iklan iwb

Puas sudah mengeskplorasi Yamaha Mio-J Ymjet FI. Setelah hampir? 4 jam lamanya nongkrong diatas jok simatic….merasakan handling, performa engine, braking , dan suspensi …dari Purwokerto ke Bandung berikut impresi? yang IWB rasakan….

Starter…..untuk versi Mio-J, setelah kunci ON….akan terjadi engine checking. Indikator berkedip (terdapat dikonsol speedo) kemudian mati menandakan bahwa motor sudah siap digunakan. Tapi jika terus menyala….berarti ada masalah dengan kelistrikan. Step kedua…kita wajib tarik tuas rem (dengan tujuan safety) baru tombol start dipencet. Dinamo starter dan suara mesin cukup halus… identik dengan Mio Sporty. Tapi….IWB merasakan gen diasil silinder serta forged piston lebih baik dalam hal vibrasi….

Bisa jadi hal ini akibat pengaplikasian roller rocker arm pada new engine serta adaptor stang. Kemudian…IWB coba merasakan respon engine ketika gas dibuka secara dadakan. Karakter ternyata tidak jauh berbeda dengan Mio-Sporty. Tarikan awal smooth tidak mengagetkan. Mungkin inilah karakter matic Yamaha. Namun bedanya….jika versi Mio lawas butuh putaran lebih tinggi untuk mendapatkan accelerasi yang diinginkan, Mio-J tidak!!. Hanya sepersekian detik sebelum simatic ngibrit mengajak lari lebih kencang…..

iklan iwb

Perbedaan lain adalah power dari bawah hingga pertengahan. ?Mio-J gampang untuk menggapai kecepatan 80km/jam. Revolusi total yang akan membantu keiritan komsumsi BBM. Kenapa?? Sebab kita tidak perlu open throttle terlalu dalam guna meraih tenaga yang diinginkan. Secara feeling….power Ymjet FI terasa sempurna pada rentang speed 40km/jam-90km/jam. Tapi dengusan engine padat berisi ketika motor berlari pada kecepatan 60km/jam ? 80km/jam…90km/jam masih cukup bagus, mulai melemah ketika jarum speedo mulai menanjak ke95km/jam. Terus piro kecepatan puncak siMio-J??….

Awalnya IWB cukup gelisah akibat sweeper depan yang? melaju konstan pada kecepatan 70-80kmjam. ?Bukannya apa mzbro…sebab IWB ingin tahu top speed simatic. Akhirnya secara kompak….seluruh rombongan barisan kelima memperlebar gap dengan grup depan. Jarak terpaut sekitar 800m…ancang-ancang nunduk didepan speedo, merapatkan badan…puntir gas pol…dari 90,95,100,….terus ngelirik speedo….naik 102,105,107….110..110…tetap 110 susah naik dan….braking akibat telah nempel dengan grup depan. Hhhmmm…not bad….untuk ukuran matic? seirit Mio-J! Btw gimana dengan handling??…

Sangat identik dengan Mio Sporty! Mulai dari ability cornering, kelincahan, braking hingga high speed terkontrol ?dengan baik. Bahkan diperbukitan yang melengkung 90derajat IWB bersama rekan jurnalis dari Motorave, Ototrend serta lainnya melakukan cornering pada kecepatan 95km/jam…..siskutik mampu meladeni secara sempurna. Juozzz tenan….nurut tanpa ada gejala ngebuang atau goyang. Rem depan menggunakan cakram ?kaliper single piston…..bekerja sempurna walau digunakan untuk panic brake sekalipun….

Namun tidak ada gading yang tak retak. Kerasnya karakter suspensi Yamaha sedikit mengorbankan kenyamanan ketika sikuda besi diajak menerjang aspal bergelombang atau jalanan rusak. Mungkin itulah konsekuensi yang kudu dibayar untuk mengejar handing mumpuni. ?Selain itu….bagi IWB yang biasa nunggang Byson, ergonomi riding matic luar biasa menyiksa kala jarak tempuh sudah diatas 150km. Boyok pedot mzbro!! Berkali-kali IWB harus merenggangkan punggung serta geser bokong. Yah….maklum sih. Sebab motor dari sononya didesain sebagai komuter bike….bukanlah touring bike yang nyaman untuk bepergian jarak jauh….

