iklan iwb
iklan iwb

Tidak ada yang meragukan kekuatan pasukan garputal dalam menggedor pasar tanah air. Siapa sih yang menyangka Honda sebagai  pabrilkan powerful….tak terjamah lebih dari 10 taun lamanya akhirnya ditempel ketat dibikin gelisah. Berbagai manuver dilakukan…salah satunya mengganti presdir Miki Yamamoto dengan Y. Horie. Ditangan Horie san inilah AHM mampu memperbesar gap pangsa pasar. Dan tercatat pada akhir tahun 2011 Honda secara meyakinkan jauh meninggalkan pabrikan garputala. Pertanyaannya?? Kenapa hal itu bisa terjadi??…

Pastinya dengan perjuangan serta biaya tidak sedikit mzbro. Horie san secara cerdas dan terukur melakukan perbaikan dan perluasan jaringan. Kemudian kunci dari semuanya adalah…open minded alias terbuka tidak terkungkung dalam status quo. Beliau tidak terlena dengan nama besar Honda. Terbukti segala lini diisi produk-produk baru yang jauh dari angan konsumen Indonesia. Siapa menyangka siretro Scoopy diboyong kesini. Siapa menduga AHM berani memboyong CBR150/250R ataupun merombak Megy lawas dengan gen Dazzler India. Berturut-turu PCX125, Vario CBS, new Blade, Spacy, SupraX125 helm in serta manuver transisi injeksi. Jujur segala tindakan yang dilakukan jauh dari image AHM masa lalu yang terkesan mandek dan mandul. Terus bagaimana dengan Yamaha??…

 YIMM (dulunya YMKI) berhasil mengobrak-abrik keperkasaan Honda. Banyak produk revolusiner ditetaskan oleh pasukan garputala. Inovasinya begitu luar biasa dan membikin decak kagum. Disaat pabrikan lain main aman, mereka berani melakukan test pasar sendirian. Konsumen Indonesia disuguhi Majesty. Yup..matic 125 cc injeksi yang didatangkan secara BU. Kendati kurang mendapatkan respon positif akibat tingginya harga, mereka terus konsisten dengan mencoba produk skutik yang lain…Yamaha Nouvo. Banderol kompetitif membuat Nouvo mampu menarik perhatian konsumen. Kendati masih belum sesuai ekspetasi, YMKI (sekarang YIMM) tidak kenal putus asa. Secara pede mereka brojolin simungil Mio..skutik yang sejatinya didesain untuk kaum hawa. Disinilah pasar tergoncang…..sebab desain imut serta lincahnya manuver menghipnotis biker laki-laki.   Walau posisinya sudah mulai terancam, Mio menjadi skutik idola yang bertahan hingga sekarang. Diatas hanya sebagian contoh dari banyak manuver brilian pasukan garputala seperti pengenalan engine diasil siinder Jupiter MX, plus siinjeksi Vixion…..

iklan iwb

Sayang, cerita diatas seakan menjadi legenda serta cerita manis masa lalu. Karena YMKI ditahun 2011 terkesan stuck dan hanya bertahan tidak mampu mengejutkan biker tanah air. Beda dengan kompetitor yang all out…YMKI hanya bermain striping dan facelift. Dalam raport yang IWB catat mungkin hanya Yamaha Byson yang betul-betul produk fresh oven. Selebihnya revisi desain Jupiter-Z, kalajengking , MX (2010) dan new Vega-ZR. Dan hasilnya??….market share makin tergerus oleh kompetitor. Tahun 2011….merupakan tahun terberat bagi pasukan garputala. Selain lepasnya icon Motogp Valentino Rossi, mereka juga kehilangan pak Paulus S. Firmanto. IWB yakin…seorang Rossi  juga sangat mempengaruhi mindset konsumen terhadap produk Yamaha. Kenapa?? DNA Yamaha sebagai motor kencang sudah sangat klop dengan The Doctor. Kalau pak Paulus?? Entahlah….sebagai satu faktor juga atau bukan. Namun apapun itu kenyataannya….geliat YIMM tahun lalu kurang greget….

 Dalam opini pribadi, Jika pabrikan garputala masih tetap bertahan seperti tahun 2011?? IWB kurang yakin market share tidak makin menukik tajam. Ingat…Honda sudah mempunyai jagoan anyar  ditahun 2012 dan hal ini kudu pikirkan oleh YIMM dari sekarang.  Satu-satunya jalan….kudu ada produk fresh….totally new product yang bisa merampas perhatian biker tanah air dari propaganda produk anyar Honda. Gimana menurut mzbro semua, apakah Yamaha akan mampu memperbaiki market share di2012?? Monggo berikan prediksinya….(iwb)

iklan iwb
Previous articleKTM Duke 200….accelerasi dan speed terbaik dikelasnya??…
Next articleJorge Lorenzo akan datang ke Indonesia kamis ini…
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!