iklan iwb
Pilihlah helm warna glossy agar tidak merepotkan...

Sebelumnya IWB ucapkan terima kasih kepada bro Hadi yang telah sudi share tips untuk para pengunjung Blog. Walau harus rela kehilangan helm kesayangan (padahal baru hangat dibahas kemarin) namun akhirnya malah bisa menjadi bahan cerita….dan yang terpenting adalah tips untuk menghilangkan? scratch atau noda pada permukaan helm doff khususnya yang berwarna hitam. Berikut penuturan doi….

Helm adalah perangkat dasar wajib dalam berkendara roda dua. Namun alangkah dongkolnya jika helm yang kita pakai hilang tak berbekas di parkiran gedung/Mall. Hal ini saya alami awal Desember 2010 kemarin di Mangga Dua Mall lantai 7 (Roof). Ceritanya begini….seperti biasa helm digantung/kaitkan dan kunci dibawah jok. Saya hanya parkir sekitar setengah jam namun ketika pulang, alangkah kagetnya mendapati helm sudah raib ( grrr… ). Langsung saya datang ke tempat penjaga satu lantai dibawahnya. Saya bilang “mas helm saya hilang..!” …..

Percaya nggak mas, dengan wajah dingin dia bilang ” Wah gimana ya pak…., memang kita kekurangan orang buat jaga parkiran motor di tiap lantai. Dan kalau hilang kita tidak ganti apapun pak…” jawabnya enteng.? Bener-bener bikin dongkol nih orang.? ” Mas…!!! saya nggak bakalan minta ganti sepeserpun, tapi tolong laporan kehilangan saya di follow up dong. Masa you cuma diem aja..”!!. Kata si mas “…Ya pak, sebelah mana parkirnya???”.? Akhirnya dia datang ke parkiran….trus cerita mengenai kekurangan anggota bla..bla..bla. Sungguh menjengkelkan mas….dia tidak mencatat laporan saya. Berarti disana memang sudah biasa dan mungkin sering terjadi kehilangan helm. Kudu hati-hati pokoknya…

Besoknya saya beli helm baru type double visor satu brand.? Kenapa saya pilih merk sama?? (bukan promosi) kacanya anti gores, awet dan selalu bening hehehe. Nah….saya pilih warna hitam doff. Disinilah saya baru tahu bahwa helm dengan warna ini mudah sekali scratch yang susah hilang walau sudah dilap dengan kanebo+KIT (mungkin akibat permukaan sarung tangan saya kasar). Akhirnya saya putar otak coba cari minyak tanah….tapi nggak ada.? Mau pakai bensin…..males buka tangki. Akhirnya saya coba-coba menggunakan baygon (mengandung minyak tanah :mrgreen: )…..

Caranya gampang. Cukup semprotkan selembar tissue dengan baygon sampai basah….lalu oleskan dipermukaan yang scratch tadi. Hasilnya?? jrenggg…ajaib. Semua scratch halus hilang..!!.? Cara ini saya gunakan untuk warna dan merk terlampir (kurang tahu untuk merk lain). Mungkin sebagai panduan dalam memilih warna helm…..pilihlah yang glossy jangan memilih doff karena mudah sekali scratch (gores halus berwarna putih) terakhir kunci ganda helm anda karena jika hilang sungguh merepotkan. Semoga berguna….

Yup…dikirim oleh bro Hadi Purnomo. Sebuah tips yang sangat bermanfaat. IWb pikir bisa diaplikasi kehelm doff painting apapun merknya. Buat bro Hadi….nais share mzbro, semoga kemurahan hati sampeyan mendapatkan balasan yang setimpal. Keep brotherhood dan hidup roda dua Indonesia!!!….(iwb)

Helm yang hilang

iklan iwb

Scratch

Sarung tangan kasar

Baygon

Hasilnya….mulus seperti semula

43 COMMENTS

  1. tiga helm fullface sy hilang :'( jadi ga bisa di kasih obat nyamuk..
    sekarang helm saya baru 😀 tp tetap ga perlu di kasih obat nyamuk,
    kan belum ada lecetnya :p xixixixi..
    hehe, makasih atas pencerahannya om IWB.

    kunjungi new baby blog kami di :
    obrolanmotor.wordpress.com/

  2. ane helmnya pake yg sedeng” aja

    tp udah rada jelek

    jd aman diparkiran

    TIPS dr ane

    klo diparkiran,pas kita setelah lepas helm,

    batuk” aja.dijamin helm aman tentram

    :mrgreen: tau kan maksudnya

  3. nice info helmku jg warna doff n ada scretny.nnt kl dh libur praktek.trims bang iwan n bro hadi purnomo.