Briefing...pak Eko Prabowo YIMM paling kiri (kupluk hitam)

Last….dari karakter handling, Mio-J nyaris sama dengan Mio Sporty…enteng dan lincah. Perbedaan adalah accelerasi performa yang lebih nampol serta BBM yang jauh lebih irit. Begitu pula technologi….siMagic sudah jauh? melompat. Tercatat Advance low technologi, diasil silinder & forged piston, small & brushless fuel pump, dan YMJet-FI. Yang patut digaris bawahi adalah kekuatan pelk. Kita berkali-kali menghantam lubang menganga sampai terseok-seok tapi tidak ada gejala peang. Btw….sampai ada bro kita jurnalis Pos Kota yang sempat mental akibat motor menabrak coakan lebar tengah aspal. Untung doi hanya luka lecet. Simatic diperiksa….ternyata kondisi baik-baik saja. Akhirnya siskutik dioper keBro Jayadi dari Gila Motor guna melanjutkan turing. Apakah pelk sudah dibenahi kualitasnya?? bisa jadi…..

"We required 2 years to develop Mio-J's engine..." Mr Sato (YIMM)

Dari segala fakta diatas, IWB bisa katakan bahwa Honda sebagai kompetitor terdekat kini mendapatkan tantangan serius dari Yamaha. Segala revisi yang dilakukan membuat matic Mio sudah berubah total. Irit tapi performa malah membaik. Seperti yang diungkapkan Mr. Sato YIMM…mereka butuh waktu 2 tahun untuk mencangkokkan teknologi moge Yamaha kedalam skutik bercc kecil macam Mio-J. ” More easy to develop Yamaha M1 (Motogp) than Mio-J. M1, 1 year enough….but Mio-J required over than 2 years. The challenge is how we can create the engine more compact by adopting big cc bike technology .” seru orang Jepang nomer dua diYIMM pada saat press conference. Hhhmmm…keren juga ya bro. Jujur…..dari segala yang ditunjukkan, Mio-J memang worthed to buy. Irit namun kencang. Ada pertanyaan mzbro dan sis?? ..(iwb)

149 COMMENTS

  1. @ 2. bushido
    Maksudnya kala sudah menginjak 150km/jam….segala siksaan baru terasa mzbro. Kalau jarak turing sekitar 260km

  2. Mio-J semakin kencang semakin irit.. its mejik.. mantap reviewnya mas iwan detail sekali.. ternyata butuh 2 tahun untuk mengembangkan Mio-J ini pantas hasilnya nyaris sempurna mantap 😀

  3. mas iwan, nih dia tampilan New Honda 150cc teralis :komunitashondamegaprokebumen.wordpress.com/2012/02/27/prediksi-blog-mengenai-tampilan-new-honda-150cc/

  4. oo, maksudnya jarak 150km toh? lha itu mas iwan nulise 150km/jam, setauku kalo pake 150km/jam itu buat ukuran kecepatan je mas, hehehe

  5. Segera dipatenkan tuh mesin beserta Ymjet Fi nya..kalau tidak segera dipatenkan, pasti akan segera di copy paste oleh pabrikan lain, kemudian ditempelin merk lain..
    I Warn You..YIMM

  6. Lagi membanding2kan antara mio-j, nex, ama spacy… Mana yg lebih pas buat harian dan sesuai kebutuhan… Kalo mo kencang ya pakek si merah n250r aja… Hihihi…

  7. dah lah kang iwan,,,,, FBH jangan di perkosa lagi,,,,,
    kasian tuh,,,,, dah beberapa minggu ini nggak ada menu warung buat menghibur hati FBH yang lage GALO,,,,,,,,, :mrgreen:

  8. merancang yzr m1 moto gp butuh waktu hanya 1 tahun dan
    mio j butuh waktu 2 tahun !!!! motor yang sempurna !!!

  9. ^^

    koq fbh diperkosa…??
    kirain cuma disumpal dengan teknologi serta irit yang sebenarnya, bukan canggih dan superior (ngibul-nya) seperti fbh beserta produk dagangannya….

  10. 18. keretapisombong – Februari 27, 2012

    110kpj ON SPEDO
    berapa deviasi SPEDO?

    klau via GPS atau Garmin pasti BEDA!!!
    ——————————————————————–
    UDAH PERNAH NGUKUR DEVIASI MONGTOR honpxxx??????/

  11. ternyata irit dan kencangnya mio j ini bukan cuma karena ymjet-fi- nya, tapi dari keseluruhan komponen, material, serta desain mesinnya. ymjet-fi cuma salah satu faktor-nya.

