iklan iwb

Sebuah desain pasti sudah diperhitungkan sedemikian rupa. Berbagai proses dijalani yang akhirnya menghasilkan blue print guna direalisasikan kebentuk nyata. Begitu pula desain matic retro atau klasik yang disandang kedua produk berlainan pabrikan….Scoopy dan Mio-Fino. Mempunyai konsep sama namun secara detil berbeda. Nice worked from the designer.

Scoopy, ketika dijejerin dengan Fino…ternyata mempunyai bentuk fisik lebih bongsor. Hal ini bisa terlihat ketika kita mengintip dari depan. Headlamp juga cenderung melebar oval kebawah…sedang skutik racikan Yamaha sedikit mungil. Begitu pula pada stang. Baut pengikat Fino terekspos dengan jelas akibat posisi speedometer serta fuel meter yang terpisah dari panel. Disini Yamaha berhasil membikin diferensiasi yang cukup signifikan dibanding kompetitor. Melirik kebagian fairing….gurat desain skutik Honda condong membulat, sedang Fino lebih berkontur dengan lekukan-lekukan menyudut…

Menjelajahi sisi tengah, jok keduanya ternyata mempunyai lebar yang nyaris seimbang. Terlihat sama-sama nyaman jika dipakai jarak jauh untuk membonceng beban besar sekalipun. Bergeser kebelakang….kita disuguhi grip belakang dengan bahan yang berbeda. Honda memutuskan menggunakan material pipa yang dilabur krom style, sedang Fino lebih modern lewat aluminium casting yang disemprot cat. Ekplorasi berlanjut pada sisi sein. Jika desainer pabrikan garputala memilih membenamkan secara integrated didalam casing…..sayap mengepak lebih pede memisahkan komponen tersebut

iklan iwb

Dari mengamati dan memperhatikan…desainer Honda disinyalir sangat kental ingin mengangkat aura klasik tulen. Bisa dilihat sein membulat….penempatan yang nongol dari body serta konsol speedometer yang sangat artistik. Nuansa ini dipertegas oleh grip belakang pipa krom yang menguatkan rasa retro. Sedang Fino….desainer nampaknya cenderung ingin mengawinkan porsi seimbang antara klasik dan modern. Tidak diragukan…..keduanya sama-sama keren tergantung selera dan kesukaan masing-masing individu. So, keputusan ditangan mzbro dan sis semua sebagai konsumen. Sebagai gambaran, IWB lampirkan jepretan-jepretan keduanya supaya membantu mendapatkan gambaran, mana yang cocok buat taste sampeyan. Semoga berguna……..(iwb)

117 COMMENTS

  1. yo ndak usah ribut, pengen ya beli, ga pengen ya udah liatin aja…ribut mulu, emang pada dikasih makan ma produsen ya?

  2. Siapa bilang Fino Thailand gak pake lampu senja kayak Fino Indonesia. Nih Fino Thailand 2011 thephnompenhcambodia.com/wp-content/uploads/2011/08/motor-yamaha-fino-2011.jpg

  3. Tapi sayang fino masih pakai velg yg dipakai mio sporti jg gampang peyang (saya sudah menemukan satu di malang)…
    masalah jiplak sebenarnya definisinya susah,,,,(ok blade dibenturkan dg NJZ) para fby sdh ramai. Sekarang sektor mesin ……(roller rocker arm, aplikasi pertama dipakai di revo, blade dan matik honda, skrg mio j pakai juga) fbh diam…….Rotari perpindahan gigi sdh diaplikasi jamanya honda prima,,,,,skrg diaplikasi di NJZ (salah satu fitur unggulan) fbh diam juga,,,,Box dibawah jok honda sudah aplikasi lama jamanya honda nice (thailand),,,terus disini diaplikasi di motor bebek dan matik,,,honda tdk pernah klaim duluan.
    Motor matik pertama kali ada disini Mocin (kanzen, kymco, sanex, jialing dll) yamaha baru nelurin nouvo TP sudah klaim Matic duluan.