  4. yah…mas iwan,koq g tau seh…helm doff kn g ada anti goresnya (pernish) jdnya y gampang scratchlah…..kl yg glossy,merk trtentu punya ketebalan pernish (clear coating bahasa pabriknya) yg bisa d andalkan,jgnkan cuma scratch,jatuh ja g ngefek…

  5. wah. .baru tahu. .sakti juga si baygon ..
    😀

    monggo mampir sedoyo
    honkdebrum.blogspot.com/2012/02/ada-yang-terasa-kurang-dari-desain.html

  6. Mas, bikin komparasi helm merk lokal dong…terutama komparasi dari kualitas kaca beningnya, busa, dsb. Soalnya ane lg pengen beli helm murmer, tp kualitas oke…

    Ditunggu artikelnya yah…

  7. @Shawdon250:

    Tuh helm di atas kan jg tmasuk helm lokal jg…hehe

    Ane jg pake helm pulfes wrna doff merk Vog…(merk murmer)

    g pnh ada scratch siy (pdhl udh 3 taun dipake panas2an ma ujan2an…)

    Tips aja biar warna doffnya ga kusam= rajin2 lah di lap pake kanebo+diolesin semir ban

  8. waah gambar Helm KBC yang diatas sama persis sama kayak punya ane tuh kang.. 😀
    lagi nyari stiker redbul susah amat yak.. tinggal di tempel di samping visor kanan-kiri sama di dagu jadi kayak helm nya pedrosa deh.. 😛

  9. wah harus ganti sarung tangan tuh, kan katanya yg bikin beset sarung tangan nya, klo ga ganti pasti harus rajin2 ngelap dan beli baygon tiap minggu .. xixiixixiiii….pisss.

  10. kadang maling helm itu adl oknum petugas yg bertugas d Lahan Parkir tsb (petugas parkir,security,cleaning service),,,krn petugas tsb biasanya hafal kapan pemilik motor tsb keluar.Tp tdk kemungkinan org Luar yg ambiL walau kecil kemungkinanny.Krn untuk pengelola parkir modern mcm ****** Parking dan sejenisny kLo smp org Luar & tertangkap biasany Lsg d Laporkan k kepoLisian…KLo mau,tggu smp petugas tsb ganti shift nnt pd wkt mrk pLg maka kLo mmg ad oknum tsb akan segera trLihat (cara ini tdk 100% ampuh krn biasany petugas tsb tdk Lsg bw pLg heLm curian tsb,atw sdh Lbh dL d bw temanny kLuar TKP).

    #pengalaman jadi petugas parkir yg memiliki rekan demikian

  11. INFO SGP&HKG ANDA BUTUH ANGKA JITU SGP&HKG SGERA BERGABUNG DI BLOG KAMI YG ADA DI BAWA INI

    ramalanmbahharung.blogspot.com TRIMA KASIH.

  12. iya mas iwan…..
    ,bapa saya juga pernah ngalamin kehilangan helm beberapa tahun lalu..
    waktu pergi ke sebuah pusat perbelanjaan di daerah bandung,bapa saya markirin motor nya di parkiran dan bapa hanya menggantungkan helm nya di kaca spion..tidak lama kemudian ketika bapa sudah kembali,si helm nya hilang(ceroboh sih).
    dan helm nya pun lumayan gak main2..INK CBR600 series….

    makanya sekarang beli helm yang SNI tp gak mahal2 amat gitu …(suruh siapa gantungin helm di spion?)

  13. wahhh bisa buat anti nyamuk jg tu helm hehhe…
    tp saya mo crita dikit… saya ke penjual helm nasibnya sama helm saya Doff saya persiapan takut kotor.. saya tanya” ke toko helm yang kliatannya gede.. alhasil jual bnyk bgt pembersih… tp kata yang jual.. masnya make Helm DOFF ga usa pke kit mas.. make aja pembersih kaca katanya lebih manjur… gmn yah aq belom coba takut mala rusak catnya.. kasi saran donk..

Comments are closed.