  12. entong : cep,,, ane lagi galo neh cep,,,,, 🙁
    encep : nape lagi lu tong,,,,, tumben lu bisa galo,,,, :mrgreen:
    entong : iya nih,,,,, mongtor ane yang katenye ngirit,,, kok dibilang boros,,,,,???
    encep : ooo,,, itu ye,,, dah lah tong,,, elunya juga begok,,, ngapain panatik merek,,, kalo ada yang lebih bagus ato lebih irit,,, pindah aje lah,,,,, lagian BELETHAX tetep aja dipeliara,,,,, :mrgreen:
    entong : sialan luh ncep,,,,,,, :mrgreen:

  13. entong : cep,,, ane lagi galo neh cep,,,,, 🙁
    encep : nape lagi lu tong,,,,, tumben lu bisa galo,,,, :mrgreen:
    entong : iya nih,,,,, mongtor ane yang katenye ngirit,,, kok dibilang boros,,,,,???
    encep : ooo,,, itu ye,,, dah lah tong,,, elunya juga begok,,, ngapain panatik merek,,, kalo ada yang lebih bagus ato lebih irit,,, pindah aje lah,,,,, lagian BELETHAX tetep aja dipeliara,,,,, :mrgreen:
    entong : sialan luh ncep,,,,,,, :mrgreen:
    ======================================================
    tapi kan motor ane 73kmpl cep versi iklan,versio brosur dan versi marketing 😀

  14. injeksi asli neh, bukan abal2 buktinya gak ngurangi performa tapi tetep irit :mrgreen:

    tamparan keras utk si mantan raja irit, skrg paling boros, selamat :mrgreen:

  15. Itulah sebabnya konsumen dituntut hrs lbh kritis dan teliti kalo beli sebuah produk, karena banyak jebakan dipasang di iklan dgn memasang tanda * (bintang). Sah2 aja pabrikan menulis begitu, kan emang bener iritnya segitu, tapi………. ada tapinya… itu kan hasil adu irit, bukan berdasarkan pemakaian sehari2. Mau nyalahin pabrikan juga kaga bisa atuh, tapi kitanya sebagai konsumen yg harus lbh teliti membaca brosur & spesifikasi motor.
    Makan tuh iklan dan omongan orang…!!! :mrgreen:

  16. nah ini liputannya jujur..suspensi mio memang keras,betul!kok kata mas tri suspensi mio dibilang empuk dan nyaman??semua ada kelebihan dan kekurangan.tinggal disesuaikan kebutuhan kita.ndak perlu ditutup-tutupi.lanjutkan mas iwan.

  17. 41. manteb – Februari 27, 2012

    nah ini liputannya jujur..suspensi mio memang keras,betul!kok kata mas tri suspensi mio dibilang empuk dan nyaman??semua ada kelebihan dan kekurangan.tinggal disesuaikan kebutuhan kita.ndak perlu ditutup-tutupi.lanjutkan mas iwan.

    ===========================================

    kalo kata mas tri begini sy copy dari sebelah
    (( Berbeda dibandingkan sang Kakak,? Mia Junior lebih empuuuk suspensi nya? !!! ))

    mas 3 kan cuma membandingkan yg lama sama yg baru

  18. entong : wah,,, ncep…… suspensi mongtor lu empuk nih cep,,, enak nih,,,,
    encep : ya jelas empuk suspensinya kalo lu yang nunggangin tuh mongtor,,,, lu kan kategori beruang madu versi 2.0,,,,,, :mrgreen:
    entong : sialan lu cep,,,, :mrgreen:

  19. Pelek sudah lebih baik dari sebelumnya!begitu kata teman saya,dari desain juga sudah g sama

    rs1blog.wordpress.com/2012/02/27/next-vixion-keluar-akhir-tahun/

  20. Fanboys H0h0n legowo aja.. Mari semua bersaksi. Ikuti kalimat saya:

    PERNYATAAN.
    Kami, fanboys Pabrik Tjap Sayap Patah, dengan ini menyatakan pengakuan bahwa:
    1. Matic bletttaccck tjap sayap telah mengibulin kami dgn slogan irit-cepirit nya.
    2. Matic bletttaccck tjap h0h0n adalah matic paling ngibul yg pernah ada.
    3. Matic bletttaccck harus menghentikan aksi2 pembodohan otongmotif dgn tdk koar2 irit-irit-cepiritnya.

    Demikian pernyataan dibuat. Terimakasih.

  21. pasal – pasal metik boros :

    pasal 1 : metik boros berbunyi BELETAK
    pasal 2 : jika tidak boros dan tidak bunyi beletak, lihat pasal satu

  22. Gua trnyata salahh…trnyata dari segi disain kereeen di tmbah stiker yganis2 bayangan jelek wktu spyshot berubah 70% bener nener…ymh emang sudah di depan nich. Iklan magic nya begitu mnggoda dan brtanya tanya…opo iki magic….trnyata..pengembangan mot o gp ke matic lho…. Irit kncang canggih modern lincah stabil apa lg yg kurang buat mio j.
    kaloo..si nexx sih boleh juga tp kalo pingin injexsi yg keren kncang…nbla..bla…bla…pilih mio j…cannggih benneer canggih… Udah kenaa magic moto gp.

Comments are closed.