iklan iwb

Menjamurnya gundukan semen yang dipasang dijalanan kadangkala memang cukup menjengkelkan. Terutama jika sang pembuat tidak memperhitungkan jarak atau ketinggian ideal yang aman untuk pengendara kendaraan bermotor. Kalau ketemu bapak-bapak yang sudah dewasa sih nggak masalah. Dengan sabar mereka pasti mau mengalah….alias alon-alon gas rem persatu meter (IWB pernah menemui polisi tidur model begini). Tapi gimana jika yang melintas anak ABG sruntulan yang tidak telaten mengurangi kecepatan?? nih dia hasilnya…..

Ada salah satu bengkel (thanks bro Hadi info dan surelnya) yang menerima mesin Jupiter-Z nyaris ambrol akibat kecerobohan siempu. Lho koq bisa??…usut punya usut siowner adalah anak ABG yang pecicilan ogah ngerem ketika melibas polisi tidur. Doi tidak tahu penghalang didepannya mempunyai ketinggian diatas rata-rata. Alhasil…duarrrrr, blok oli bagian bawah menghantam puncak semen. Bukannya berhenti….motor tetap digeber dengan kencang memainkan knalpot racing kebanggaan. Doi tidak sadar bahwa blok mesin bawah telah pecah memaksa pelumas mengucur deras keluar. Terus memacu motornya sampai akhirnya ada?bunyi krek..krek..kratak… Mesin mengunci dan macet!!!!

Pagi-pagi dia dorong motor ke bengkel langganan guna diperbaiki. Setelah dibongkar dan diperiksa hasilnya… Dia harus ganti mesin. lho kok bisa?? Remuk mzbro!!. betul-betul seperti habis diperkosa tanpa pelicin. Lha gimana nggak remek, lawong oli ngocor motor tetap dipacu. Berikut daftar bagian mesin yang harus diganti :

iklan iwb

1. Blok Mesin bagian bawah hancur sampai dudukan cylider head
2. Stang Piston sisa sedikit dan bengkok
3. Piston sisa separuh
4. Dudukan bearing dalam mesin hancur dan rompal semua (monggo di zoom).

Ketika iseng tanya ke kemekanik “apa nggak bisa dibubut aja..?” jawabannya, ” apanya yang mau dibubut?? semua daleman mesin dan dudukannya rompal.. …dan resiko besar bila dibubut..”.?Byuh…cuma bisa mlongo. Yup…itulah jika mesin tanpa pelumas. Ibarat tubuh manusia, ?seperti darah yang mengalir disel kita…..yo asile mumut. ?Nah…..masih berani hajar polisi tidur???…alon-alon wae mzbro, cari safety euy. Ketimbang nyesek, iyo ora. Btw punya pengalaman serupa?? monggo sharing infonya…...(iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

159 COMMENTS

  1. yg bawa alay sruntulan.
    lembiru aja
    lemparin beli yang baru.
    kalo ganti blok mesin beserta jeroannya pasti seharga motor second.

  2. serem amat!!

    emang ngeselin poldur yg dibikin seenak jidat nya…
    *lirik peraturan soal poldur yg mekanisme kontrol nya dipertanyakan

  3. Itulah salah satu cara menghentikan biker yg berlaga seperti pembalap, kebut-kebutan tarik gas seenaknya di jalan umum….., klo memang mau mencoba secepat dan sekencang apa motornya yaaa tes aja di trek balap (sentul misalnya) jangan djalan umum>>>> bagus nich artikelnya Bang IWB!!!!

  4. itu motor ny ceper ya??? ban cungkring??? gmn mo sukses lewat polisi tidur klo kyk gitu motor nya!
    secara klo standart ny jupiter Z tinggi loh jarak blok mesin bawah ke tanah datar…

  5. betul-betul seperti habis diperkosa tanpa pelicin

    ___________________________________________________

    jadi pengen memperkosa jg ne….
    nnt klo uda jadi giliran ya……

  6. yamaha crypton ada plat pelindung mesin di bagian bawah, berarti jupiter z udah ga ada pelindungnya makanya mesin bisa rompal.

    imho

  7. Kang Iwan, setelah saya lihat fotonya, ini BUAKN gejala kebentur Polisi Tidur, karena nggak ada bekas gesekan atau tanda benturan pada bagian bawah posisi dudukan injekan kaki (ada 3 lubang baut)di bak mesinnya.
    Kalau dilihat kerusakan seperti ini,kemungkinan bermasalah pada mesinnya.Coba tanya ke konsumen apakah ada yg dimodifikasi ? atau bekas menerobos banjir ( water hammer).
    Pecahnya bak mesin karena pukulan dari konrod yg patah dan terus berputar karena sisa putaran mesin.
    Silahkan dikonsultasikan kebengkel atau tanya kebagian service Yamaha biar diteliti.
    nanti hasilnya disharing lagi ya…..
    makasih

  8. gw benci ma orang yg bikin polisi tidur …. mereka kebanyakan dendam ma orang yg punya kendaraan, jadi bikin seenaknya, dirmh ada species cmry ma c200 nyangsang juga.

  9. Pernah ngalamin gan, di perumahan, waktu itu ada yg buka mini market bikin polisi tidur ga tanggung2 besar n tinggi banyak yg jadi korban, motor ane jg, padahal dah pelan-pelan, ampe mau di demo tuh mini market. akhirnya diturunin. (dah tu minimarket nyrobot tanah pinggir jalan lagi.)

  10. ditempat ane setiap 2 meter ada polisi tidur apa ga ngeselin tuh … mana banyak bgt … resiko idup dijakarta yg sumpek

  11. mudah-mudahan si alay kapok pake motor yamaha..
    eehhh maaf salah tulis. mudah-mudahan si alay kapok pake motor yamaha-nya kebut-kebutan.. jangan ngalay lagi..

  12. kayanya ceper, karena sangat mustahil : ban depan bisa selamat, tapi blok mesin tidak selamat…?? bener khan… keras mana blok mesin ama ban… harusnya jatoh tuh orang, kalo sampe mesin bisa retak gitu (sehingga bocor), pasti kecepatan sangat tinggi, atau motornya ceper…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here