  4. yonk pada Maret 4, 2012 pukul
    10:47 PM berkata:
    Tapi sayang fino masih pakai velg yg
    dipakai mio sporti jg gampang peyang
    (saya sudah menemukan satu di
    malang)?
    masalah jiplak sebenarnya definisinya
    susah,,,,(ok blade dibenturkan dg NJZ)
    para fby sdh ramai. Sekarang sektor
    mesin ??(roller rocker arm, aplikasi
    pertama dipakai di revo, blade dan
    matik honda, skrg mio j pakai juga) fbh
    diam??.Rotari perpindahan gigi sdh
    diaplikasi jamanya honda prima,,,,,skrg
    diaplikasi di NJZ (salah satu fitur
    unggulan) fbh diam juga,,,,Box
    dibawah jok honda sudah aplikasi lama
    jamanya honda nice (thailand),,,terus
    disini diaplikasi di motor bebek dan
    matik,,,honda tdk pernah klaim duluan.
    Motor matik pertama kali ada disini
    Mocin (kanzen, kymco, sanex, jialing
    dll) yamaha baru nelurin nouvo TP
    sudah klaim Matic duluan.

    ——————————————–
    ya gitu deh…. 🙂

  5. si pino ga berkonsep…
    Dibilang Retro ga pantes
    dibilang klasik ga pantes
    dibilang modern,makin bingung..
    Hati2 pino jd stress..
    Klo pino stress jd sering bo’ong..
    ‘pinokio’

  6. @yonk – Maret 4, 2012

    Tapi sayang fino masih pakai velg yg dipakai mio sporti jg gampang peyang (saya sudah menemukan satu di malang)?
    masalah jiplak sebenarnya definisinya susah,,,,(ok blade dibenturkan dg NJZ) para fby sdh ramai. Sekarang sektor mesin ??(roller rocker arm, aplikasi pertama dipakai di revo, blade dan matik honda, skrg mio j pakai juga) fbh diam??.Rotari perpindahan gigi sdh diaplikasi jamanya honda prima,,,,,skrg diaplikasi di NJZ (salah satu fitur unggulan) fbh diam juga,,,,Box dibawah jok honda sudah aplikasi lama jamanya honda nice (thailand),,,terus disini diaplikasi di motor bebek dan matik,,,honda tdk pernah klaim duluan.
    Motor matik pertama kali ada disini Mocin (kanzen, kymco, sanex, jialing dll) yamaha baru nelurin nouvo TP sudah klaim Matic duluan.

    ====================

    kan fans yamaho..apa2 dibilang jiplak

    *lempar injeksi abal-abal 41km/lt

  7. koreksi kalo saya salah, bukannya yang mengeluarkan retro desain duluan emang yamaha yah… fino kan udah lama nongol, jauh sebelum scoopy ada… jadi kl urusan jiplak menjiplak, ya, siapa yang keluar belakangan lah yang menjiplak…hehhe..biasanya begitu lho yaa….

  8. design nya smua cakepan scoopy gan…
    fino..hmmm..ane ga suka speedometer nya..
    pokok nye moncerrr dha si scoop2….

  9. Hey, Fino is different from Scoopy, i Think mas Iwanbanaran sebagai penulis yang membuat comparasi sudah cukup detail mengungkap perbedaan diantara Mio Fino (Yamaha) vs Scoopy (Honda).

    Gw sendiri lebih suka dan tertarik dengan : FINO
    yeayy>>>>!!! its very unique, retronya gak lebay…apalagi yang merah… 🙂

    Dari segi mesin dan body pun i love FiNO, ini bukan karena saya bekerja di pembiayaan khusus Yamaha yah, tapi emang Style nya Fino Bagusss,… Hayoo Beli Fino dan Kredit melalui PT. BAF..

    Thanks,

    Marshall

  10. ribut mulu, ini memang bkn motor laki..:P
    vote scorpio..:)
    btw anyway doubleway.. fino memang manis.

  11. tar tar, roller rocker arm, dipakai pertama kali ama honda revo ? ga salah ? honda karisma kaleeee. wah pada lupa ama eksistensi nih bebek yang umurnya cuman terlalu cepat.

