iklan iwb

Sampeyan bagus?? kinerja joz gandos top markotop??….akan percuma jika tidak didukung oleh lingkungan sekitar. Artinya??…sampeyan akan ngos-ngosan….remuk, capek dan makan ati sendiri. Memang sih tidak setragis itu posisi pria mantan GM Marketing Yamaha tersebut. Tapi…rumor yang berkembang, Pak Paulus sedikit kesulitan untuk membuat gebrakan….

Entah apa yang terjadi didalam internal Suzuki roda dua. Ibarat benteng…betul-betul tebal susah dijebol. Sayang…benteng disini dalam arti negatif. Cenderung kurang efisien dan sulit diajak maju. Organisasi didalamnya terlihat tidak sesolid Honda ataupun Yamaha. Lha wong IWB dulu juga sering wira-wiri diIndomobil pusat MT. Haryono. Makanya sedikit tidaknya tahu atmosphere internal disana. Terbukti pasca bergabungnya pak Paulus…tidak terlalu banyak pergerakan signifikan…..

Masih ingat kabar Suzuki GS150R??….bagaimana diawal tahun 2011 digembar-gemborkan SIS akan menjadi jagoan baru mereka??…hasilnya menguap tanpa bekas. Begitu pula nasib Thunder 125??…penjualan makin tersungkur memprihatinkan namun tidak ada reaksi berarti dari pihak SIS kecuali facelift ala kadarnya. Terkesan adem ayem…..nrimo ing pandum. Angan-angan dan keinginan biker untuk mendapatkan kuda besi sport tulen mumpuni…nyaris diabaikan. Untung posisi mereka masih diselamatkan oleh Satria FU 150. Kalau tidak??…gaung merk Suzuki bisa makin terjun bebas….

iklan iwb

Jelas…ketajamanan perusahaan harus didukung oleh orang sekitar. Pak Paulus saja tidak cukup mzbro. Kudu ada niat, tekad, keinginan untuk bangkit dan berubah dari seluruh komponen didalamnya. Last.…semoga wacana mendatangkan GW 250 bakal menjadi titik poin kebangkitan Suzuki. Untuk sementara….jangan terlalu berharap terhadap pak Paulus. Karena kudu ada resuffle besar-besaran ditubuh organisasi mereka. Bagaimana?? hanya mereka yang tahu. Kita sebagai konsumen cuma bisa menunggu…mengamati serta menanti gebrakan dari Suzuki. Kira-kira bagaimana dengan tahun 2012?? monggo berikan prediksi sampeyan semua….(iwb)

Noted : Image mbah Google

84 COMMENTS

  1. yg terlemah dari suzuki saya kira adalah marketingnya, sisi ini sangat vital karena berhubungan langsung dengan konsumen. pengenalan produkpun dilakuka tidak sesering rivalnya. kurang jorjoran. semua produk yg dikeluarkan sifatnya nanggung dan gak jelas, lihat aja bagaimana nasib skydrive, skywave, spin, thunder(yg dulu sangat laris), axelo(yg minim pengenalan pada konsumen).
    kalo ingin berubah ya bikinlah image yg kuat, contohlah kawasaki

  2. Yang cukup mengherankan adalah, sejak Pak Soebronto Laras cabut, nasib Suzuki koq semakin menggenaskan? Apakah agar Suzuki semakin terpuruk sehingga harga sahamnya jadi semakin murah untuk di take over secara keseluruhan oleh Suzuki Japan?

  3. jadi inget, dulu motor prtama……timothy(tornado gs110) kmana2 jalan masi banyak ketemu sesama sodara2 suzuki dijalan…..skarang boro2…..cuman 1 varian yg eksis
    semoga suzuki dapat balik ke posisinya sbagai brand jepang dan mnjadi kompetitor yg diperhitugkan……gak cuman honda ato yamaha

    Bravo Suzuki Indonesia

  4. ngikutin suksesnya sf 150 sekalian buat varian sf 125 sf 250 sf 600
    hyper underbound
    diferensasi…
    ?
    siapa tahu laku coz beda….

  5. Suzuki Indonesia katanya sdh pindahkan R&Dnya ke Indonesia, tapi herannya masih belum memahami perkembangan pasar roda 2 Indonesia, sekali lagi tidak memahami perkembangan pasar sepeda motor nasional.

    Sangat diharapkan agar Pak Paulus dapat mendengar keluhan para konsumen Suzuki, buat dan luncurkan produk2 yg sesuai dengan pasar nasional.

    Satu lagi gw mo kritik Suzuki Indonesia, itu iklan gencar di TV nasional apa efektif, gantung gantung promosi dan ngak ada sasaran target yang dituju, image jg ngak ada yg didapat, mubazir menurut gw baik untuk roda dua maupun roda 4

  6. Yup betul males2an slalu minta naik gaji kerja gak becus2…!!
    Gimana mo maju klo model gitu..!!
    Woi susuki tolol…
    Idupin lagi tu FXR 150 radiator…!!!
    Klo gak niat jualan mending pulang kampung sono Harakiri sekalian…!!!
    Niat ngiklan itu produkmu yg dijual disini. Lha ini malah ngiklan Moge mobil yg gak jelas asal usulnya….
    Dasar pabrikan ra mutu..!!!
    Menuju kebangkrutan
    kayaknya si susuki…!!!

