iklan iwb

Puas sudah mengeskplorasi Yamaha Mio-J Ymjet FI. Setelah hampir? 4 jam lamanya nongkrong diatas jok simatic….merasakan handling, performa engine, braking , dan suspensi …dari Purwokerto ke Bandung berikut impresi? yang IWB rasakan….

Starter…..untuk versi Mio-J, setelah kunci ON….akan terjadi engine checking. Indikator berkedip (terdapat dikonsol speedo) kemudian mati menandakan bahwa motor sudah siap digunakan. Tapi jika terus menyala….berarti ada masalah dengan kelistrikan. Step kedua…kita wajib tarik tuas rem (dengan tujuan safety) baru tombol start dipencet. Dinamo starter dan suara mesin cukup halus… identik dengan Mio Sporty. Tapi….IWB merasakan gen diasil silinder serta forged piston lebih baik dalam hal vibrasi….

Bisa jadi hal ini akibat pengaplikasian roller rocker arm pada new engine serta adaptor stang. Kemudian…IWB coba merasakan respon engine ketika gas dibuka secara dadakan. Karakter ternyata tidak jauh berbeda dengan Mio-Sporty. Tarikan awal smooth tidak mengagetkan. Mungkin inilah karakter matic Yamaha. Namun bedanya….jika versi Mio lawas butuh putaran lebih tinggi untuk mendapatkan accelerasi yang diinginkan, Mio-J tidak!!. Hanya sepersekian detik sebelum simatic ngibrit mengajak lari lebih kencang…..

iklan iwb

Perbedaan lain adalah power dari bawah hingga pertengahan. ?Mio-J gampang untuk menggapai kecepatan 80km/jam. Revolusi total yang akan membantu keiritan komsumsi BBM. Kenapa?? Sebab kita tidak perlu open throttle terlalu dalam guna meraih tenaga yang diinginkan. Secara feeling….power Ymjet FI terasa sempurna pada rentang speed 40km/jam-90km/jam. Tapi dengusan engine padat berisi ketika motor berlari pada kecepatan 60km/jam ? 80km/jam…90km/jam masih cukup bagus, mulai melemah ketika jarum speedo mulai menanjak ke95km/jam. Terus piro kecepatan puncak siMio-J??….

Awalnya IWB cukup gelisah akibat sweeper depan yang? melaju konstan pada kecepatan 70-80kmjam. ?Bukannya apa mzbro…sebab IWB ingin tahu top speed simatic. Akhirnya secara kompak….seluruh rombongan barisan kelima memperlebar gap dengan grup depan. Jarak terpaut sekitar 800m…ancang-ancang nunduk didepan speedo, merapatkan badan…puntir gas pol…dari 90,95,100,….terus ngelirik speedo….naik 102,105,107….110..110…tetap 110 susah naik dan….braking akibat telah nempel dengan grup depan. Hhhmmm…not bad….untuk ukuran matic? seirit Mio-J! Btw gimana dengan handling??…

Sangat identik dengan Mio Sporty! Mulai dari ability cornering, kelincahan, braking hingga high speed terkontrol ?dengan baik. Bahkan diperbukitan yang melengkung 90derajat IWB bersama rekan jurnalis dari Motorave, Ototrend serta lainnya melakukan cornering pada kecepatan 95km/jam…..siskutik mampu meladeni secara sempurna. Juozzz tenan….nurut tanpa ada gejala ngebuang atau goyang. Rem depan menggunakan cakram ?kaliper single piston…..bekerja sempurna walau digunakan untuk panic brake sekalipun….

Namun tidak ada gading yang tak retak. Kerasnya karakter suspensi Yamaha sedikit mengorbankan kenyamanan ketika sikuda besi diajak menerjang aspal bergelombang atau jalanan rusak. Mungkin itulah konsekuensi yang kudu dibayar untuk mengejar handing mumpuni. ?Selain itu….bagi IWB yang biasa nunggang Byson, ergonomi riding matic luar biasa menyiksa kala jarak tempuh sudah diatas 150km. Boyok pedot mzbro!! Berkali-kali IWB harus merenggangkan punggung serta geser bokong. Yah….maklum sih. Sebab motor dari sononya didesain sebagai komuter bike….bukanlah touring bike yang nyaman untuk bepergian jarak jauh….

