iklan iwb

Baru kemarin IWB bisa ngobrol panjang lebar dengan pak Eko Prabowo…..petinggi YIMM yang mempunyai otoritas dalam menentukan setiap langkah strategi pabrikan garputala. Suatu moment yang tidak mungkin terjadi jika nggak ada event besar seperti turing Mio-J kemarin…..

Sopo sih yang nggak ngiler melihat rupa Yamaha YZF R-15 ?? nyaris semua mengacungkan tangan tanda setuju. Tapi? sayang….kita biker disini hanya bisa menelan ludah tak kuasa memiliki akibat keputusan YIMM yang ogah memasarkan diIndonesia. Berbagai tekanan dilakukan agar YIMM sudi mendengar aspirasi dan keinginan konsumen. Namun…hal itu tidak cukup kecuali memang ada faktor internal yang mampu membuat YIMM berubah pikiran….

Berbarengan makan pagi diHotel Aston Purwokerto, IWB kebetulan duduk satu meja dengan pak Eko. Awalnya hanya ngobrol ringan….cerita tentang turing luar Jawa, serta topik-topik yang tidak ada hubungannya dengan otomotif. Namun akhirnya IWB gatal juga….mumpung tatap muka dengan orang penting Yamaha nih mzbro. Sambil bercanda…IWB coba gali, kenapa sih Yamaha paling males mengaplikasi RDB buat motorsportnya. Padahal tren masa kini, RDB identik dengan keren dan gagah diluar fungsi? itu sendiri!. Dengan tersenyum beliau menjawab….

iklan iwb

Suatu menu tidak surprise jika disodorkan semua. Harus sedikit demi sedikit supaya terasa istimewa. Artinya….arah menuju kesana pasti ada, tergantung situasi dan kebutuhan. Yamaha akan membuat produk sesuai demand pasar….apa yang diinginkan konsumen akan ditampung dan dihadirkan pada revisi produk berikutnya. Hhhmm…jawaban yang diplomatis. Apakah ini artinya….new Vixion akan mangaplikasi RDB?? beliau hanya tersenyum tanpa menolak atau mengiyakan…..

Yang kedua….permintaan sekaligus pertanyaan. Yakni…..kenapa Yamaha tidak mendatangkan R15?? padahal motor berfairing ini banyak yang menunggu jika YIMM sudi memboyong kesini. Mendapatkan pancingan tersebut…pak Eko hanya tertawa. Beliau menjawab dengan bercanda….” sama aja koq sama Vixion. Coba aja dikasih fairing….sudah mirip dengan R15 lho..” ujarnya berusaha ngeles. IWB tidak mau kalah…” itu mah yang gen awal pak. Yang versi 2.0 kan beda pak Eko. Buntutnya aja beda….!!” seru IWB. Pak Eko masih tertawa seperti menyembunyikan sesuatu…

Dilalah lagi hot-hotnya, satu panitia menginterupsi perbincangan kami. ” Pak…mari kita berangkat. Semua sudah siap..” ujarnya. Modiarr tenannn!! ganggu aja nih. Pak Eko segera berdiri....” Ya udah….kita berangkat dulu….nanti disambung lagi..” seru pak Eko sambil memungut tas ranselnya kemudian meninggalkan tempat meja kami makan. ” Lho pak…gimana R-15nya??” teriak IWB. Beliau hanya tertawa sambil melambai dengan isyarat tangan. Walah ilmu korek mengkorek gagal euy, kurang kemenyan nih :mrgreen: ….

Tidak ada yang nggak mungkin dalam percaturan persaingan roda dua. Jika saat ini YIMM mengatakan tidak….bisa saja kedepan berubah pikiran. Masih ingat kasus Scoopy dan Mio-Fino??….akhirnya pabrikan garputala merevisi ulang strategi mereka. Dan tentu saja fakta ini bisa menjadi pegangan kita semua…bahwa possibility YZF-R15 mengaspal diIndonesia masih tetap terbuka lebar. Tinggal tergantung kebutuhan dan kondisi market kedepan. Gimana menurut mzbro semua?? monggo berikan opininya……(iwb)

121 COMMENTS

  1. sama aja koq sama Vixion. Coba aja dikasih fairing?.sudah mirip dengan R15 lho..?
    ======================================================
    SETUJU!!!!!!!!!wakakakakaka….bodynya doang yang baru..

