iklan iwb

Angin malam…..sebuah kalimat yang pastinya sering kita dengar. Entah dari orang tua ataupun informasi berita dan biasanya mempunyai dampak negatif. Itulah kenapa orang tua kita sering bawel menyarankan putra putri kesayangan agar mengenakan jaket kalau bepergian jauh supaya badan terlindung sempurna. Tapi IWB yakin banyak yang luput dari perhatian mayoritas biker, bahwa ternyata ada bahaya yang lebih dahsyat dari sekedar masuk angin. Yakni bernama serangan Bells Palsy. Walah…opo to kuwi???….

Ini kisah nyata….dituturkan oleh bro Hadi (thanks mzbro), bahwa doi mempunyai keponakan perempuan yang tinggal diBogor.?Suatu siang keponakanya ?pergi ke Curug di sekitar Sentul. Seperti biasa dia main sampai puas lalu pulang ke rumah sekitar jam 18.00 sehabis hujan turun. Ponakannya tersebut memang agak bandel sebab males untuk memakai helm dengan alasan pergi dibonceng teman. Hhhmm….nggak safety riding dong. Bukan itu masalahnya mzbro. Apa yang dialami bukanlah kecelakaan atau yang berhubungan dengan accident. Terus apaan dong?? Oke, kita lanjutkan…..

Padahal sudah rahasia umum bahwa udara Bogor lumayan dingin, tapi hal itu tidak menjadi halangan buat sikeponakan untuk pergi bertelanjang muka. Sampai di rumah, dia cuci muka dan menggunakan kosmetik malam…..lalu tidur seperti biasa. Nah….pada keesokan paginya alangkah kagetnya sebab merasa pegel-pegel di sekitar muka dan perih di mata sebelah kanannya. Sambil bangun lalu ia menuju kaca rias. Disanalah dia sangat shock!!. Ternyata muka menjadi miring sebelah (kanan) seperti orang yang terkena stroke, sampai mata kanannya tidak bisa ditutup. Awalnya keluarga besar menganggap sikeponakan terserang stroke ringan. Tapi ternyata tebakan meleset!!!…

iklan iwb

Dokter menyatakan pasien menderita Bell’s Palsy….suatu penyakit yang menyerang saraf wajah hingga menyebabkan kelumpuhan pada salah satu otot sisi wajah. Dan ternyata hal itu disebabkan oleh tamparan angin dingin yang mendera secara terus menerus. Memang…..resiko tergantung kekebalan tubuh seseorang sebab sumbangsih virus juga turut andil besar. Untung setelah berobat dan terapi selama hampir 3 bulan, kini kondisinya bisa dikatakan 95% sembuh. Tenaga, waktu, biaya tersita atas serangan Bell’s Palsy. Suatu yang tidak perlu terjadi seandainya muka dilindungi dengan baik…..

Mirisnya Bell Palsy ternyata tidak pandang bulu. Sebab sang terapis menceritakan?bahwa banyak anak kecil juga terkena penyakit ini. Pangkal permasalahannya ketika riding malam hari…..orang tuanya mempunyai kebiasaan menaruh si kecil di atas tangki atau di depan sang bapak ibu. So mzbro…mencegah lebih baik dari?pada mengobati. Karena itu, pada kesempatan ini pula IWB mau mengingatkan agar jika riding dimalam hari selalu usahakan mengenakan helm full face dan jangan?sekali-kali menggunakan helm half face apalagi tidak berhelm. Kemudian kenakan masker yang rapat supaya bisa mencegah angin menyusup masuk. Keep safety dan jangan lupa bahwa kesehatan adalah nomer satu. Semoga berguna…..(iwb)

91 COMMENTS

  1. temenku juga pernah kena gara2x naik bus malem penuh berdiri dekat pintu bus… paginya kena tuh penyakit.

  2. 2 org temenku kna,1nya krna sering riding jauh malem2,satunya krna sering tidur pake kipas angin.kyknya kalau naik motor memang lebih baik pakai masker model ninja,anget…

  3. saya juga pernah kena, tapi bukan karena riding gak pake helem. faktor utama adalah kekebalan tubuh yang menurun dan virus yang menyerang saraf muka serta angin. kebanyakan begadang dan terpapar kipas juga bisa lo…..

    saya 2 minggu sembuh total dengan minum obat dan terapi akupuntur, intinya setelah gejala terdeteksi langsung berobat & jangan lupa olahraga

  4. sekedar tambahan informasi mas iwan.. biasanya juga menyerang pada supir truk/bemo dan sejenisnya yang jendelanya biasa dibuka lebar sambil nyetir kecepatan agak tinggi 🙁
    di surabaya ada kenalan pernah kena kejadia kayak gitu 🙁

  5. nambah mas iwb, dulu mbahku pesan kalo mau naik motor, minum teh hangat, atau wedang jahe mas. Atau wedang uwuh, di kebumen banyak yang bisa bikin wedang uwuh, karena isinya rempah2 yang membuat badan tetap hangat. sebaiknya jangan minum wedang kopi kalau punya gejala maag.