Briefing...pak Eko Prabowo YIMM paling kiri (kupluk hitam)

Last….dari karakter handling, Mio-J nyaris sama dengan Mio Sporty…enteng dan lincah. Perbedaan adalah accelerasi performa yang lebih nampol serta BBM yang jauh lebih irit. Begitu pula technologi….siMagic sudah jauh? melompat. Tercatat Advance low technologi, diasil silinder & forged piston, small & brushless fuel pump, dan YMJet-FI. Yang patut digaris bawahi adalah kekuatan pelk. Kita berkali-kali menghantam lubang menganga sampai terseok-seok tapi tidak ada gejala peang. Btw….sampai ada bro kita jurnalis Pos Kota yang sempat mental akibat motor menabrak coakan lebar tengah aspal. Untung doi hanya luka lecet. Simatic diperiksa….ternyata kondisi baik-baik saja. Akhirnya siskutik dioper keBro Jayadi dari Gila Motor guna melanjutkan turing. Apakah pelk sudah dibenahi kualitasnya?? bisa jadi…..

"We required 2 years to develop Mio-J's engine..." Mr Sato (YIMM)

Dari segala fakta diatas, IWB bisa katakan bahwa Honda sebagai kompetitor terdekat kini mendapatkan tantangan serius dari Yamaha. Segala revisi yang dilakukan membuat matic Mio sudah berubah total. Irit tapi performa malah membaik. Seperti yang diungkapkan Mr. Sato YIMM…mereka butuh waktu 2 tahun untuk mencangkokkan teknologi moge Yamaha kedalam skutik bercc kecil macam Mio-J. ” More easy to develop Yamaha M1 (Motogp) than Mio-J. M1, 1 year enough….but Mio-J required over than 2 years. The challenge is how we can create the engine more compact by adopting big cc bike technology .” seru orang Jepang nomer dua diYIMM pada saat press conference. Hhhmmm…keren juga ya bro. Jujur…..dari segala yang ditunjukkan, Mio-J memang worthed to buy. Irit namun kencang. Ada pertanyaan mzbro dan sis?? ..(iwb)

149 COMMENTS

  1. jangan2 YMH selama ini juga intip teknologi iritnya si H ..si deddy mizwar bakalan g kepakai lagi…nih..ilmu saling intip..

  2. @ akuiki

    jangan2 YMH selama ini juga intip teknologi iritnya si H ..si deddy mizwar bakalan g kepakai lagi?nih..ilmu saling intip..
    ====================================

    haha….
    teknologi iritnya H kan ngibul….

  3. siapa tau temen2 ada yg lagi nyari mobil seken:

    JUAL HONDA CITY IDSI AT 2003/2004.Pajak baru Des 2012 Irit BBM. Spesifikasi: Warna Hitam Istimewa, 7Spd Triptonic, Ors Cat, TV-DVD , Hrg Nego Alamat : Jl.Asem No.4 Meruya Selatan Jakarta Barat 11650 Foto dapat dilihat pada blog:
    martuasilaban.wordpress.com/

    Hubungi: 3393 3391/ 0812 8287 8867 / 021-94061686

  4. tmcblog.com/2012/02/28/jawaban-kuiz-mio-j-berhadiah-helm-x-lite-lorenzo-replica/#comment-336735

    110kmh on speedo vs 94kmh on GPS?

  5. honda tuh dr dulu kebakaran jenggot. sampe banyakin jenisnya, biar dikata raja di Indonesia dan paling banyak jualannya. gila ga? hanya gara2 ketinggalan dr Yamaha. Yamaha memang benar-benar sebuah motor. uenak dilihatnya, sedap kalo lihat Yamaha. honda? motor2nya kaku2, wagu n ga enak dilihat. tukang ngikutin lg.

