iklan iwb

Untuk membangun loyalitas? serta trust dari konsumen tidaklah murah. Butuh perjuangan serta cost luar biasa besar. Coba mzbro intip TVC (iklan TV), Print ad (iklan media cetak), flyer…kegiatan below the line serta seabrek marketing act….bisa menguras duit hingga milyaran rupiah. Tujuannya apa?? supaya produk mereka menyita perhatian yang ujung-ujungnya dibeli konsumen. Setelah itu??….harus tetap dijaga dengan baik agar terbentuk loyalitas. Kalau tidak?? seperti yang terjadi pada teman IWB berikut ini….

Sakti…penunggang PIES aka Pulsar 135 menceritakan kekesalan hatinya sebab pelampung dalam karbu tunggangannya pecah tanpa diketahui sebab musababnya. Baru kepergok kala doi sedang servis rutin didealer Bajaj…mekanik terlihat menggoyang-goyang kuda besi merah kesayangan. Sakti bertanya…..kenapa digoyang-goyang??. Dia bilang bensinnya rembes. Pas dibuka karbunya lagi…ternyata pelampungnya pecah. Sakti shock dan kaget. Apalagi menurut mekanik, sepertinya pelampung pecah dari dalam. Lha koq bisa?? mereka tidak mampu menjelaskan…..

Jawaban tidak memuaskan? membuat Sakti mumet. Mosok iya pelampung karbu pecah sendiri??. Walau ada kecurigaan, doi tidak mau memperpanjang urusan. Yang lebih menjengkelkan….suku cadang vital tersebut tidak ada. Jadi kudu inden hingga waktu tidak terbatas. Makin kesal mzbro. Padahal kendaraan menjadi alat utama transportasi untuk kerja sehari-hari. Akhirnya pelampung hanya ditambal dengan powerglue dicampur kapas sebagai pengikat. Hingga saat ini, belum ada kesimpulan apakah pecahnya pelampung akibat kecerobohan mekanik atau cacat item. Atas kejadian yang dialami…doi mengatakan kapok dan tidak mau membeli merk Bajaj. Walah….

iklan iwb

Sayang rupa pelampung tidak diabadikan doi. Sebelumnya…Sakti memang banyak mengeluh tentang pabrikan Bajaj menyangkut 3S. beberapa contoh yang pernah IWB terima…. serpihan atau potongan metal difilter mesin,? pemasangan kampas rem depan seret mengakibatkan roda susah berputar namun mekanik cuek tidak mau mengamplas dahulu (ini juga bingung mzbro…padahal kampas adalah genuine part), dan klimaksnya adalah kejadian pecahnya pelampung karbu diatas….

Sebuah produk mumpuni akan percuma tanpa dibarengi 3S jempolan. Hal ini yang kudu menjadi perhatian pabrikan. Sebab jika relasi berhasil dipelihara….bonding bakal terbentuk….yang pada ujungnya konsumen setia menggunakan merk mereka. Kenapa Honda dan Yamaha bisa besar seperti sekarang?? sebab segala sesuatu yang menyangkut sales, servis dan sparepart dikelola dengan baik. Bajaj Indonesia harus berkaca pada mereka dan segera berbenah kalau tidak mau ditinggalkan konsumen. Sederhana namun sangat nampol efeknya. Mekanik handal, spare part siap sedia dan jaringan luas adalah key factor kesuksesan dalam menggedor dominasi Jepang. Btw…gimana dengan para penyemplak Pulsar series yang lain??. Pernah mengalami hal serupa nggak?? Monggo share infonya mzbro….(iwb)

97 COMMENTS

  1. sbenernya itu 1:1000 yang cacat, QC pun gak akan ngeh dengan barang sekecil Pelampung itu. lha saya aja pernah ngalamin part sepele/kecil tapi sangat vital rusak, n gantinya malah sepaket ga cuma part yang kecil itu. yang jadi konser di bjaj sampe saat ini cuma Spare Part yang inden…

  2. 45. ?HM = asli honda mahal a.k.a. OPER PRESSS – Desember 30, 2011
    pertanyaan koq bisa ??lha emboh ..*mekanik mumet di tanya terus*
    .
    46. ?HM = asli honda mahal a.k.a. OPER PRESSS – Desember 30, 2011
    coba mekanik ahass di tanya konsumen ??knapa tengki motor tiger ane bocor ??? KOQ BISAA ..
    .
    48. ?HM = asli honda mahal a.k.a. OPER PRESSS – Desember 30, 2011
    pabrikan besar aja produknya ada yg komponen acak kadul apa lg pabrikan newbie ?di komparasi aja harga pelampung karbu pulsar sama tengki ori tigor mahal mana ?kwkwkwkwkw
    .
    49. ?HM = asli honda mahal a.k.a. OPER PRESSS – Desember 30, 2011
    wah bro sakti ntar suruh beli tigor aja ..waktu tengki bocor coba doi apa bilang gk mau beli produk hondut lg ..pnasaran ane ..
    .
    50. ?HM = asli honda mahal a.k.a. OPER PRESSS – Desember 30, 2011
    @gae
    mank cacat item ama cacat massal beda ea bro brapa kasus pelampung pulsar rusak n brapa kasus tengki bocor tiger ?xixixi

