iklan iwb
iklan iwb

Menjamurnya gundukan semen yang dipasang dijalanan kadangkala memang cukup menjengkelkan. Terutama jika sang pembuat tidak memperhitungkan jarak atau ketinggian ideal yang aman untuk pengendara kendaraan bermotor. Kalau ketemu bapak-bapak yang sudah dewasa sih nggak masalah. Dengan sabar mereka pasti mau mengalah….alias alon-alon gas rem persatu meter (IWB pernah menemui polisi tidur model begini). Tapi gimana jika yang melintas anak ABG sruntulan yang tidak telaten mengurangi kecepatan?? nih dia hasilnya…..

Ada salah satu bengkel (thanks bro Hadi info dan surelnya) yang menerima mesin Jupiter-Z nyaris ambrol akibat kecerobohan siempu. Lho koq bisa??…usut punya usut siowner adalah anak ABG yang pecicilan ogah ngerem ketika melibas polisi tidur. Doi tidak tahu penghalang didepannya mempunyai ketinggian diatas rata-rata. Alhasil…duarrrrr, blok oli bagian bawah menghantam puncak semen. Bukannya berhenti….motor tetap digeber dengan kencang memainkan knalpot racing kebanggaan. Doi tidak sadar bahwa blok mesin bawah telah pecah memaksa pelumas mengucur deras keluar. Terus memacu motornya sampai akhirnya ada bunyi krek..krek..kratak… Mesin mengunci dan macet!!!!

Pagi-pagi dia dorong motor ke bengkel langganan guna diperbaiki. Setelah dibongkar dan diperiksa hasilnya… Dia harus ganti mesin. lho kok bisa?? Remuk mzbro!!. betul-betul seperti habis diperkosa tanpa pelicin. Lha gimana nggak remek, lawong oli ngocor motor tetap dipacu. Berikut daftar bagian mesin yang harus diganti :

iklan iwb

1. Blok Mesin bagian bawah hancur sampai dudukan cylider head
2. Stang Piston sisa sedikit dan bengkok
3. Piston sisa separuh
4. Dudukan bearing dalam mesin hancur dan rompal semua (monggo di zoom).

Ketika iseng tanya ke kemekanik “apa nggak bisa dibubut aja..?” jawabannya, ” apanya yang mau dibubut?? semua daleman mesin dan dudukannya rompal.. …dan resiko besar bila dibubut..”. Byuh…cuma bisa mlongo. Yup…itulah jika mesin tanpa pelumas. Ibarat tubuh manusia,  seperti darah yang mengalir disel kita…..yo asile mumut.  Nah…..masih berani hajar polisi tidur???…alon-alon wae mzbro, cari safety euy. Ketimbang nyesek, iyo ora. Btw punya pengalaman serupa?? monggo sharing infonya…...(iwb)

iklan iwb
Previous articleDaya tarik livery racing Repsol memang luar biasa!!…..
Next articleYamaha Mio-Fino menggoyang kota Surabaya….!!!
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!