  6. Impressi nunggang Mio-J?top speed tembus 110km/jam!!?. Februari 27, 2012
    Posted by iwanbanaran in Yamaha.
    trackback

    Yang patut digaris bawahi adalah kekuatan pelk. Kita berkali-kali menghantam lubang menganga sampai terseok-seok tapi tidak ada gejala peang. Btw?.sampai ada bro kita jurnalis Pos Kota yang sempat mental akibat motor menabrak coakan lebar tengah aspal.
    Untung doi hanya luka lecet. Simatic diperiksa?.ternyata kondisi baik-baik saja.

    _____________________________________________

    Pabrikan sayap buntung dari goa hantu berani ngga test kaya begini….?
    dibetot geber gas lari sekencang2nya sampai berulang2 ngehajar lubang berkali dikecepatan tinggi….
    kondisi real naik turun tanjakan turunan bermanuver ekstreem….

    ^
    sayap buntung test ride aja spedoometer dimatiin, test irit BBM jalannya kaya siput….

    Wahai FBH jawab pertanyaan gua, berani ngga Honda kaya begini?

  7. Iklan BC ala Honda, :

    mariodevan.files.wordpress.com/2011/10/296448_2291191852701_1636144099_2243592_1816631564_n.jpg

    matic honda irit ya, kok kalah jauh lebih irit yamaha mio j dan suzuki nex?

  8. dimedia manapun yang mengulas mio-J pasti ada tuyul alay gentayangan yang kerjaanya BC. bener-bener terorganisir.

  9. Thanks to RD yg desain jog Mio J, Sekarang gw gak perlu lg pegangin perut si kecil 2th tuk riding. Dgn design jog barunya Sikecil cukup aman dan nyaman pegangan pole spion tanpa perlu gw pegangin.

    @78. Idem, tadinya gw pengin beli Kwk Athlette model keren kualitas material (mesin & body) OK , tapi giliran pertimbangan fungsionalitas dan kenyamanan buat si kecil Mio J jd pilihan.

    Pembeli adalah Raja, Bebas memilih, bebas bicara, Bebas menentukan, Jangan mau didekte dengan “Brand Minded” pabrikan. Kalo gak menguntungkan tinggalkan…..

  10. duh jadi tambah galau mendink mio j apa nex ya
    tolonk donk kasih penjelasn biar ga kelosok ke jurang ????

  11. Wah, peserta turingnya oon semua ya. Sampe wartawan poskota jatoh ngehantam lubang.

    ga bisa bawa motor po? Mas iwb juga sampe nglubang 3 x.

    alesannya ntar gni “bukan ane ga profesional, tp ane ngetes ni motor”

    padahal sekalian tabrakin ke truk. Hancur ga tu motor. Wkwkwkwk

  12. komentar agus bejo mirip dengan orang2 yang “termakan” merk… anda anti yamaha? menilai ntuh berdasarkan kualitas produk bukan berdasarkan merk dagang!

  13. tetep aja teknologi mesin honda lebih baik
    buktinya ajang motogp pabrikan honda trdepan
    kemiringan 90 drajat? kok gak jatuh? (logika)
    motor ngantem lobang lgsung jatuh? gak stabil

  14. udah ngetes sendiri mio j
    1. top speed 100 km/h (premium) maklum cc cuma 113
    2.konsumsi bbm 1ltr=60 kpl(gas pooll)
    3.handlng lumayan
    4. klo buat jauh emng bener sih linu tangan
    5.cornering mantap …ga geal geol
    6. brake pakem…walaupun diameter disc depan lbih kecil dari
    mio sporty n baut cakram nya cuma 3( btw ga bisa ya tambahin
    1 baut lagi… susah nih cari cakram variasi nya)
    7. velg blakang koq agak sdikit aneh ya…kayak ketahan gitu
    8. jok nyaman
    9. bagasi … helm ga bisa masuk sih…tapi botol pocari 2 liter + kotak
    eskrim bsa masuk….lmayan lah
    10.klo untuk kelas matic 115 cc….9 dari 10 deh

