iklan iwb

Beda dengan teralis, motor kubikasi 200cc ini lebih mendem tidak terdengar gaungnya. Berbagai bocoran ataupun info seakan menguatkan hawa mistrerius sikuda besi. Mau dibawa kemana motor legendaris tersebut?? …..

Honda Tiger pada era 1990an bak moge….begitu mewah tanpa ada lawan. Sekitar tahun 1994 pertama kali nongol, banyak biker kepincut klepek-klepek saking kuatnya daya sihir yang dipancarkan. Kala pabrikan Yamaha dan Suzuki berkutat dengan motorsport 2 tak lewat RXZ, RZR, RGR dan RX-King….AHM secara pintar menawarkan desain berotot (era 1990an rata-rata desain kotak streamline) tanki besar, ban jumbo, roundlamp plus engine irit bertenaga membuatnya langsung digandrungi berbagai lapisan biker. Pelan namun pasti…simacan menjadi idola hingga nyaris 15 tahun lamanya menguasai market premium motorsport tanah air…..

Sayang seiring berjalannya waktu, masa itu makin pudar. AHM jalan ditempat terlena oleh jaman keemasan masa lalu. Mesin Kaizen makin tertinggal pasca seluruh pabrikan melakukan konversi tipe engine dari 2 stroke ke 4 stroke. Superioritas lawan makin terlihat tatkala berbagai terobosan dan inovasi diperkenalkan oleh mereka. Sedang simacan?? hanya nama besarlah yang membuatnya bertahan. Loyalitas pemakailah yang menjadi strength tak terkalahkan. Tapi….tidak bisa diingkari, sang legendaris makin tenggelam akibat perbedaan era. Untungnya….lambat laun AHM menyadari akan hal itu. Ditangan Horie san…..titik cerah mulai terlihat. Walau masih gelap….ungkapan dari salah satu petinggi Jepang menjadi pegangan kuat bahwa simacan memang bakal berubah….

iklan iwb

“Will coming…but please wait for a few years. New generation…..new engine and design. But…..not next year (2012)…maybe following year…” ujar salah satu pentolan Jepang pada 2011 kemarin.? Kini 2011 sudah terlewati. Hari dan bulan berjalan masuk Februari 2012. Namun sounding tentang simacan masih gelap. Petunjuk atau clue belum tersibak. Padahal harapan begitu tinggi dari segenap biker ditanah air agar AHM segera brojolin gen anyar Honda Tiger yang lebih powefull, high tech, desain up to date, serta banderol disesuaikan (value)……

Mau dibawa kemana Honda Tiger nanti?? SOHC…DOHC…single silinder….atau twin silinder??? Masih buram tidak terbaca. Semoga saja saat ini Honda sedang menggodok secara serius simacan sehingga matangnya bukan karbitan. Biarlah agak lama yang penting hasilnya manis dan gurih terasa dilidah. Saran untuk AHM, suguhkan produk yang betul-betul mengejutkan serta membikin semua orang berkata ” wow”. Bikin kami semua ngowoh, doweh, domblong sampai mata tak bisa berkedip. Kalau Bajaj saja bisa, kenapa Honda tidak?? Ya nggak bro. Gimana menurut sampeyan semua….(iwb)

87 COMMENTS

  1. ahm cpt kluarin new tiger.desain skrg dah bagus,tp shock musti mono.mesin bkin kyk spek p200ns.lalu harga gak jauh dr indihe.bisa gak yaa????

  2. mesin tiger baru paling logis pake mesin honda CRF 230F, basis motor tril , pasti torsinya gede cocok bwat turing. mesin masih SOHC bisa menekan harga jual..endurance juga dah terbukti

  3. Sedang simacan?? hanya nama besarlah yang membuatnya bertahan.
    ======================
    Betul mas IWB ini mongtor idola saya dari dulu dan buat saya Tiger ga operpress koq… biasa ajalah harganya, toh dapet motor cc gede n gagah yang penting nyaman dipake buat harian ditambah lagi cocok buat org seumuran saya, tapi kalo ada yg baru ga sungkan2 saya jual deh yang lama buat boyong yang baru 🙂

  4. Oiya, si macan tetap macan, aumannya bisa lebih keras, taringnya bisa lebih kuat, cakarnya bisa lebih tajam, dan larinya bisa lebih kencang…. P200NS, siap kah menghadapi sang legenda nanti? Salah sedikit, bisa menjadi mangsanya….

    Kalau honda serius, tralis bisa strong di 150cc, dan tiger bisa strong di 200cc ke atas (blm ketauan cc’nya brp).