    =================================================|
    Parah banget tu orang, dari dulu kerjanya cuma bisa ngejelek”in suatu produk terus. Amit-amit dah sama orang kayak gitu.
    astagfirullahaladzim

  3. Perlu berfikir 1000 kali ni kalo mau beli merk yg di bahas di atas.2 merk yg pernah ku pakai sayap n garpu sampai sekarang ???? ada keluhan tu

  4. Kalo pecah sndiri di dalam karbu kemungkinan kecil sekali..tapi klo keteledoran mekanik bajaj ya besar sekali
    Aftersales jauh dr memuaskan adalah kekurangan vital vendor india
    Bahkan di beberapa kota beres bai malah diserahkan di bengkel kecil pinggir jalan krn beres nya yg asli dah tutup

    Si AHM :
    Lah itu yamaha gimana?
    Gimana nasib byson yg pada initial release diakui bahannya dibawah standar
    Adakah recall
    Kasus segitiga patah byson,,komstir oblak yg dialami 7 dari 10 vixion mpe rangka las2an deltabox gampang karatan gimana?
    Nasib pio mpe new pio z juga tetep ambles aja tanpa ada revisi..boro2 revisi…recall aja kakak pernah tuh ymki
    Nasib 5 dari 10 mio yg velg belakangnya gedek2 gimana??

    Gak heran ymki dilebur..krn penjualan anjlok (selain krn udah tdk produktif lagi tu variannya)

    Klo bc ya gpp asal gk keliatan…klo keliatan gitu malah yamahamu yg makin dijauhi gr2 mendidik pemakainya jadi alay dan labil

    Cheers

  5. @ulil
    biasanya si para pulsar rider uda siap mental…lah emang kaya gt kenyataannya…ga perlu jadi fans fanatik buta… 🙂
    ane juga pake p220, ane juga mengakui klo mekanik bajaj n sparepart tu bermasalah…tapi sejauh ini ane puas sama p220 yang ada…

  6. quote:
    “Kenapa Honda dan Yamaha bisa besar seperti sekarang?? sebab segala sesuatu yang menyangkut sales, servis dan sparepart dikelola dengan baik.”

    apakah SERVIS di BERES Honda the best om? bukan ngebela BAJAJ ya, tapi setau gw, banyak komplain deh soal BERES-nya HONDA. HONDA ketolong sama bengkel umum + KW spare part yang banyak. kalo Yamaha, gw kagak tau..

  7. Kasihan kau pulsar tak ada yg membela beda sama pabrikan H biar tangki bocor tetep di bela fansboy mati2an

  8. @ade

    apakah SERVIS di BERES Honda the
    best om? bukan ngebela BAJAJ ya,
    tapi setau gw, banyak komplain
    deh soal BERES-nya HONDA. HONDA
    ketolong sama bengkel umum +
    KW spare part yang banyak. kalo Yamaha, gw kagak tau..

    ??????

    cerdas btul bro lbh bnyak bengkel umum drpd bengkel atpm …wah brt mekanik bengkel ahass ada yg gk ngeh jg ea ..

  9. Butuh effort yang luar biasa besar untuk bisa sejajar dengan pabrikan sekelas Honda, Yamaha dan Suzuki.

    autoblogindonesia.wordpress.com/2011/12/30/pt-benelli-motor-indonesia-daftarkan-4-type-moge/

  10. yang namanya di beres (bengkel resmi) kudu tetep ati2 cuy kecuali ente2 sudah punya mekanik langganan di beres (so pasti kan di ati2 klo kerja) kalo ane service pasti minta mekanik langganan ane bwt service motor ane (walaupun waktunya no.antrian ane) trus di salami 5000 sudah seneng tuh mekanik hehehehe… (yang penting motor aman). di cek dulu euy siapa mekaniknya trus liat namanya di nota kalo enak dibuat langganan di mintai no.hp ben akrab (walaupun di katain maho ra urus)

  11. kayaknya keteledoran mekanik.. krna blm ada kasus sperti ini sblumnya..