    @agus bejo….jelas lah …cc nya beda mas bro…. ga bis ngitung
    cc motor ya…. wkwkkw…ga ngerti motor aja komen…. payah ni…
    wkwkkwkw

    @komen 123
    90% tuh tegak lurus… bukan miring…. wkkwkwkw

  15. bodo-bodo mayare. liat brosur! cc 108 aj power 8,22 PS… lhah yg 113cc power hanya 7,6 PS
    Apik tko ndi…….? padahal cc kecil.

  16. Hmm.. saya udah ambil mio J yg teen biru putih. Memang sesuai dengan yg dideskripsikan disini. Pas! Shocknya Mio J emang agak keras tapi dibanding Mio lama masih empuk Mio J. Jujur, saya sangat suka handlingnya dan tarikan awal.

    Sempet ragu2 ambil ni motor karena saya suka jjs pake motor buat ke pantai, keliling kota, dll (saya cuma liat di gambar dan motornya keliatan kecil) tapi setelah test drive joknya ternyata lumayan panjang bisa untuk istri + si kecil.

    Untuk konsumsi BBM saya ngga terlalu peduli (yg jelas jgn sampe lebih boros dr mobil saya aja hehe) , pas baru dateng saya langsung isi BBM full – sekarang speedo menunjukkan 130 km dan jarum bahan bakar di ada tengah2 (setengah tangki).. silahkan dihitung sendiri konsumsinya.. Pemakaian ala “sekarepe dewe” ga pake eco2an segala..

  17. Yamaha ama honda sama2 bagus,,yamaha ska modelna keren2, body lmyn kokoh cuman suspensi rada keras,,kalo honda terkenal irit suspensi empuk tp body plastikna ska brisik,,

  18. Pernah liat matik Honda velgnya bengkong? Kalo mio sering banget liat velegnya geal-geol g karuan.
    Q pemilik Honda beat ud q pake touring JOGJA-LAMPUNG 2X, jogja-lampung cm ngabisin bensin 70rb doang (fakta), bisa dibayangkan jalanan lintas Sumatra kaya apa parahnya, ratusan kali kena lobang yang lebar dan dalamnya bisa ngubur orang yang mulutnya ngebacot njelekin Honda.
    (Fakta lagi) 6hari yang lalu ada yang sok-sokan pake mio j dikiranya uda paling kenceng sendiri, q ajakin adu kenceng dr lampu merah, si mio j ketinggalan g berdaya, keliatan bgt dr sepion yg punya mio j g trima smp kepalanya nunduk-nunduk tp tetep aja g berdaya nyalip Honda beat gua mlah makin jauh, makin cinta sama Honda Beat
    (ini realistis q bicara tanpa ada yg ngasi duit, kalo g percaya q pemilik Honda beat dg plat nomor AB5335BL)

  19. mio j emang mantep , tapi ane udh terlanjur sayang ma mio smile ane 😀
    coba aja Yamah ngeluarin mio smile tapi jeroan mio j , cuma CC jadi 150 cc biar gahar 😀
    hahahaha

  20. mio j memang mntep irit’a…
    kbtulan ane kmrn bli 2 mtor lngsung mio j ama beat 2012,dteng dr dealer’a z beda sehari…
    prtma gwe pke geber tuh mio j anter kk ngampus trus d lnjut k kmpus ane,abis dri kmpus ane blik k rmh (klo d jmlhin prjlanan td 3 jam-an) ane cmn abis 5000 doang (hrga bensin 4500).
    bsok’a ane pke tuh c beat, d geber lg ngnter kk ngampus trus balik k rmh ane abis 5000 jg tuh bensin…
    pdhl tuh y,dri jrak kmpus kk k kmpus aneh tuh jauh’a sama kya dri kmpus kk blik k rmh mna nanjak lg jalan’a…
    abis ntu kk ane ngamuk mnta tukeran mtor ama mio j ane…
    hahaaaaa

