iklan iwb

Dalam artikel kali, IWB ingin sharing salah satu fakta menarik tentang kekuatan rahang binatang dalam menggigit obyek. Pasti banyak yang kurang peduli….atau memperhatikan secara sepintas lalu.? So untuk menambah ilmu bersama IWB akan coba kupas hasil dari nonton tayangan NGC….

Ilmuwan tidak memasukkan hewan herbivora (pemakan tumbuh-tumbuhan) sebagai obyek penyelidikan sebab berdasarkan data yang mereka kumpulkan, kekuatan rahang untuk mengunyah tumbuh-tumbuhan tidak sekuat rahang pencabik daging. Karena itu mereka mengelompokkan sesuai pamornya dipiramida sebagai hewan liar yang dikenal ganas.? Test dibantu sebuah alat khusus yang mampu mendeteksi pressure atau tekanan gigitan yang akan dikalkulkasi dalam satuan kilogram. Cara kerja cukup disisipkan kedalam mulut ketika hewan melakukan serangan atau attacking daging yang sudah disiapkan. Sebelumnya mari kita ukur kekuatan gigitan kita sebagai manusia…..

Dalam pengetesan, kekuatan tekanan gigitan manusia maksimal ?57kg. Dengan pressure segitu, sudah cukup untuk mencabik daging lunak, sayur-sayuran, krupuk, peyek ataupun tempe tahu dll (makanan IWB nih :mrgreen: ). Tentu saja obyek dipilih merupakan umur yang produktif ?berusia muda dimana stamina dalam level terbaik. Mendapatkan informasi manusia sebagi patokan, maka test dilanjutkan terhadap binatang. Ilmuwan memutuskan anjing adalah hewan yang pantas dijadikan obyek testing…mengingat binatang ini termasuk hewan dalam kategori agresif. Apakah anjing merupakan binatang terkuat gigitannya dimuka bumi?. Kayaknya nggak mungkin ya bro….

iklan iwb

Untuk membuktikan…test dilakukan. Dan diperoleh fakta menarik sebab anjing rumah vs liar ternyata berbeda. Untuk anjing jinak..kekuatan maksimal gigitan mencapai 143kg. Sedang anjing liar 157kg. Angka tersebut 3 kali lipat kekuatan gigitan manusia. Wihh…nampol juga euy. Apakah yang terkuat? Tentu tidak mzbro. Ilmuwan yakin ada hewan lain yang pantas menyandang predikat tersebut. Dan…perkiraan sementara jatuh pada Singa Afrika. Hewan terkenal kejam dan mampu memutus urat nadi leher byson atau kerbau liar diberikan umpan daging dengan terlebih dahulu dipasang alat detector pressure. Hasilnya??..tekanan gigitan maksimal tembus 315kg. Ini sama saja sebuah daging mendapatkan hujaman gigi dengan beban 315kg diatasnya. Mangkanya tidak heran kulit tebalpun bisa ditembus. Catatan awal….singa menjadi hewan yang mempunyai gigitan terkuat. Sedunia?? Terlalu premature, dan test dilanjutkan kepada hewan padang rumput lain musuh bebuyutan macan….Hyena

Metode test sama. Hasilnya cukup mencengangkan. Hewan berbentuk seperti anjing ini membuat ilmuwan mengerutkan dahi sebab kekuatan pressure atau tekanan rahang tembus hingga 410kg. Wahhh….nyaris setengah ton!!. Tidak heran kalau ada mangsa tergigit hyena, tipis harapan mereka untuk lepas. Sudah nempel seperti perangko. Record tersendiri melihat fisiknya yang tidak sebesar singa. Pengetesan terus dilanjutkan. Kali ini raja lautan….pemangsa mengerikan yang terkenal kejam dan bergigi bak gerigi menjadi target utama. Siapa lagi kalau bukan Hiu. Singkat cerita rasa penasaran mendapatkan jawaban yang kurang memuaskan sebab…..ternyata kekuatan gigitan hiu hanya tembus 301kg….masih dibawah singa. Namun akibat tajamnya gigi serta dibantu ayunan bobot badan membuat obyek apapun tidak akan pernah utuh jika sudah dicabik hiu….

Kalangan ilmuwan akhirnya melirik kehewan reptil. Mereka yakin keluarga hewan ini mempunyai kekuatan tersimpan yang perlu digali lebih dalam. Mendapatkan petunjuk tentang keberadaan kura-kura rawa amazon yang mampu menangkap mangsa besar sekalipun, mereka segera meluncur kesana. Akhirnya mereka bisa menangkap kura-kura berbobot 45kg sebagai bahan uji. Dengan moncong mulut seperti? tang…..test dimulai. Alat disisipkan, langsung sikura-kura menggigit dengan kuat. Hasilnya?? wowww….452kg.? Angka tersebut sudah cukup menjadikan sikura-kura menempati posisi terbaik…untuk sementara waktu. Sebelum usai….ada satu yang masih lolos dari pengetesan….yakni buaya sungai muara Afrika. Yup….mereka yakin buaya bisa saja mengungguli sikura-kura. Sebab sudah jamak….kabarnya, apapun yang digigit buaya…..susah untuk lepas dari mulut. Apakah benar??. Dari pada banyak menebak, perburuan buaya liar dilakukan. Perjuangan mendapatkan hasil. Seekor buaya Afrika muara dengan panjang sekitar 4,5 meter…..dipaksa buka mulut. Kemudian….alat disodorkan kedalam pangkal rahang. Sepersekian detik….detektor langsung digigit dengan keras. Hasilnya…..

Angka 1120 kg nongol pada layar LCD. Yup….1 ton lebih mzbro. Semua mata terbelalak…. tidak menyangka kekuatan tekanan sama dengan bobot truk gandeng jalan raya. Artinya??…jika mzbro digigit buaya Afrika, sama dengan dijepit sebuah truk berbobot mati 1 Ton lebih bersama gigi pada permukaanya. Dengan kekuatan segitu….dalam simulasi? yang dilakukan, apapun tulang mahkluk hidup bakal remuk tidak kuat bertahan. ?Kehandalan otot rahang dikombinasikan dengan badan yang berputar bak baling-balik ketika menundukkan mangsa menjadi ciri khas buaya yang tidak bisa disamai oleh hewan lain…bahkan hiu sekalipun. Pantas saja hewan reptil ini bisa bertahan hingga jutaan tahun melewati masa prasejarah. Kesimpulan akhir dari hasil test….buaya muara sungai Afrika dinobatkan sebagai hewan yang mempunyai gigitan terkuat didunia. Ada komentar mzbro??….(iwb)

55 COMMENTS

  1. ada yang menarik masbro,,

    meski gigitan buaya adalah yang terkuat didunia, tapi otot untuk membuka rahangnya adalah salah satu yang terlemah di dunia.

    jadi jika kita mengikat mulut buaya dengan karet gelang, niscaya dia tak akan sanggup membuka rahangnya.

Comments are closed.