  2. Saya heran pada YAMAHA INDONESIA kenapa sangat pelit memberi produk bagus di Indonesia.

    Upgrade-upgrade seperti panambahan RDB sebenarnya tidak perlu dilakukan. kenapa YIMM tidak memasarkan R15 v2.0 saja di Indonesia.

    Masalah Power, walaupun R15 V2.0 dimasukkan di Indonesia sampeyan-sampeyan gak usah mimpi akan naik signifikan dari vixion, bukan karena YIMM tidak bisa, tapi karena standar bahan bakar di indonesia cuma oktan 88. Jadi mesin 150cc dengan power 14, HP saya kira sudah bagus untuk mesin yang toleransi premium.

    Jika ingin power dinaikkan itu hal yang sangat mudah, tapi bahan bakar wajib pertamax layaknya:

    R15 v2.0 india?>power 16, HP standar oktan india 92
    R125 Eropa?> power 14, HP standar oktan 95.
    CBR150 thailand?> power 19 HP sandar oktan 91
    CBR 150 indonesia?> power 17 HP downgrade premium.

    lantas bagaimana cara mengatur power mesin berdasarkan standar oktannya? padahal speknya sama (spek yang di suguhkan pada konsumen). Untuk menjawabnya silakan pelajari jurnal-jurnal tentang motor bakar.

    Sebenarnya di indonesia ada bahan bakar pertamax ataupun lainya. tapi untuk kelas mid end akan sangat beresiko jika spesifikasi mesin di set untuk pertamax karena pola konsumen yang tidak sadar.

    Last, satu motor yang fenomenal Pulsar 200ns. motor 200cc dengan power 23,5 HP dengan kompresi yang ?disembunyikan?. menurut sampeyan apa bahan bakarnya? akankah masuk ke indonesia dengan power tetap 23,5 HP? be smart?

  3. weleh… eko ternyata b*** yah… dia kok bisa bicara seperti itu yah… memang bener si orang dagang kalau dagangan yang sekarang laku maka ngapain buang ongkos nambahin ini itu…. tapi itu sih konsumsi pribadi dong… bukannya diumbar ama blogger yang bakal crita ke orang lain terutama konsumen setianya… bunuh diri tuh namanya… ck ck ck ck… berapa orang coba pembeli vixion yang sakit hati… -.- #

  4. jupiter mx ganti stripping 6x baru pake RDB :P, napa gak keluarin SP atau limited edition dg RDB kalo masih gak percaya konsumen suka RDB, kaya dulu pelek palang ama jari jari. intinya seh yamaha merki fitur…….

  5. @ 17. Cah pwt
    Sampeyan ora teko….padahal tak enteni mzbro xixixi
    @ 46. Rollerman
    Kita lihat aja mzbro….
    @ Redribbon
    Kalau Saya pikir jawaban cukup diplomatis dan bukan hal yang confidential mzbro. Tidak secara frontal mengiyakan atau menolak. Kita hanya bisa meraba dan menganalisa. Justru kalau sama blogger tidak mau ngobrol tentang otomotif….kita-kita bisa garuk2 kepala tidak ada info yang bisa dishare kesampeyan2 semua :mrgreen: . Piye to….

  6. st, Malaysia
    Pos Rider Team Fastest lap Prev. Gap Lead. Gap Laps
    1 Casey Stoner Repsol Honda Team 2:01.761 – – 16
    2 Dani Pedrosa Repsol Honda Team 2:02.005 +0.244 +0.244 36
    3 Jorge Lorenzo Yamaha Factory Racing 2:02.436 +0.431 +0.675 22
    4 Ben Spies Yamaha Factory Racing 2:02.819 +0.383 +1.058 31
    5 Alvaro Bautista San Carlo Honda Gresini 2:02.959 +0.140 +1.198 24
    6 Nicky Hayden Ducati Team 2:03.132 +0.173 +1.371 55
    7 Cal Crutchlow Monster Yamaha Tech 3 2:03.213 +0.081 +1.452 27
    8 Valentino Rossi Ducati Team 2:03.245 +0.032 +1.484 39
    9 Hector Barbera Pramac Racing Team 2:03.612 +0.367 +1.851 24
    10 Stefan Bradl LCR Honda 2:03.820 +0.208 +2.059 31
    11 Andrea Dovizioso Monster Yamaha Tech 3 2:03.830 +0.010 +2.069 23
    12 Colin Edwards NGM Mobile Forward Racing 2:05.510 +1.680 +3.749 25
    13 Franco Battaini Cardion AB Motoracing 2:05.563 +0.053 +3.802 11
    14 Ivan Silva Avintia Racing 2:08.109 +2.546 +6.348 32
    15 Yonny Hern?ndez Avintia Racing 2:08.767 +0.658 +7.006 16

