iklan iwb
iklan iwb

Bro dan sis sekalian…sebuah tindakan mulia sekali lagi dilakukan oleh perusahaan grup Astra. Tidak tanggung-tanggung, mereka rela merogoh kocek tidak sedikit guna membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) berkapasitas 6400 watt untuk masyarakat adat Banten Kidul kasepuhan Ciptagelar di Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) Sukamulya, Sukabumi, Jawa Barat…..

Menurut info yang IWB terima dalam press release, sekitar 63  rumah di kampung Sukamulya, Sukabumi, Jawa Barat akan menikmati aliran listrik yang dibangun AHM bekerja sama dengan Yayasan Institut Bisnis Ekonomi Kerakyatan (IBEKA) ini. Peresmian fasilitas PLTMH ini berlangsung pada Sabtu, 25 Februari di  Kampung Sukamulya, Desa Sirna Resmi, Kabupaten Sukabumi. Hadir dalam acara ini antara lain jajaran manajemen AHM yang diwakili oleh General Affair Division Head AHM I Putu Astawa U, pengurus Yayasan IBEKA dan juga Kepala Adat Kasepuhan Ciptagelar Abah Ugi. Proses pembangunan PLTMH ini membutuhkan waktu sekitar 3 bulan sejak peletakan batu pertama proyek ini pada bulan Desember 2011….

Head of Corporate Communication AHM Kristanto menyatakan melalui pembangunan PLTMH ini, perusahaan berharap dapat mendorong masyarakat di sekitar lokasi pembangkit listrik agar dapat melakukan aktivitas produktif guna meningkatkan kesejahteraan ekonominya. Secara teknis, pembangunan PLTMH dilakukan dengan memanfaatkan aliran sungai Cibarengkok…..AHM membangun saluran air 420 meter dan pipa pesat sepanjang 87 meter yang bermuara pada sebuah rumah turbin. Di lokasi ini, ditempatkan sebuah generator yang nantinya akan menghasilkan listrik dan akan disalurkan ke rumah-rumah penduduk….

iklan iwb
iklan iwb

Pembangunan PLTMH di Cisolok Sukabumi merupakan proyek percontohan bagi program CSR AHM di bidang pemberdayaan masyarakat. Dengan didampingi AHM dan Yayasan IBEKA, secara partisipatif masyarakat adat Kasepuhan Ciptagelar akan terlibat dalam pemeliharaan fasilitas PLTMH ini. AHM juga mendidik dan mendampingi wakil masyarakat sebagai pemelihara dan operator PLTMH, sehingga fasilitas ini dapat dijalankan secara mandiri……

Di sisi lain pembangunan PLTMH ini diharapkan dapat meningkatkan kepedulian tentang perlunya pemeliharaan hutan sebagai area tangkapan air, karena air merupakan sumber PLTMH yang selalu harus terjaga ketersediaan dan debitnya. Dengan demikian, diharapkan secara kolektif masyarakat akan menjaga kelestarian hutan. Yup…sebuah tindakan yang patut kita dukung 100%….kalau perlu 1000%. Bisa mzbro dan sis bayangkan jika seluruh pabrikan besar tanah air melakukan langkah serupa, bakal banyak masyarakat terbantu. So well done AHM!!….(iwb/press release edited)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

36 COMMENTS

  1. Mantab AHM, Tapi saya Malah Merasa Miris Kang Bukan Karena AHM/Honda yang menyeponsori tapi kepada Pemda Sukabuminya yang saya tau Lho saat ini disukabumi Itu ada Dua Raksasa Pembangkit listrik suplai jawa-bali yang Pertama PLTU Pelabuhan ratu Sukabumi yang kedua Chevron Geothermal Salak Sukabumi ini adalah Geothermal Terbesar se Indonesia dan kalau Nggak salah Pembangkit listrik Yang dibikin AHM itu deket dengan Geothermalnya Chevron yanga saya tau, kok aneh malah ada daerah yang belum disuplai listrik Yo padahal daerah ini penghasil listrik terbesar Juga

  2. Sekalian mbangun/mbaiki jalan, kan jalan diindonesia kan banyak yg jelek, nah kalo lg dijalan motor apa sih yg paling byk = HONDA!! Nah coba dong Ahm lain waktu mikir juga kesitu (ngarepmelasitenan.com)

  3. Astra Group itu cari duit tapi ga lupa dengan masyarakat dan lingkungan di sekitarnya. tindakan di atas trmasuk salah satu bentuk dari sekian banyak aksi kepedulian sosial AHM(group astra lainnya) untuk lebih bermasyarakat….

  4. saya lebih suka kalau pemerintah membuat aturan kalau setiap 100ribu motor yg d jual oleh atpm maka atpm tersebut wajib memberikan 1buah bus angkutan umum sekelas trasn jakarta.

  5. syukurlah… akhirnya ada juga menu warung minggu ini untuk menghibur fbh yang lagi GALO….

    *mencoba membuat fbh semangat lagi….

  6. Halaaah..mending YIMM yg sukses bodohin masyarakat, gak pake aling2 sampe kayawannya jg dibodohin pake alesan profit gk bgs, sampe pesangon ane jg kena potongan buat subsidi kepemilikan mobil Top managernya.
    Bye..bye…Yamaha,ane pindah kelain hati, mio jadul, jupie elek, scorpi amblas udah ane lego, terimakasih…loyalitas gue selama 11 tahun cuma dibalas kata-kata menyakitkan “maaf profit lg turun” padahal semua produk yamaha bener2 overprice.
    Ternyata…astra dg nilai2 nasionalisme-nya lebih manusiawi dg karyawan&konsumennya, gk kaya YIMM yg bener2 antek2 imperialis
    Buat fby sales2 lo gk akan ngerasain langsung seperti temen2 gw yg di manufakturing.

  7. 32. Odang – Februari 28, 2012

    Halaaah..mending YIMM yg sukses bodohin masyarakat, gak pake aling2 sampe kayawannya jg dibodohin pake alesan profit gk bgs, sampe pesangon ane jg kena potongan buat subsidi kepemilikan mobil Top managernya.
    Bye..bye…Yamaha,ane pindah kelain hati, mio jadul, jupie elek, scorpi amblas udah ane lego, terimakasih…loyalitas gue selama 11 tahun cuma dibalas kata-kata menyakitkan “maaf profit lg turun” padahal semua produk yamaha bener2 overprice.
    Ternyata…astra dg nilai2 nasionalisme-nya lebih manusiawi dg karyawan&konsumennya, gk kaya YIMM yg bener2 antek2 imperialis
    Buat fby sales2 lo gk akan ngerasain langsung seperti temen2 gw yg di manufakturing.

    ======================================================

    BARU NGULI NUNGGUIN MOTOR, SOMBONG AMAT.
    AWAS TROTOAR PENUH TUH, TINGGALIN MATIC BOEROS, BENSIN BENTAR LAGI MAU NAIK HARGA
    SALAM *1*:*7*3*

  8. Yang kayak gini patut diikutin oleh ATPM lain…bukan cuma cari untung, tapi juga harus membantu membantu masyarakat….secara perusahaan yg masih satu grup dgn AHM yaitu Astra International telah mencetak rekor laba bersih sebesar 17,8T(bisnis.vivanews.com/news/read/291719-laba-bersih-astra-tertinggi-sepanjang-sejarah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here