iklan iwb

Jepang…sebuah negara yang disegani sejak era pecah perang dunia kedua. Seluruh daratan Eropa dan Benua Amerika terhenyak tak percaya ketika pesawat tempur Nipon berhasil menekuk armada udara Inggris dan Amerika. Dibekali mesin Mitsubishi…..manuver serta speed kala itu tergolong lebih superior dibanding lawan. Ketangguhan negara matahari terbit memaksa Amerika, Inggris dan Perancis bergabung . Hingga tragedi terjadi. Bom Atom dijatuhkan diHiroshima dan Nagasaki…meluluh lantakan semua yang ada. Akhirnya Jepang menyerah tanpa syarat…..

Sejak terpuruknya ekonomi akibat perang….Jepang bertekad bangkit. Belajar tanpa kenal lelah dan terus mempertajam pengetahuan disegala sektor. Lambat laun keterpurukan berubah menjadi kesuksesan. Dari segi teknologi khususnya roda dua….merekalah rajanya. Disaat pabrikan Eropa lebih suka bermain kelas moge…secara jeli mereka meracik kuda besi kubikasi mungil. Pasar Eropa dan Amerika yang sebelumnya melakukan resistensi…akhirnya menyambut hangat produk-produk Jepang. Irit, handal, mobilitas tinggi, ekonomis, harga kompetitif serta kualitas bersaing menjadikan motor-motor Jepang cepat merebut hati biker seluruh dunia. Hingga jaman berganti…..

Munculah pabrikan India yang mampu menawarkan motor dengan kualitas dan harga bersaing. Mereka seperti tahu bahwa kubikasi mungil tidak hanya dituntut irit dan ekonomis namun juga kencang. Tolak ukur demand dan tren sudah bergeser. Ketika biker jaman dulu motor hanya digunakan untuk mobilitas sekedarnya……kini telah menjadi semacam cap atau prestige yang bisa mengangkat proud atau rasa bangga pemilik. Konsumen juga semakin pintar…tidak mudah dibohongi dengan tampilan facelift ala kadarnya. Karena itulah…Bajaj, sebuah pabrikan yang dianggap remeh oleh mayoritas pemerhati otomotif dunia mampu meracik kuda besi mumpuni dengan harga terjangkau. Tak ayal beribu pertanyaan muncul, ada apa dengan Jepang?? kenapa mereka yang sudah malang melintang sebagai produsen handal sejak jaman dulu, menjadi terkesan under dog pasca munculnya Bajaj Pulsar 200NS??…..

iklan iwb

Menilik performa…bisa IWB katakan brojolnya Pulsar 200NS memang merupakan sebuah tamparan buat produk Jepang. Tidak percaya? silahkan intip tabel komparasi motorsport yang IWB comot dari Blog bro Ridertua (klik disini) berikut. Nyaris…seluruh motorsport (satu segmen) yang bertebaran ditanah air, bukanlah lawan Pulsar generasi anyar. Begitupun desain……harus jujur kita katakan, P200NS sangat bisa bersaing dengan produk-produk matahari terbit. Stylish….modern look…..wah dan enak dipandang mata. Dari segi banderolpun Bajaj mampu mempermalukan Jepang. Yup….budaya yang terus dipelihara oleh Bajaj yakni value for money tetap dipegang. Btw…apakah ini artinya P200NS bisa mengancam eksistensi motorsport lokal??….

Kalau menurut IWB, mengancam sih tidak. Mungkin bahasa yang tepat adalah….menggerogoti. Untuk pada level mengancam…masih jauh sebab banyak PR yang kudu dibenahi oleh pabrikan India khususnya cakupan 3S, kecakapan mekanik plus standart pelayanan yang kurang maksimal pada masing-masing dealer. Sisi ini sangat besar pengaruhnya. Anyway….IWB sebenarnya yakin mereka juga bisa meracik kuda besi se-powerful Pulsar….200cc output 23.5HP.? Tapi konsekuensinya??…biasa banderol akan terdongkrak. Jika dipaksa murah….lazimnya akan terjadi efisensi atau pemangkasan cost yang ujung-ujungnya berdampak penurunan kualitas. Itulah fakta yang sering terjadi. Last….sebuah tantangan bagi pabrikan Jepang untuk brojolin kuda besi segarang P200NS dengan harga terjangkau. Yah…memang tidak gampang sebab menyangkut profit plus tetek bengek birokrasi yang kita sendiri tidak tahu. Apakah mereka mampu menawarkan kuda besi semurah, sekeren dan sekencang pabrikan India?? monggo berikan analisa mzbro semua….(iwb)

Noted :Click to enlarge the Image

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!