  7. Apakah mungkin YIMM sedang melihat perkembangan pangsa pasar R15 V2 di India dulu Bang IWB?

    Entahlah, apa pengelihatan kita yang kurang mawas, bahwasanya motor naked lebih banyak pangsa pasarnya dibandingkan motor ber-fairing 😀

    Dan motor ber-fairing di tahun ini, tidak terlihat begitu signifikan meningkat pangsa pasarnya 🙁

  8. Sebab kita pikir, kenapa harus facelift segala sih R15? Kan sudah ber-fairing tuh????

    Maka jawaban untuk hal ini kemungkinan besar berujung pada kurang larisnya motor ber-fairing tersebut. Hmm, apakah R15 dahulu jelek sebelum facelift? Ada benarnya juga, tapi Mz Bro perlu ingat juga, kenapa Yamaha (khususnya) tidak menurunkan motor YZF R125 saja (ya jadi YZF R150 lah)

    Bener dong apa kata Pak Eko di atas!!!

    “Suatu menu tidak surprise jika disodorkan semua. Harus sedikit demi sedikit supaya terasa istimewa.”

    IMHO

  9. @ 68. Odi Sudah Injeksi
    Yup…mungkin itu yang dipertimbangkan oleh YIMM. Semua kudu diperhitungkan dengan teliti dan akurat. Tidak sembrono asal brojolin produk sebab berhubungan dengan dana besar menyangkut kesiapan 3S jg mzbro. So saya pikir beban pak Eko sangat berat. Mangkane nggak boleh grusa grusu….
    * Btw nais opinion mzbro
    @ 69. Cah pwt
    Iya mzbro…saya titik poinnya baru tahu belakangan xixixi

  10. Eko Prabowo Fuck Donkey…!!!!
    Mampus aja lho…!!!!
    Mudah2an konsumen NKRI yg dianak tirikan pada berdoa semua ” YIMM suatu saat nanti pasti bangkrut total ”.
    Bajaj datangkanlah p200 ns secepatnya. Dah bosan ma produk Yameki YIMM.
    Sakit hati dan gak akan beli motor yamaha lagi.

  11. wah ternyata pak eko prabowo cakep juga ya..
    dari wajahnya saja terlihat cerah, pasti tipikal orang yang rajin beribadah, dan karismatik. tapi sayangnya cuma satu, gak masarin R15 di Indonesia.

  12. @bawi: Kita pikir, Yamaha tidak lain sama halnya dengan Honda. Dulu masih ingat tidak, motor bebek supra dengan cakram depan saja. Kemunculannya disambut antusias, wajarkan motor ini jadi idola. Terus, ketika Honda menambahkan piranti cakram belakang + facelift sedikit, maka antusias biker tambah positif lagi. alhasil, penjualan meningkat terus 😀

    Strategi YIMM untuk membuat RDB pada motor idola yang satu ini (V-ixion) + facelift (katanya) adalah langkah yang bijaksana. (pangsa pasar oke, antusiasme mesti oke lagi tuh lihat perkembangan ini)

    IMHO

  13. @Odi Sudah Injeksi : bagus lagi jika yamaha masarin R15 V2.0
    kenapa? jawabanya adalah sebuah pertanyaan.
    “kalau di India saja dipasarkan kenapa di Indonesia tidak?”

    masalah pangsa pasar sport fairing kurang moncer uhuk.. uhuk.. uhuk.. berfikir realistis mas bro, fairing kurang moncer karena bermain di segment harga premium seperti ninja 250, cbr 250, dan si cacat cbr 150.

    tapi untuk R15 v2.0 apakah termasuk segmen premium? wong pak prabowo aja bilang itu sama dengan vixion.

    satu2nya alasan adalah karena vixion masih bisa bersaing, ngapain masarin R15? toh orang indonesia juga gak bisa buat motor sendiri yang diterima masyarakat kayak india

    last, satu2nya harapan saya dan mungkin beribu2 orang diluar sana adalah dipasarkanya R15 v2.0 di Indonesia. tentu sangat bijak jika produk yang sudah 5 tahun eksis di beri update yang signifikan. disamping itu Yamaha juga harus sadar bahwa indonesia adalah daerah yang menyumbangkan pangsa pasar yang besar dan layak jika di beri produk bagus.

