iklan iwb

Untuk membangun loyalitas? serta trust dari konsumen tidaklah murah. Butuh perjuangan serta cost luar biasa besar. Coba mzbro intip TVC (iklan TV), Print ad (iklan media cetak), flyer…kegiatan below the line serta seabrek marketing act….bisa menguras duit hingga milyaran rupiah. Tujuannya apa?? supaya produk mereka menyita perhatian yang ujung-ujungnya dibeli konsumen. Setelah itu??….harus tetap dijaga dengan baik agar terbentuk loyalitas. Kalau tidak?? seperti yang terjadi pada teman IWB berikut ini….

Sakti…penunggang PIES aka Pulsar 135 menceritakan kekesalan hatinya sebab pelampung dalam karbu tunggangannya pecah tanpa diketahui sebab musababnya. Baru kepergok kala doi sedang servis rutin didealer Bajaj…mekanik terlihat menggoyang-goyang kuda besi merah kesayangan. Sakti bertanya…..kenapa digoyang-goyang??. Dia bilang bensinnya rembes. Pas dibuka karbunya lagi…ternyata pelampungnya pecah. Sakti shock dan kaget. Apalagi menurut mekanik, sepertinya pelampung pecah dari dalam. Lha koq bisa?? mereka tidak mampu menjelaskan…..

Jawaban tidak memuaskan? membuat Sakti mumet. Mosok iya pelampung karbu pecah sendiri??. Walau ada kecurigaan, doi tidak mau memperpanjang urusan. Yang lebih menjengkelkan….suku cadang vital tersebut tidak ada. Jadi kudu inden hingga waktu tidak terbatas. Makin kesal mzbro. Padahal kendaraan menjadi alat utama transportasi untuk kerja sehari-hari. Akhirnya pelampung hanya ditambal dengan powerglue dicampur kapas sebagai pengikat. Hingga saat ini, belum ada kesimpulan apakah pecahnya pelampung akibat kecerobohan mekanik atau cacat item. Atas kejadian yang dialami…doi mengatakan kapok dan tidak mau membeli merk Bajaj. Walah….

iklan iwb

Sayang rupa pelampung tidak diabadikan doi. Sebelumnya…Sakti memang banyak mengeluh tentang pabrikan Bajaj menyangkut 3S. beberapa contoh yang pernah IWB terima…. serpihan atau potongan metal difilter mesin,? pemasangan kampas rem depan seret mengakibatkan roda susah berputar namun mekanik cuek tidak mau mengamplas dahulu (ini juga bingung mzbro…padahal kampas adalah genuine part), dan klimaksnya adalah kejadian pecahnya pelampung karbu diatas….

Sebuah produk mumpuni akan percuma tanpa dibarengi 3S jempolan. Hal ini yang kudu menjadi perhatian pabrikan. Sebab jika relasi berhasil dipelihara….bonding bakal terbentuk….yang pada ujungnya konsumen setia menggunakan merk mereka. Kenapa Honda dan Yamaha bisa besar seperti sekarang?? sebab segala sesuatu yang menyangkut sales, servis dan sparepart dikelola dengan baik. Bajaj Indonesia harus berkaca pada mereka dan segera berbenah kalau tidak mau ditinggalkan konsumen. Sederhana namun sangat nampol efeknya. Mekanik handal, spare part siap sedia dan jaringan luas adalah key factor kesuksesan dalam menggedor dominasi Jepang. Btw…gimana dengan para penyemplak Pulsar series yang lain??. Pernah mengalami hal serupa nggak?? Monggo share infonya mzbro….(iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

97 COMMENTS

  1. pertamax ya 😀

    dulu pernah pake pibo,,speedometernya mati, kata mekaniknya kabelnya kena, eh ternyata stock kabel speedometer gx ada harus sekitar 2 bulanan gx ada juga, padahal speedometer kan juga penting

  2. kl make produk bjaj emang it kendalany. . . . Msh maklum d Indo br kurang 10 th . . . . H ma Y udh lbh dr 30 th . . .yg pntg ad itikad baik dr bjaj unt memperbaiki dan mengembangkan 3Snya . . . . . .