  6. Bisa juga kena penyakit ini biarpun gak pernah riding malam hari, terpaan AC yang berlebihan juga bisa memicu penyakit ini. Bagi yang kerja dalam ruangan ber AC, atau yang tidur dengan menyalakan AC, jangan arahkan angin AC langsung ke badan dan setel kecepatan angin dan suhunya jangan terlalu dingin.

  7. Please read this article … about Bell s Palsy … bels palsy adlh kelainan pada nervus cranialis (saraf Otak ke VII) biasanya yg mensarafi bagian wajah … jdi pokok permasalahan berada pada Saraf otak Ke VII … baik karena radang sarafnya, ato gangguan perjalanan saraf dr otak sampe ke wajah karena saraf dll … lebih lengkap bc disini emedicine.medscape.com/article/1146903-overview#a0156 ….. situs valid mslh2 kedokteran

  8. Mas… yang saya aneh di Singapore jarang sekali orang naik motor pake jaket dan sarung tangan… tapi mereka pake helm…. padahal motor di sana cc nya gede2 dan kalau lari bukan main kencengnya…. saya kadang bingung apa dia gak masuk angin?….

  9. Siang… Saya salah satu yg terkena penyakit itu..jujur saya merasa g pd.. Walau lum 100% tp q tetap berusaha dan berdoa. Doakan y moga pulih kembali.

  10. Info yg sangat bermanfaat khususnya buat saya pribadi N masyarakat pada umumnya…terima kasih

  11. wih..menyeramkan juga..
    untung saya mampir ke blog ini, jadi menambah pengetahuan..
    terimakasih banyak ya.. 🙂

  12. uraian di atas tidak salah karena itu adalah indikasi dari dokter dan para ahli.
    hal ini pernah saya alami sendiri dan penjelasan di atas sama persis dg apa yg dikatakan dokter, namun faktor tadi justru tidak saya rasakan karena saya naik mobil dan jarang ber angin2 ria. alhamdulillah kini sudah sembuh. singkat cerita, seperti yg saya alami adalah karena ketegangan bekerja dan sudah gak pernah olah raga.
    tips:
    1. selalu lakukan streching dan olah raga ringan sebelum dan sesudah beraktivitas (olah raga atau bekerja)
    2. minumlah air sebanyak mungkin (jangan khawatir sering buang air kecil)
    3. makan teratur.
    4. istirahat yg cukup saat lelah (fisik & mata)
    ini mungkin bisa dipakai pertimbangan, mudah2an bermanfa’at

  13. terima kasih atas info dan mau mengingatkan tentang bells palsy, istri saya sendiri baru saja sembuh dari penyakit ini kalau boleh saya akan share dari mulai sampai akhirnya sembuh.

    Awalnya saya dan istri naik motor dan biasanya sih istri pakai helm tapi kali ini tidak pakai helm, saya berkendara memang agak kencang kurang lebih 60-80kpj karena harus buru2 ambil barang tertinggal, singkat cerita kami berdua sudah sampai dirumah, esok harinya istri mengeluh lidahnya mati rasa waktu itu sih saya acuhkan keesokan harinya mulai deh mata sebelah kanan tertutup yang kiri terbuka setengah dan mulai deh cari2 info ternyata tau kalau terkena “Bells Palsy” coba cari2 info ternyata dikarenakan virus dan pada hari berikutnya baru istri saya pelo (kalau bicara tidak jelas). Saya yakinkan istri kalau penyakit yg dideritanya pasti bisa sembuh (supaya mentalnya tidak down) dan jujur saja saya tidak bawa ke dokter atau apapun itu baik medical checkup saya cuma yakin setiap ujian yang datang dari Tuhan selalu ada solusinya dengan berserah padaNya dan yang penting bertobat (sebab kita manusia hanya bisa berbuat dosa dan kadang lupa menyesalinya).

    pengobatan dari sisi rohani sudah dilakukan dengan cara berdoa mengakui kesalahan diri pribadi.
    dari sisi medical saya hanya berikan obat sbb:
    1. Prednison dengan dosis 1mg=1kg berat tubuh (maks 70butir), 1 butir 5mg jadi istri saya meminum 10butir sehari. (sangat penting diawal masa terserang)

    2. Antivirus Acyclovir 3butir sehari (Penting sebagai antivirus supaya tidak menyebar)

    3. Facial massage pribadi (penting setelah 1-2 hari setelah terkena penyakit)

    4. Electrical massage pribadi (sangat penting dalam masa perbaikan jaringan sel syaraf supaya ter stimulasi)

    dan dengan menjalankan semuanya sekarang puji Tuhan istri saya sembuh dalam waktu 10hari, buat teman-teman yang mau beli alat electrical massage saya juga jualan kok (hehehe ngiklan dikit boleh ya toh berguna buat semua).

    kontak aja ke

  14. ??????? ??????? Kadang hal spele sekedar memakai helm kita malas, padahal hal tersebut sama saja tidak sayang badan dan nyawa kita sendiri.

  15. nambah mas iwb, dulu mbahku pesan kalo mau naik motor, minum teh hangat, atau wedang jahe mas. Atau wedang uwuh, di kebumen banyak yang bisa bikin wedang uwuh, karena isinya rempah2 yang membuat badan tetap hangat. sebaiknya jangan minum wedang kopi kalau punya gejala maag.

Comments are closed.