iklan iwb
iklan iwb

Sebuah desain pasti sudah diperhitungkan sedemikian rupa. Berbagai proses dijalani yang akhirnya menghasilkan blue print guna direalisasikan kebentuk nyata. Begitu pula desain matic retro atau klasik yang disandang kedua produk berlainan pabrikan….Scoopy dan Mio-Fino. Mempunyai konsep sama namun secara detil berbeda. Nice worked from the designer.

Scoopy, ketika dijejerin dengan Fino…ternyata mempunyai bentuk fisik lebih bongsor. Hal ini bisa terlihat ketika kita mengintip dari depan. Headlamp juga cenderung melebar oval kebawah…sedang skutik racikan Yamaha sedikit mungil. Begitu pula pada stang. Baut pengikat Fino terekspos dengan jelas akibat posisi speedometer serta fuel meter yang terpisah dari panel. Disini Yamaha berhasil membikin diferensiasi yang cukup signifikan dibanding kompetitor. Melirik kebagian fairing….gurat desain skutik Honda condong membulat, sedang Fino lebih berkontur dengan lekukan-lekukan menyudut…

Menjelajahi sisi tengah, jok keduanya ternyata mempunyai lebar yang nyaris seimbang. Terlihat sama-sama nyaman jika dipakai jarak jauh untuk membonceng beban besar sekalipun. Bergeser kebelakang….kita disuguhi grip belakang dengan bahan yang berbeda. Honda memutuskan menggunakan material pipa yang dilabur krom style, sedang Fino lebih modern lewat aluminium casting yang disemprot cat. Ekplorasi berlanjut pada sisi sein. Jika desainer pabrikan garputala memilih membenamkan secara integrated didalam casing…..sayap mengepak lebih pede memisahkan komponen tersebut

iklan iwb

Dari mengamati dan memperhatikan…desainer Honda disinyalir sangat kental ingin mengangkat aura klasik tulen. Bisa dilihat sein membulat….penempatan yang nongol dari body serta konsol speedometer yang sangat artistik. Nuansa ini dipertegas oleh grip belakang pipa krom yang menguatkan rasa retro. Sedang Fino….desainer nampaknya cenderung ingin mengawinkan porsi seimbang antara klasik dan modern. Tidak diragukan…..keduanya sama-sama keren tergantung selera dan kesukaan masing-masing individu. So, keputusan ditangan mzbro dan sis semua sebagai konsumen. Sebagai gambaran, IWB lampirkan jepretan-jepretan keduanya supaya membantu mendapatkan gambaran, mana yang cocok buat taste sampeyan. Semoga berguna……..(iwb)

iklan iwb
Previous articleFoto detil new Kawasaki Ninja 150RR. Monggo diintip….
Next articleRumor…..engine Kawasaki Athlete upgrade kubikasi??…..
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!