  3. 3Snya tak teruji………..konsumen kecewa……….jadilah virus kecewa………nyebar………klo dah kena mindset 3S bajaj kurang oke……nti jualan ngdrop loh…….

  4. Ah bajaj yang roda 3 dari dulu nggak ada 3Snya masih idup ampe sekarang dah gitu banyak lagi…coba tengok di senen, mangga2 ama di pramuka paling puolll banyaknya….he…he…he.

  5. jd inget tunggangan temen adek gw, bajaj juga, jatuh, footstep patah, inden 3 bulan, masih untung punya cadangan satria 2tak, klo engga ga bisa kmana2….alamat pasti naik angkutan umum……

  6. Klo soal sparepart ane lebih salut sam su**ki, gx ada kw kw an.. tp org blang mahal sih, tp gx jg tuh namanya jg orig ya lbih mahal toh.., tp kwalitasny top deh..
    Gx kyk ya**ha n h**da, yg kw kw nya bisa ame kw 3 atau kw4, hehehe (jd terkesan sparepart nya murah), jdnya klo sempat mo beli mtor second y***ha or h**da jd was was tkut gx berkwalitas lg krn takut isi mesinny bnyk yg gx orig lg..

  7. setau ane…bahan pelampung karbuator cuman ada dua jenis.. bahan kuningan (biasa ada di motor2 jadul)… ama bahan plastik..

    di vespa ane aje..pake bahan plastik… beberapa kali dibongkar, diservis, disemprot2 angin.. kagak kenape2..
    motor2 laen pun ane yakin juga diperlakukan sama kayak gini..

    lha koq ini (pelampung karbu PIES) bisa pecah..?? baru tau ane kasus kayak beginian..

  8. motor pulsar itu bukan motor operasional.. tapi khusus yang bener2 hobby motor.. jadi buat inden4 gak masalah..

    daulu ane juga mau beli pulsar tapi gara2 dapet warning dari temen ane nih pulsar spare partnya susaaaaaaahhhhhhhh gila ane batal beli.. soalnya motor buat operasioanl cuyy

  9. woooow…baru kali ini denger kasus pelampung karbu pecah……, gw yakin itu gak mungkin pecah sendiri, kemungkinan besar adalah kesalahan mekanik, dulu juga waktu pake sijuki….fairing motor jadi retak di dket lubang utk baut, padahal sbelum masuk bengkel gak ada cacat gitu…. pas gw tanya mekanik bilang gak tau menau, emang sih gw tinggal pas servicenya jadi gak ngeliat langsung,
    gw juga ada kejadian tmen yang pake pulsar kjadian mal praktek ama mekanik, blok bawah mesinnya sampe retak gede cuy…. gara2nya tu mekanik maksain make bekas plat nomer untuk ngeganjelin baut tutup oli (EX)… diputer sekuat tenaga, akhirnya PRAAKK!!!
    gak lama tu mekanik resign….. takut di tuntut kalii
    (ini nyata, ada juga di buat artikelnya ama bro DIPO koboys)

  10. g perlu didramatisir laaahh. . .kasus kyk gini mah pling cm 1000 : 1
    y smoga ja ada itikad baek dari pihak Bajaj dlm menghadapi mslh2 kyk gini.

  11. Udah di cek kebenaran beritanya mas? soalnya bagi saya dan banyak orang, hampir tidak mungkin loh pelampung pecah begitu saja didalam karburator.
    Saran aja, mendingan untuk artikel begini dilengkapi foto dan keterangan pihak lain (maksudnya bukan hanya bersumber dari TS).