  14. Sho psti…emang orang ymh geblek geblek…. Ga mau datngin tu r15… So psti akan datang lah…ini cman strategi doang….tnggu aja 2bln ke dpn… R15 psti brojol di mari…orang uda spantasnya kok.

  15. ada gak diantara agan2 yang punya fikiran seperti ini

    –> r15 gak dipasarin sekarang itu karena kesepakatan dengan pabrikan sebelah. mereka sepakat jika cbr 150 dipasari dengan harga yang overprice otomatis gak mengancam eksistansi vixion di tanah air.

    keuntungan honda : cbr 150 berlenggang bebas walaupun downgrade premium tetep dihargai 33 juta.

    kenutungna yamaha: yamaha gak harus menyiapkan dana untuk memasarkan R15 karena vixion tetap aman dan nyaman.

    toh hal itu sangan dimungkinkan karena ada perserikatan antar ATPM. seperti Operator seluler m3, XL, telkomsel dll mereka sangat bersaing tapi punya kesepakatan seperti berapa harga minimal untuk pulsa. begitu…

    tapi hal diatas akan tergoyah jika ada pemain ke 3 yang masuk. sebut saja Pulsar 200ns 😀

  16. @bawi: Analisa yang baik. Kita juga setuju dengan pendapat yang seperti itu. Wong Pak Eko saja anteng2 saja dengan semua pendapat para biker tentang hal seperti ini. Ya kan Bang Bawi 🙂

    “Bikin suprise terus nih Pak Eko. Jangan2 suprise nya adalah kebangkrutan YIMM. Walah,…. Insya Allah ngga’ mungkin gan, kan nie menyangkut kepentingan orang banyak. mau kemana ntar mantan para pekerja YIMM. Nie tanggung jawab pemerintah juga kan.”

    @mamad: Kita juga pernah berpikir yang sama dengan Anda. Biar harmonis kali’ ya. Biar ngga’ ada istilah monopoli pasar (kaya’ telkomsel dulu yang diduga memonopoli pasar) 😀

  17. Vixion masih merajai pasar sport di Indonesia, jd buat apa mendatangkan R15 skarg? Toh malu2in aja pke fairing klo larinya cuma di kisaran 140 km/h, masih kalah ma FU yg trondol. Motor Yamaha yg ku liat kncang di sini cm TZM 150, syang udah gak dipasarin lg. pdahal Technologinya jg lbih maju dri Ninja 150 yg leluasa menguasai sport 150 cc 2 Tak. Aku yakin Yamaha jago mendesain bodi motor sport, andai TZM Evo nongol pasti lebih keren dri Aprilia 125 n Derby 125.. Yaaahh ini sih cm mimpi di siang bolong…. Buatku udah nancep imej Yamaha ya 2 Tak… xixixixiixi wueeeeeeng

  18. mo kluarin spek yg ada rdb aja sedikit demi sedikit.
    klo begitu cari untungnya banyak banget dunk 🙁
    misal aja gini
    byson pertama kali kluar tanpa rdb n tanpa stiker harga misal 16juta
    lalu setahun kemudian pasang stiker naik 300rb (misal)
    lalu setahun kemudian baru pasang rdb tambah lg 500rb (misal)
    klo diitung2 lama n mahal bgt cm nunggu spek rdb terpasang
    aduhh
    jd produsen mbok ya ojo pelit ta..
    sekali2 kasi kejutan utk fans setianya biar tdk berpaling ke lain hati

    http://www.dk8000.co.nr

  19. mas…mo revisi nih?kl r15 tuh ga pake embel” yzf kan?setau saya hanya yzf r 125..karena dari arga sj beda?bukan hanya harga,prestisiusnya jg berbeda…makanya kl sm org eropa diblh the best bike in europe….

    oya mas iwb,tlg tampilkan artikel ttg ozon di bumi kita ini dong?khususnya indonesia?percuma banyak motor baru,bbm naik,ozon berkurang,oksigen habis…..

