lebih besar. Terbukti perawakannya sempat? mengecoh bro Dody dengan berasumsi bahwa kuda besi yang terpampang didepan mata adalah sikebo. Artinya…besar kemungkinan pelk pun ikut melar mengimbangi ukuran ban. Yang kedua…motor ini mungkin tidak sekedar ganti baju. Dengan kata lain bukan facelift namun bisa disebut upgrade. Kenapa??….

iklan iwb

Kalau facelift, untuk apa kudu wira-wiri dijalanan. Sudah jamak test ride merupakan uji coba endurance….durability engine serta tetek bengek yang berhubungan dengan kinerja mesin menghadapi esktrimnya cuaca.? Kecuali…penampakan memang disengaja merupakan salah satu strategi pasukan garputala untuk menunjukkan eksistensinya kepada para biker atas gen anyar. Terus gimana kalau YIMM memaksakan diri dengan memakai engine lawas tanpa merubah apapun??

Sama aja dengan bunuh diri mzbro. Kalkulasi teknis engine sekarang tidak cocok untuk ban besar. Konsekuensinya accelerasi jadi berat….sesuatu hal yang pasti dihindari oleh pabrikan garputala karena tidak sesuai dengan DNA Yamaha yang mengedepankan speed. Yang paling murah setidaknya bakal terjadi perubahan gear ratio atau ukuran sproket plus remap ECU.? Tapi itu saja belum cukup jika engine yang hanya 150cc dipaksa menggunakan 5 gear…konsekuensinya top speed mengalami penurunan.

So IMHO…dengan ban besar, mapping ulang ECU plus penambahan transmisi menjadi 6 speed adalah wajib hukumnya jika ingin tetap mempertahankan performa Vixion seperti sekarang. Last..…saran buat YIMM, jangan sampai hanya karena mengejar tampilan visual lewat ban segambot Byson, akan mencederai? kemampuan engine siVixie yang sudah kadung melekat sebagai motor kencang. Ban besar boleh, namun kencang adalah wajib hukumnya untuk gen Vixion. Gimana menurut mzbro semua?…..monggo berikan komentarnya….(iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!