    sya pgguna pulsar juga, tp yg 200cc taun 2008.. ini motor sport pertama sya, dpt seken bln april lalu, sblumnya biasa pakai bebek, dan sblum sya meminang pulsar, sya sdh mncari informasi tntang pulsar, kkurangan dan klebihannya apa.. dan sya rasa sya siap mnerimanya.. sah? sahhhhhh.. hehe
    apalagi yg namanya barang seken pasti sudah kemakan umur, kdang mmang butuh ganti2 part.. klo inden part ato barang kosong menyebalkan memang.. tp entah lah kyaknya saya sdh kena pelet aura yg d pancarkan pulsar sejak masuk indonesia dgn 180 UG3 tahun 2006 lalu.. pdahal april 2011 itu sudah ada motor2 baru, byson, new megarpro, new scorpio, tiger, vixion, thunder yg d jamin lebih mapan part2nya….mau ambil baru pulsar 220 gak suka desain half fairingnya, mau ambil 180UG4 gak suka knalpotnya.. pgn 220 naked, tp gak masuk indonesia,,, ya dah wes, ambil seken pulsar 200 aja.. pulsar 200 ku pinang dgn bismillah… hahaha

    ya kita smua tau stiap motor pnya kelebihan dan kekurangn, dan saya akui pulsar jg pnya bnyak kkurangan.. kita memilih motor kayak kita mncari pasangan hidup, kita harus siap dgn baik-buruknya motor trsebut..

    sya sarankan kpada mas sakti, untuk sabar, silakan mncari sperpart di bengkel2 resmi bajaj di kota lain, klo di jawatimur, bisa menggunjungi bengkel resmi di surabaya di jalan mayjen sungkono, d jatim paling lgkap..

    apakah hal ini kelalaian mekanik, bisa d urut kronologisnya.. klo memang indikasinya ke arah sana, bisa dikomplain di web resmi BAI..
    klo butuh bntuan bisa kontak sya.. 🙂

  12. @ ?HM = asli honda mahal a.k.a. OPER PRESSS,
    Cong…ini kan lagi ngomongin pulsar 135, bukan motor merk lain.

    Baca lagi artikel ini baik2!
    Kalo menurut lu tiger jelek dan faktanya motor lu kawasaki, brarti ngga ada masalah kan??

    Ngapain lu ngejelek2in motor lain??

    Motor gue bukan pulsar, tapi gue ngga jelek2in pulsar.

  13. @ ?HM = asli honda mahal a.k.a. OPER PRESSS,
    Cong…klo motor lu kawasaki, urus aja motor lu sendiri!
    Ngga usah jelek2in motor lain!

    Kalo lu punya bini, urus aja bini lu sendiri!
    Ngga usah jelek2in bini org laen!!

  14. 60. Jet A1 – Desember 30, 2011

    Kalo pecah sndiri di dalam karbu kemungkinan kecil sekali..tapi klo keteledoran mekanik bajaj ya besar sekali
    Si AHM :
    Lah itu yamaha gimana?
    Gimana nasib byson yg pada initial release diakui bahannya dibawah standar
    Adakah recall
    Kasus segitiga patah byson,,komstir oblak yg dialami 7 dari 10 vixion mpe rangka las2an deltabox gampang karatan gimana?
    Nasib pio mpe new pio z juga tetep ambles aja tanpa ada revisi..boro2 revisi?recall aja kakak pernah tuh ymki
    Nasib 5 dari 10 mio yg velg belakangnya gedek2 gimana??

    setuju dengan yang pertama, kmungkinan pecah dar bawaan ya sangat2 kecil n hampir gak mungkin, seumur2 pegang n punya beberapa motor semua merk jepun pernah n terakhir indihe gak ada yang kayak gini kasusnya, tapi malah ada kasus karna keteledoran mekanik n gak mau mengaku n hanya diam saja,,,,,, mungkin karna takut disalahkan n dikenai sangsi dari atasannya kalo ketahuan, jadi ya ngeles atau diem, yakin ini kemungkinan besar karna keteledoran mekanik….

    soal kejelekan motor2…sama ajalah, ada banyak kasus trouble seperti yang di bilang ama bro jet A1 di atas, honda juga gitu…. tangki2an itu temen kos nih bukti nyata, saya liat sendiri karat n lobang tangkinya parah gitu… real, jadi yaaaaa
    saling mengakui saja,,,,
    la…laaaaa

  15. mungkin waktu buka plampungnya dicongkel pake obeng bro jadi pecah tuh plampungnya coz baru kali ini denger ada plampung pecah sendiri, biasanya plampung pecah karena kecelakaan tabrakan atau dilindas mobil.