  12. @ 28. zuhry
    Setuju bro. Saya lebih condong curiga karena kecerobohan mekanik. Adik saya nunggang PZoo 4 tahun sampai sekarang juga baik2 saja. Masalahnya mekanik malah mengkambing hitamkan part itu sendiri…tidak gentle mengakui. Ini yang menimbulkan preseden buruk bagi perusahaan yang mereka abdi….
    @ 31. DC
    Bro…Sakti adalah teman IWB yang polos dan tidak neko2. IWB sangat kenal dengan karakternya. Tentang kebenaran berita, saya jamin tidak ada rekayasa. Btw…saya juga minta difoto, namun doi nggak bisa membuka-buka karbu sendiri. Mungkin servis kedepannya akan diusahakan…

  13. lha ini dia 3S nya hancurrrrr

    sparepart abal”

    siap” gulung tiker,klo ga ada kelanjutannya kasus” seperti ini

    sy kmaren aja kasus sama kawasaki

    ninja L yg baru berumur 9 bulan,kiproknya jebol
    padahal km motor sangat rendah,baru -/+ 1300km an.

    sy langsung mengajukan claim garansi di hari senin;

    hari selasa kawasaki menelepon saya,bahwa garansi bisa dilakukan tanpa dikenakan biaya sepeser pun,
    saya salut dengan kawasaki indonesia karena garansi yg diberikan di ninja L hanya 6 bulan;jd bisa dibilang garansi sy sudah habis,tp tetap diganti baru

    lebih baik pilih motor jepang aja d,lebih terjamin service dan 3S

  14. Untuk membangun loyalitas serta trust dari konsumen tidaklah murah. Butuh perjuangan serta cost luar biasa besar.
    ================================================

    seperti yang bro Iwan katakan pada awal artikel,

    krn bajaj murah,jd 3Snya juga lemah.makanya yg bkin motor Jepang mahal,ya krn sebagian harga yg dbeli konsumen itu buat 3 S tadi

    hmmm harusnya meskipun produk Bajaj itu 3Snya lemah,tapi kualitas produknya mesti bagus untuk menutupi 3S tadi,ya itung2 memberi jangka waktu yg lama untuk mengganti part

    sehingga Bajaj bisa ngeless,Meskipun inden partnya lama,tapi kualitas n ketahanannya kan lama

    yaa sekedar pendapat aja,apalagi bntar lagi kdatangan Duke.mesti dperbaiki tuh kualitasnya

  15. saya rasa tidak semua mengalami kasus seperti ini, mungkin hanya menimpa beberapa orang saja. Saya rasa ada khasus khasus serupa dari merek dagang selain PULSAR, yang mana tidak terekspos atau diangkat seperti khasus bro yang satu ini.

    myskywave.wordpress.com/2011/12/30/menikmati-kenyamanan-piaggio-big-scooter-goes-to-jogja/

  16. saya belum pernah beli pulsar, tp klo liat testi yg banyak masalah & gak memuaskan solusinya, walaupun kedepannya mau pake mesin ktm, tetep mikir buat beli..
    *maudibilangbcyosakkarepmumendingbelimahaldikittpminimmasalahsehatlahirbatin :mrgreen:

  17. 22. Yuhu – Desember 30, 2011

    Klo soal sparepart ane lebih salut sam su**ki, gx ada kw kw an.. tp org blang mahal sih, tp gx jg tuh namanya jg orig ya lbih mahal toh.., tp kwalitasny top deh..
    Gx kyk ya**ha n h**da, yg kw kw nya bisa ame kw 3 atau kw4, hehehe (jd terkesan sparepart nya murah), jdnya klo sempat mo beli mtor second y***ha or h**da jd was was tkut gx berkwalitas lg krn takut isi mesinny bnyk yg gx orig lg..

    mosokkkkkkkkkkkkkkkkkkk…..
    banyak tuh di toko onderdil. dari yang buatan lokal, abal-abal sampai yang buatan cina :mrgreen:
    kok tau???? ya tau lah, sering nganter temen (mekanik bengkel umum) ke toko onderdil kok.

  18. Menurut saya itu cacat item, pulsar200 saya dari taon 2009 feb sampai saat ini no problem, masih enak bgt, irit, bertenaga, blum servis besar pula, padahal km udah 40.000 an. Ikut berbela sungkawa buat bro sakti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here