  12. 42. keretapisombong – Maret 4, 2012
    Pernah liat langsung MioFino yg CLASIC ya (inget seri CLASIC)
    Bodyne kok seperti motor listrik itu lo yang di charge ke listrik buat jalan nya, terus kok body nya kok kaya plastik2 gimana gitu, udah gitu ban nya kecilll

    Maaf ye, bukan FB tapi ini lah Fakta yang saya lihat
    —————————————-
    yakin bener bro,, ane kemarin liat ada acara launching di megamall pontianak

    menurut ane :
    1. Warna catnya memang lebih atraktif dibanding scoopy.. tapi kualitasnya hampir sama dengan scoopy
    2. Spidometer Fino JELEK n keliatan ringkih.. keliatan kayak plastik mainan made in china.. gak ada kesan klasiknya
    3. Gak ada indikator lampu sein,, gak SAFETY..
    kalo scoopy meskipun gak ada indikatornya, lapun seinnya ada diatas,, jadi keliatan lagi off apa on
    4. Bannya seperti matic2 yamaha lainnya.. selalu lebih kecil dibanding matic Honda
    5. Jok-nya empuk banget.. gak kayak Scoopy yg keras…

  13. @Blitz – Maret 5, 2012

    nyesel punya scoopy,, mending fino kemana2?

    =======================================

    ane sampe sekaran masih pengen ketawa aja baca komen fby ini di
    warung P2R. l
    ================

    Blitz ? 3 Maret, 2012
    oh ya bener mas,, vega gw coba dimiringin,, tak lama mesin mati,, diriin lagi,, distarter susah gak mau nyala,, starter langsung gas berhasil nyala,, tapi kalo lagi idle mati sendiri,, matikan kontak nyalain lagi.. starter lagi dan bremmm,, langsung nyala normal..

    *baru tau ada fitur ginian,,
    ================

    motor Vega ada fitur LAS-nya hahahahahahaha

    u kan yang cuman punya vegar jadul karburator kan ya wakakakaka ngaku2 punya scoopy

    😆 😆 😆 Fby plis lah sekali kali otaknya dipake wkwkwkwkwkwk

  14. plizzz jgn bawa data blogger ternak sebelah…
    masih diragukan kredibilitasnya…

  15. TERIMA KASIH BANYAK SAYA UCAPKAN KEPADA MBAH AGUNG SAMUDRO, KARNA BERKAT BANTUAN ANGKA GOIP DI BERIKAN SAMA SAYA, 3D[165]SHIO[11] ALHAMDULILLAH ITU TEMBUS 100% SAYA TIDAK SIA-SIA MEMBAYAR MAHAR NYA KARNA SAYA SANGAT MEMBUTUH KAN UANG UNTUK MEMBAYAR HUTANG-HUTANG SAYA YANG ADA DI BANK BRI YANG DULUH SAYA AMBIL 27 JUTA, UNTUK MEMBAYAR BIYAYA OPRASI ANAK SAYA YANG MASUK RUMAH SAKIT. YANG INGIN MERUBAH NASIP NYA SEPERTI SAYA HUB. MBAH AGUNG SAMUDRO DI NO. 085-286-381-555. SAYA PAK.SOLEH DARI NIAS SUDAH MEMBUKTIKAN ANGKA GOIP MBAH AGUNG SAMUDRO YANG DI BERIKAN SAMA SAYA ITU TEMBUS 100% TERIMA KASIH.

  16. Nih saya pengguna sayap mengepak, ngga’ papa fino seolah menjiplak, yang tau hanya mereka dan Gusti Allah. Hando sendiri tidak merasa dirugikan, kalau merasa dirugikan mesti Hando akan menggugat Yamahud. Betul!

    Pinter + cerdas dalam bisnis.

    Modal keluar harus kembali. Nah, kita lihat siapa pemenangnya.

    “Fino lebih klasik sebab detilnya tapi kesan modern retro justru terlalu muncul, jadi funky deh”…”Scoopy lebih simpel klasiknya sebab memberi kesan modern juga, tapi tetap menjaga penampilan elegan nya, retro nya muantap juga, simple”…Bener deh IMHO gue ini. Ciiimiwwww 😀

  17. Kerenan fino kmn2…!!! Mau ambil 1 yg sporty duit udah gak ada, Alhamduliah minggu lalu udah nebus dan pilih mio j wrna hijau, irit bgt..!!! Gak nyesel…

  18. yup…masing-masing produk pasti ada kelebihan dan kekurangannya,tapi yg saya tau honda scoopy ada standar samping sbgai salah satu keamanan dan juga ada rem tangan yg membantu kita saat berhenti di tanjakan.

  19. Ngarep fino yang dulu. Mau ganti matik di rumah. Fino yang sekarang modern banget sih. YIMM dengerin dong ukapan ane. Egois mode on 😀

    *Sebab akan lebih murah harganya dibanding merk vespa. Cmiiiww

Comments are closed.