  5. mas iwb : halo, apa kabar honda tiger…?
    hnd tiger : uhuk uhuk, hatchiiii,,,,,! hm, kabar gak baik bro…
    fbh : sang legendaris,,,!!!!
    fby : motor jadul kok masih aja dijual
    fbk : permisi pak, om, nguiiiiiiiiiiiiiingg….!! gue duluan ya om

    😀 😀 😀

  6. AHM ga becus bikin motor laki
    Tigi dari jaman jadul cuman ganti casing doank,
    penyakit tangki bocor ga didenger AHM, dasar BOLOT!!
    PROBLEM FIX = ZERO!!!
    kasian temen ane kerepotan sering tambal tangki!!

    kalo AHM cinta konsumen setianya, bikin motor yg bener donk! jangan cuman cari untung jualan n jual nama aja loe!

  7. mesin jadul, cuma rubah2 body sama striping harga ga masuk akal 😀
    tapi saya pernah punya hahaha

  8. Konsumen Indonesia ada gejala sado masochism, suka menyiksa diri sendiri, udah beli motor overpriced macam si Macan ini, juga sangat menikmati berbagai penyakit yg tak jua terobati sekian puluh tahun ngaspal d Indonesia, mulai dari rante keteng gmpang kendor, karet rumah kopling rompal, kampas kopling gosong, rantai kecrekan, sampai yg paling legendaris, tanki BOTJORR !!

  9. HONDA TIGER = MOTOR TANGKI BOCOR

    bro,,, tangki tiger lu dah brapa kali bocor ???

    (obrolan yg kerap kali didengar swaktu kongkow ma brother” )

    mirisss banget…… budek dasar…..

  10. honda tiger..saya beli baru dan dipake dari tahun 2009..tangki bocor parah tahun 2011..bearing roda belakang sudah 2 kali ganti..klakson mati satu thn 2011..knalpot bagian dalemnya lepas minta di las thn 2011..mesin tambah kasar suaranya..ah apa daya..udah terlanjur beli..

  11. huft, payah…. dah 15 tahun baru sadar tooo…

    klo ga ada inovasi tahun 2012 nie, akhir 2012 si macan tua psti tutup usia…

  12. Setuju, dari sisi teknologi banyak kompetitor yang menawarkan nilai lebih dengan harga bersaing. Tiger sudah waktunya berubah. Seperti adiknya Megapro yang akhirnya lahir kembali menjadi New Megapro dengan segudang fitur kompetitif (monoshock yg empuk, 4 katup, CDI variable ignition, dan tampilan sporty, memadukan kenyamanan, performa, dan teknologi, tanpa mengabaikan tampilan). Tunggu tanggal mainnya aja. Pabrikan Honda mungkin tidak akan merevisi Tiger dalam waktu dekat, tapi begitu dilakukan pastinya dahsyat!! Sudah banyak buktinya, New Megapro, Vario Techno, CBR. Cant hardly wait.

  13. gwe miara tiger 2007 ga ada masalah, tengki emang pernah bocor sekali .. aer-nya dapet seliter lebih kali tu di tengki (se aqua gede) wkwkw .. lebih dari itu ok2 aja ,, ganti oli + servis rutin ga da masalah ,, sparepart jg jarang bgt ganti … worthed lah buat gwe ..

  14. motor boleh ga (belum) berkembang, namun komunitas masih menjadi salah satu yang terbesar saat ini bahkan sudah 18 tahun 2012 ini. itu bukti bahwa eksistensi masih ada dan terus berkembang.

  15. Ayo Honda, di segmen cub sudah menang dari kompetitor terdekat, di matic sudah jauh di atas Yamaha, tinggal di sport yg masih tertinggal, raja sejati harus menang di setiap segmen …..

  16. Sudah ditunggu kehadiran Tiger di Era 2012 ini; Diperlukan design bodi yang pas dengan jamannya; dan masih kental motor touring dengan gagah dan elegan; segmen sport Honda belum terbilang menang secara signifikan; tapi kalo ada type sport yang mengarah pada segmen Low End-dan high End Pasti akan lebih superior lg

  17. Honda Tiger emang motor mantabs gan..gw demen bener lah sama ni motor…Cocok buat perjalanan jauh dan nyaman buat di pake…gw udh nunggu sih innovasi apa lagi nih yang bakal di munculin sama Honda Tiger..

  18. Artikel ini mewakili suara hati saya dan para anggota club tiger lainnya diseluruh indonesia. Motor ini adalah legenda. Jadi ingat pas jaman sma, ‘pasaran’ jadi naik gara-gara tiger hehehe..

  19. HEBATTT !!! klo ada perubahan CC naek ga ya??? tapi ini motor memang banyak sekali peminatnya…menjadikan salah satu tunggangan klub motor yang sangat solid.. dari jumlah motor dan rider

  20. kapan ntu honda tiger dengan engine terbaru dan design terbarunya dirilis gan.,.
    tolong di bantu ya gan.,

  21. Ni tiger mesinya bandel banget bro.Ane dah pake perjalanan jauh sukabumi malang 3 kali pp ga ada masalah-dulu ane pernah bawa viksen -fu mx juga pernah di perjalanan yang sama mesinya ambrol semua’

Comments are closed.