  7. Ada keunggulan Suzuki yang tidak diketahui. Seperti rekor MURI Suzuki Titan uji ketahanan Non-Stop 60 jam, rekor MURI Suzuki Axelo uji ketahanan Non-Stop 100 Jam. Belum lagi Suzuki Jelajah Negeri.

  8. suzuki inazuma (A.K.A) GW250 di eropa aja di bandrol 50juta, masuk sini bakal berapa masbro?

    kayaknya tahun ini klo suzuki gak melakukan perubahan suzuki bakal ilang namanya, dan GW 250 bakal tidak jadi hadir.

    sayang sekali, padahal saya suka sekali dengan produk2 suzuki.

  9. kehilangan image.
    terlalu santai.
    R&D ngga sip.

    masa dari dulu sein desainnya gitu-gitu doang. dari jaman shogun 125 yang kurang sukses malah diterusin make desin itu juga, nex juga make hadehhhh…. padahal itu yang bikin terlihat ganjil dari depan dan samping.
    cakep tuh sein skywave, skydrive, spin. kemana tuh larinya?
    motor laris dibunuh (shogun 110), motor kurang laku didiemin :O
    kebanyakan blunder.

  10. Ya itulah suzuki, menurut info dari wendakalubis.wordpress.com/2011/11/30/pandangan-orang-jepang-terhadap-motor-honda-yamaha-kawasaki-dan-suzuki/
    di negerinya sendiri suzuki itu aneh.

    SUZUKI (Dikenal dengan sebutan Suzuki yang Aneh, ?????)

  11. Suzuki kebanyakan blunder….
    Gue rasa sih sebenernya pak Paulus sendiri udah proven di Yamaha. Tapi bener kata mas iwb, pak paulus ga bisa jadi jagoan sendirian di situ. Pak Paulus pasti punya keterbatasan power dll.

    Gue sebenernya demen ama produk2 Suzuki. Dulu sempet punya thunder 125. Sampe sekarang masih demen dengan beberapa model, tapi males belinya… takut layanan purna jualnya ga bagus.

  12. Kalau suzuki dagangannya kayak gini laku nggak ya?
    -New Shogun 110
    -Satria RU 120
    -FXR 150
    -Satria FU 150
    -GSR125 NEX
    -GW250

  13. sesuatu nggk ada yang tak mungkin…. seluruh sumber daya harus all out dalam mengeluarkn ide-idenya…. seorang pak paulus tidak akan mudah dalam mengemban tugasnya menaikkan kembali image suzuki tanpa dukungan tim yang solid… dibenak pak paulus mungkin sdh ada langkah apa yg harus dilakukannya… ibarat membangun tembok yg runtuh dibutuhkan sumber daya yg kuat dan strategi yng jitu…

  14. @suzuki mania
    udah pada tahu om..
    yg 60 jam dah di pecahkan atpm lain
    yg 100 jam testernya pada di kerokin coz masuk angin make mpe 100 jam…

  15. motor suzuki benernya jg bagus kq, bro2.. Pernah merasakan naik fu kan..wlpun bebek tp kenceng, matiknya pun akselnya msh joss dibandingkan xeon, modelnya pun bagus2 ya emang marketingya aj yg krng jos n minus motor batangan nihil inovasi

  16. Rumor adalah rumor. Belum tentu Pak Paulus kena ‘rem’ dari dalem, bisa jadi memang karena belum ada cukup amunisi produk yang bisa dipake perang marketing. Seperti halnya Honda 2008-2010 yang terlihat mandul, ujug2 di 2011 bombardir market dengan produk2 yg ga bisa di intercept kompetitor.

    At least Suzuki Nex keliatannya sudah mulai cukup agresif baik dari sisi produk, harga, dan program2 salesnya .

    Suzuki : Nex …. yang lain : Ex ( <– bikinan pak paulus bukan ya .. )

  17. Wewwww,… Solid yang utama, kalau cuma satu orang saja yang bergerak ya namanya kerja keras bro,… sekarang adalah era nya kerja cerdas…. bukan kerja keras… hehehehehe

  18. thn 2012 honda udah siap2 buat ngeluarin FU killer. kalo honda isa memberi value yg lebih dgn harga yg sebanding dgn FU (ane rasa isa mengingat blade jg valuenya lebih dibanding jup Z), maka tamatlah riwayat suzuki. ane benernya yakin sama keandalan mesin suzuki (ane pengguna shogun 110 2002 ga ada masalah sampe sekarang).