  20. Yamaha ndablege pol..
    mungkin dikira kita ini bodoh2 kali ya?
    mungkin pikiran yamaha, dikasih vixion yg culun aja laris ngapain harus pake R15?

  21. bajaj emng prnh spek-down mesin pulsar cbu ny?
    (pertanyaan oot utk komen b*d0h tnpa fakta)

    klo dr sono mesin ny pas ksini spek-down trs protes:”knp spekdown?”, tar paling dijawab ma principal atpm sini:”lah! mw mesin kenceng tpi mw ny pake premium ya ga nyambung wi… wi… (otakmu bukan dikepala tpi di p4n-tat)
    bgitu ad mesin knceng malah protes hoax (tnpa bukti), ga blh premium lah, bbm min oktan berapa lah,bla…bla…bla…
    bc mu ga mutu! cmiiw
    ??p200ns??

  22. si eko prabowo takut masukin R15 v 2.0,karna kalo target penjualan gak nyampe langsung turun pangkat jadi OFFICE BOY..wk..wkk.wk..resikonya kelewat besar jadi cari selamat aja.

  23. memang kudu pelan2 kalee, kalo langsung dikeluarin jurus pamungkas nanti gak berdaya lagi dong pas datang serdadu baru. pinter juga tuh sipelit mr.eko patrio.. hehehe

    btw, ane tetep menantikan R15 atau pulsar200f, taun depan paling cepat, sekarang mah cukup mimpi aja dolo, sambil menikmati kebo bule.. hehehe

  24. Yang jelas orang atpm adalah orang yang logis dan punya data akurat tentang penjualan. Sementara para komentator yang ingin r15 adalah orang yang emosional. Jadinya ya tidak klop. Nanti begitu r15 dimasukkan harga lebih tinggi dari cbr150, emosi lagi, operpret katanya. Cape deh.

  25. Semoga YIMM SEGERA di AMBANG KEBANGKRUTAN,
    sehingga YIMM segera mendatangkan NEW YZF R15 V2.0 Ke INDONESIA.

  26. penjualan yamaha didaerahq emg lg drop..salesx yg blg dw..dia maksain jualan mtr yb itu2 z..lgan istilahx YIMM khususx R&D x ky gak pnh tw prinsip dasar mtr…sbg contohx.. MX yg 135cc n power kecil dikasih RDB tp vixi n Byson malah drum..kan aneh..sm z anak SD sekolah dibawain motor tp kakax yg SMA naik sepeda…gak usah ngarepin R15 msh jauh…mkx jgn bli vixi biar YIMM datengin R15…kl kt Eko vixi srh ksh fairing biar sm m R15, tuh kn jawabanx org yg pgn bodohin konsumen..slm vixi msh laku ngap jual R15…mkx deh buruan bli CBR / ninja z…lgan ap istimewax R15..kl R125 baru keren

  27. jangan sampe yimm menelan liurnya sendiri.. mrk pasti sadar R15 bnyk yg menanti, hanya mau dirilis klo vixion benar2 gak laku..

  28. “Suatu menu tidak surprise jika disodorkan semua. Harus sedikit demi sedikit supaya terasa istimewa. Artinya?.arah menuju kesana pasti ada, tergantung situasi dan kebutuhan. Yamaha akan membuat produk sesuai demand pasar?.apa yang diinginkan konsumen akan ditampung dan dihadirkan pada revisi produk berikutnya.”

    ======================================================
    Pernyataan ini bisa berarti dua:
    Pertama, Yamaha memang lagi nunggu momen yg tepat untuk menunjukkan taringnya,sambil ngeraba segmen mana yg bakal diperkuat habis2an dan setelah itu lsg ngejejelin konsumen dengan motor2 yg memang sesuai kebutuhan or….
    Kedua, Yimm memang ud abis peluru dan nggak bisa ngeladenin si Market Leader yang semakin merajalela dgn gap MS yg makin jauh

    Jawabannya mkn bisa terlihat dalam beberapa bulan kedepan

  29. kalo R 15 msuk sini, gue daftar touring jarak jauhnya, bang IWB panasin terus ya dan jagan lupa usul supaya diadakan touring jarak jauh lagi pake R 15 dan rute dari atau ke jogja, soalnya beliau janji ntuk berikutnya mo undang blogger jogja. h.h.h…

Comments are closed.