  21. dadi bingung aq,,, antara matik apa bebek MX,, hiks,, makin bengong az liat pernyataan diatas,,, klo bener” kaya gtu mending ke magij az lah alias mio je,,, wlopun gk pake kupling tp tetep ngacir,,,ckckck

  22. mio j apaan yg tembus 110kmph????????????? aku dah pake 8bulan. adanya mentok di 95-97kmph..dan itupun sulit….

  23. hehehe.. iya ane pake mio j cuma 95 -an kph, top speed masih jauh yg smile, bs 105 kph.. tp akselerasi bawah yahud, uenteeng plus uiriitt.. handling joss.. cuma velg yg masih kacau, msh gampang peyang, coz ban std emang kecil dan velg gak sekuat matic tetangga.. yah masing2 brand ada plus minus nya lah, terserah yg punya duit aja..

  24. saya punya mio j th 12 saya udah kebengkel, tiap service saya minta agar top speed nya 100 lebih dikit lah ,tapi bolak balik tune up larinya tetap aja 80km/jam gimana nih ? Saya tune up di yamaha armada pagora jaya kediri jatim

  25. Kebetulan saya fanatic yamaha,pokonya bawaaanya ngga terima kalo yamaha itu jelek,tapi Mio j saya sering bolak balik indramayu – pulo jahe depan pt (yimm) ,top speed ga pernah lebih dari 93 km/jam pas di ganti roller ktc 9gr naik jadi 95 km/jam,ganti knalpot standar racing punya kawahara ngga ngaruh,tapi teriakanya menipu adrenalin karena seolah olah power enak kompresi padet,tapi bagian cvt malah kalah,ada yang selip,entah dari part mana,karena semua part yang ada di dalam cvt udah saya ganti,kecuali kampas otomatis di secondary,velg belakang peyang setelah perjalanan pulang dari jkt – indramayu(mungkin karena boncengan), kalo abis kena macet tarik tarikan sama beat fi ketinggalan jauh,tapi kalo mau masuk kemacetan pantura gue menang selap selipnya yahuuut tapi ngeri nabrak asongan sih,mio j itu enaknya bawa muatan berat ,dashboard depan di isi karung beras 25kg,jok belakang bonceng ibu,baru empukkk

  26. aku pake mio j tapi peleknya terkena lubang masih aja bengkok,tapi kenapa kecepatanya tidak bisa yampe 100rpm,permasalahanya apa ya…

  27. saya punya mio j th 12, top speed nya cuma 80km/jam, tiap servis ke bengkel resmi di armada pagora jaya kediri jatim, saya minta tuk maximalkan top speed tapi gak pernah bisa ,tetap 80km /jam. Dimana bengkel resmi di kediri jatim yg bisa maximalkan top speed sampe 110km/jam

  28. ulasan nya agak lebay nih…faktanya di lapangan mio j series top speed cuma 85km/jam itu pun harus trek minim 1km, dan lemot buat nyalip mobil pelan aja jeda tenaga nya lama, dan lumayan boros..apa lagi dalam kota rata2 cuma 1:37km,dan satu lagi velg gampang bgt peang..gak percaya banyak contoh nya mio j series di jalan velg belakang nya geol2,punya temen ane lebih parah lagi kena lobang velg blesek kayak bahan seng… pengalaman pribadi.

  29. Mas Bro tanya donk, ane punya mio J 2013.. ada keluhan sekitar CTV yaitu pada tarikan awal selalu bunyi glok glok diCTV begtu juga klo pas lwati jln berlubang pasti bunyi glok2 seperti ada komponen diCTV saling bergesek/beradu. Jd suara2 aneh itu muncul pada gas awal dan jln berlubang

Comments are closed.