iklan iwb
iklan iwb

Bro dan sis sekalian…..rasa kaget mendera IWB atas hasil test komsumsi bahan bakar Suzuki Nex yang dilakukan oleh TMCblog. Secara komprehensif mz Taufik menjabarkan bagaimana mekanisme pengukuran hingga mendapatkan torehan mencengangkan. Dengan judul “dibawa Eco Riding Bogor-Jakarta, Suzuki Nex tembus 80km/liter”….artikel  menjadikan Nex sebagai skutik teririt ditanah air. Ediannnn!!!….

Klaim pabrikan?? ora usah gumun jika cenderung diatas kenyataan lapangan. Tapi bagaimana jika raihan merupakan hasil test secara langsung oleh independent Blogger seperti TMCblog. Tentu saja suatu fakta yang membikin siapa saja mlongo. Dan….hebatnya hasil klaim pabrikan nyaris setara dengan hasil simulasi berkendara sehari-hari. Jika Suzuki meraih 79,6 liter (masuk MURI), maka mz Taufik tembus 80km alias merontokkan record MURI. Entah apa yang dilakukan Suzuki sehingga Nex bisa seirit itu. Sebab….jujur bisa dikatakan teknologi Nex masih dibelakang kompetitor yang sudah mengadopsi injeksi. Namun dengan karbu yang disandang ternyata tidak menjadikannya inferior dibanding produk lain khususnya komsumsi bahan bakar…..

Nex sendiri adalah skutik anyar Suzuki yang dibekali mesin 113cc, daya maksimum 9,4 ps / 8.800 rpm dan torsi mencapai 8,7 Nm/6.500 rpm. Untuk meningkatkan efisiensi BBM Nex, Throttle Position Sensor (TPS) juga digunakan untuk mengatur pengapian sesuai posisi gas. Bobot nex yang hanya 87 kg plus bantuan konstruksi dari computer Aided Engineering (CAE) mampu mengurangi hambatan mekanis dan gesekan secara keseluruhan membuat Nex diklaim merupakan skutik irit dan bertenaga. Hebatnya…segala klaim terbukti bukan omong kosong….

iklan iwb

Last….dalam test versi independent Blogger, Suzuki Nex mengisi posisi pertama soal keiritan. Yang kedua diisi oleh Yamaha Mio-J….dimana pengetesan dilakukan oleh Mz Triatmono yang tembus diatas 60km/liter. Sayang….IWB belum menemui Blogger lain untuk mengetes komsumsi bahan bakar skutik Honda. Jadi predikat teririt memang masih belum afdol jika tidak ada komparasi aktual skutik hasil racikan pabrikan terbesar ditanah air tersebut. Atau…mungkin ada mzbro sekalian yang bisa membantu? mengingat IWB tidak mempunyai unit test guna mengetahui secara terukur dapat berapa kilometer sih 1 liter bensin premium untuk matic pabrikan sayap mengepak (kudu jujur nggak boleh ngarang lho yah)?? monggo sharing infonya. Maturnuwun….(iwb)

iklan iwb
Previous articleTuring Yamaha Mio-J….IWB kebagian rute Purwokerto-Bandung!!
Next article“Kami tidak mau banyak berbicara…silahkan buktikan” ujar pak Eko Prabowo (YIMM)
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!