    kudunya suzuki mulai nentuin arah gerakny mereka kemana. dari iklan suzuki yg ga jelas emang suzuki spt kehilangan arah mereka. iklan nya ada gsx-r, hayabusa, dll yang gak dipasarin disini. bener2 deh kudu berinovasi dikit. suntik mati kek itu thunder, udah bulukan masih aja dipiara, ganti motor kek FXR yg didesain ulang mengikuti jaman, taruh pricing nya diantara CBR 150 ma vixion, maka tamatlah 2 produk itu. suzuki nex ane liatin juga lesu. jarang ada yang kejual kata salesnya soalnya sebelah rumah ane main dealernya suzuki jogja.

    kudu brani inovasi juga suzuki spt jaman 2 tak mereka yang pada waktu itu bener2 berteknologi tinggi spt suzuki rgr tangguh, FXR yang terlalu canggih pada jaman nya sehingga disuntik mati. ingat suzuki udah memiliki mesin2 tangguh yg tinggal disulap jadi motor2 yang mengikuti perkembangan jaman

    @bro IWB : tolong semua masukan yg terkumpul sodorin ke pak paulus ma petinggi suzuki, demi kemajuan mereka juga. thanks

  19. semua bermuara pada UUD alias ujung2nya duit, Suzuki kalah telak di sini,dan tentunya hal ini diperparah dengan adanya manajemen yang amburadul paska hengkanya pak Subronto Laras, cmiiw…..

  20. Buset, ni tulisan bisa bikin panas manajemen suzuki sama mr.paulus nih…lah ngrasanin mitra kerja pake bloger gini….parahhhh….mendingan resign aja kalo dah ngga diterima ide2nya…cari investor buat bikin merk baru, atau pindah kerja lagi…

  21. halah… suzuki indonesia kan cuma cabang jepang bro, apapun keputusan atau trobosan yang dilakukan harus seijin jepang dulu. meskipun RnD disini udah buat motor bagus dan disukai klo otoritas dijepang ngga ngijinkan diproduksi ya ngga akan diproduksi mau siapapun GM nya ngga akan bisa mengubah itu. subronto laras itu dulu memang berpengaruh di suzuki jepang karena termasuk pendiri suzuki indomobil di Indonesia klo paulus cuma GM doang.

  22. Mas IWB, artikelnya terlalu pedas dan terbuka,,, bagusnya disaring dulu biar gak terlalu panas. IMHO

    wendakalubis.wordpress.com/2011/11/30/pandangan-orang-jepang-terhadap-motor-honda-yamaha-kawasaki-dan-suzuki/

  23. Suzuki terlalu konsen di segment Roda-4 (mobil) tapi masih memble di R2, pak Paulus mungkin masih melakukan perbaikan internal manajemen, untuk Produk seandainya AHM bikin pesaing SatriaFU harusnya Suzuki justru nyiapin sport bermesin FU yg berpotensi menumbangkan kedigdayaan Vixion, untuk Matic Hayate-Nex harus di-iklanin secara maximal, untuk bebek kayaknya sulit mengalahkan dominasi AHM…. untuk class premium sediakan GW250

  24. sedikit serius ah, maaf kalo ada yang gak berkenan….

    rasanya mirip Pak Jokowi yahhh…. sangat diharapkan sekali mau memimpin Jakarta setelah sukses menjadikan Solo seperti sekarang ini…….

    atau Pak Dahlan Iskan yang sedang digadang2 menjadi bakal calon presiden 2014……

  25. Kalo dicermati, sepak terjang 1 orang utk bersaing di bisnis sepeda motor tidak mungkin berhasil tanpa dukungan semua sumber daya.
    Jangankan utk perubahan besar, perubahan kecilpun akan sulit diperoleh kalo tidak ada sinergi semua pihak.
    Yg saat ini contohnya, market share suzuki sangat rentan di bawah 6% di Indonesia sulit utk beranjak ke level yg lebih tinggi. Yg paling penting mungkin perubahan mendasar dari dalam secara menyeluruh akan berdampak pada pencapaian hasil positif.
    Keep One HEART n keep Safety Indonesia

  26. jgn berandai-andai…
    hai SUZUKI… saya pengguna SUZUKI di dunia balap roda dua… dan tak pernah ke lain hati… mulai 2001 s/d sekarang…
    tp perjuangan seolah-olah sia? belaka…
    walaupun kenceng tp tak terlihat…
    orang taunya yg kenceng JUPITER Z…
    COBA CARI TAHU KEUNGGULAN JUPITER Z DI BAGIAN RANGKANYA….!
    JANGAN KOLOT DG GEOMETRI RANGKA SUZUKI YG GAK BS DIAJAK MASUK N KELUAR TIKUNGAN…!!!

    KENCENG TP GAK BS BELOK?CELENG=BABI HUTAN…!!!

  27. menyikapinya rintangan jangan sebagai masalah…

    saatnya tahun 2012 kerja kerja kerja…

    #mantengjawapos

  28. @ all

    Artikel Mas Iwan ini sebenarnya ngak pedas, ini pas banget dengan jeritan hati para fans Suzuki.

    Mudah2an ordal Suzuki membaca artikel ini, suka tak suka, inilah kenyataan yang terjadi.

    Mantafffff………. Mas Iwan…..!!!!!
    Keep nice postinggggg……….!!!!!

Comments are closed.