  16. Mulai deh, mentang2 wez dipinjemin TVS sekarang Bajaj yang dikadalin… Iklan busuk terselubung… Silahkan kalo bikin artikel beritahukan artikel dan gambar, itu kode etik…. No Pict = Hoax… Hayo cari kelemahan yang lain dari Bajaj dan post semua…

  17. Feedback dr rider bs dpkai tuk jd lbh baik. Mudah2an ada tanggapan dari BAI. Banyak jg case kronik tp tanpa tanggapan dan jd bahan ejekan 🙂

  18. andikakusumaharyanto pada Desember 30, 2011 pukul 10:43 AM berkata:

    saya rasa tidak semua mengalami kasus seperti ini, mungkin hanya menimpa beberapa orang saja. Saya rasa ada khasus khasus serupa dari merek dagang selain PULSAR, yang mana tidak terekspos atau diangkat seperti khasus bro yang satu ini.

    myskywave.wordpress.com/2011/12/30/menikmati-kenyamanan-piaggio-big-
    cooter-goes-to-jogja/

  19. aahhh paling cuma 1 ato 2 orang yg kayak gitu
    kalo tangki bocor udah ratusan bahkan ribuan orang kena

  20. Gw nyari karet pengikat tools di jok spacy lom nemu, maren ke bonjer lupa. Nyari sp kalo kosong emang ngeselin apalagi kalo penting.
    Saran kepada bajaj indonesia buka toko spare part online, trus konsolidasi barang dikirim langsung dari india pake pesawat, max seminggu nyampe. Mosok beli spare part pake inden bulanan, skrg jaman global rek.

  21. Kalo g salah, ada anak yg bilang jeroan karbu p135 bisa pake punya force 1. Pj ane aja udah ganti ama punya force 1.

    produk bajaj g bakal ngecewain kl stok sparepart n servis nya bener… Sekarang g usah dulu ngimpi sparepart ada di toko2. Di beres aja banyak temen keliling jakarta buat beli sparepart untuk servis besar

  22. SE7.. PAKE PELAMPUNG KAPAL AJJA BIAR GAG PECAH!!! Ban PAKE BAN MATI/KARET AJA… REMnya PAKE KAKI DI NGESOTIN AJJA… DIJAMIN AWET…

    Itu seh masalah brand, … sekarang coba deh bayangin… Kalo Technology BAJAJ/Pulsar diterapkan Pabrikan Motor Nippon… Atau Pabrikan motor nippon duluan yang ngeluarin produk kae gini… Pasti Penilaiannya ditinggi-tinggiin….

    …BeTeWe (STOP DISKRIMINASI)…

  23. Gw pake XCD 2010 Oke-oke ajja… sekarang pake PIES udah 3 bulan juga Oke-oke ajja.. .. 1/58 km dengan rata2 kecepatan 70-80 Kpj.. Oke Kan??

  24. Emang Bro banyak banget keluhannya, ane pengguna p135, masalahnya banyak banget :
    1. Baut knalpot patah,
    2. dudukan knalpot jg patah
    3. packing oli bocor teruss, ane dah ganti tuh packing ada 6x..
    4. Mesin Berisik
    5. KOMSTIRnya OBlak oblak

    Dan parahnya Tuh komstir dari tahun 2010 nongol ampe sekarang 2012…..TETEP GA ADA!!!!!!!!!!!!

    PArah nie BAJAJ…

  25. w punya pulsar 135 ,. baru 1,5thn .mesin sdh bunyi ga biasanya ,pas di cek Bearingnya rusak , sdh diganti di bengkel resmi, tapi belom sebulan rusak lagi. gmn nih motor ngerongrong truusss,

    yg tau solusinya ???

  26. @93
    Klo Ane pnya pulsar klo ada masalah lsg Ane jual aj cz mumpung msih baru biar harga jualnya gak terlalu jatuh tahun berikutnya.

  27. mekanik juga manusia bos…..
    bukan robot,
    di maklumi…..
    toh ya gak mbledak,
    masak pelampungx pecah entr sakit gigi,
    hanya pelampungx pecah jadi permasalahan yg besar,
    klu blm pernah jadi mekanik y gitu cm bs ngomen gak jelas,
    dilogika dulu baru komentar n punya dasaran,
    gak asal njelekin nama mekanik
    (salam mekanik)

  28. Abang2 mekanik jgn pada marah..kita ga bicara semua mekanik,,tp mekanik2 yg nakal aja
    BAJAJ itu produk bagus,,,tapi manajemen showroom & mekaniknya yg brengsek (apalagi showroom2nya yg di surabaya),,,imbasnya kita pengen produk terjangkau dan ga murahan dengan konsekuensi biaya perawatan yg jauh lebih mahal ketimbang merk kompetitornya,,,

    So jika kalian para pengguna pulsar,,,ada baiknya waspada & berhati-hati,,,jangan beri celah para mekanik nakal untuk beraksi,,,itu saja dari saya

    -sumber: pengalaman sendiri-

Comments are closed.