iklan iwb

Bro….lunas sudah rasa penasaran tentang performa engine motor racikan TVS. Dengan embel-embel RTR yang berarti Racing Throttle Response….Apache 160 mampu menunjukkan tajinya sebagai motor yang kencang. Test berikut menjadi bukti kedigdayaan mesin 160cc SOHC Apache….

Uji kecepatan kali ini tidak lepas dari alat GPS recording yang sudah IWB gunakan berkali-kali lewat motor lain. Yah….sudah jamak speedo bawaan pabrikan tidak bisa dijadikan patokan sesungguhnya. Karena itu sejak dari awal, GPS sudah diON-kan agar tidak missed atau lupa. Sebagai informasi….bobot IWB 78kg dengan tinggi 170cm. Dan….seperti biasa…kondisi tengah malam menjadi pilihan utama menunggu jalanan lengang dan sepi. So…test dimulai….

Gear satu IWB betot hingga red line….upshift gear dua, ban depan sempat ngangkat sedikit . Pada gigi dua pergerakan RPM terdongkrak cepat….tembus 64km/jam. Masuk gigi 3….speed dengan enteng melewati 70,80,90,95km/jam….nafas terasa tercekik….gear 4 masuk….motor terus melejit keangka 100, 105, 110, 113km/jam…..mentok red line….shifting final gear (5)….angka speedometer bergerak menuju 118, 121km/jam….agak lambat namun teriakan engine masih padat….dipanteng terus lewat 123….124…125. Angin deras menerpa dari depan membuat IWB merapatkan badan sejajar dengan tanki..terkail 126…126…127…127…tetap 127km/jam…tidak mau bergerak lagi. Dan….trek habis dengan angka mentok 127km/jam. Wihhhh….lumayan kencang mzbro. Tapi…eittt tunggu dulu. Kita intip Runtastic GPS BB berapa top speed sesungguhnya…..

iklan iwb

Berhenti ditempat aman….meraih BB…save recording dan hasilnya??…anjrittt, 119,7km/jam mzbro!! (bisa kita bulatkan menjadi 120km/jam GPS). Woooww…..mantep!!

Sebenarnya IWB nggak terlalu kaget karena pada saat pengetesan….hempasan angin memang lumayan kencang. Artinya kalau sampeyan seorang yang sering nunggang motor…secara feeling sudah mampu meraba speed sesungguhnya. Dengan hasil yang ditunjukkan….berarti penyimpangan kecepatan speedo Apache hanya sekitar 7 km/jam dibanding GPS (persentase monggo dihitung sendiri). IWB yakin….dengan raihan kecepatan diatas, sudah cukup membuat repot mesin SOHC lain. Btw…ini adalah engine 160cc. Gimana kalau Apache RTR 180 ABS datang kemari??. Wihhh….maut tenan mzbro!!

Kalau ada yang bertanya tentang performa diluar variabel lain yang menjadi pertimbangan konsumen seperti 3S dan resale value.??….IWB harus fair mengatakan bahwa TVS Apache RTR 160 memang kencang dan patut dijadikan pertimbangan. Kencang, irit, dan handling stabil. Yang menjadi poin penting lainnya adalah reaksi suspensi dual shock nitro serta kestabilan pada high speed….secara keseluruhan sangat terjaga dengan baik (tidak ngambang). Just for info…karakter engine Apache rada unik yakni enteng dari bawah…namun agak nahan pada RPM 4000-5500 (vibrasi muncul direntang angka tersebut), kemudian melejit kembali hingga nafas habis….(iwb)

151 COMMENTS

  1. saran gue kalo mau test pake gps, sebaiknya beli khusus gps device, jangan pake hp apalagi BB hehe. kalo speed gps lebih cepat uptodate, begitu kita gas kenceng, speedo naik, gps jg ikut naik. gak pake lelet.

  2. Dilihat speknya :
    Vixi 14.8hp
    Rtr 15,sekian hp
    Jadi ya wajar vixi kalah
    Jgn memaksakan vixi menang 😀
    Apalagi di artikel sebelumnya rtr di cut di 11000rpm,,,vixi? 10500rpm

  3. mantap … motor kencang dan akurasi speedo bisa dipercaya.
    Hanya satu pertanyaan saya mas, ini motor bener standard opo emang *disiapkan tuk blogger biar review na bagus…?

  4. podo-podo jeblog dodolan e mending tukar tambah pibo karo apache ae rek… 🙂 soal e mari ngene pibo di ganti karo mesin duke sing anyar.

  5. 120 udah kenceng bgt tuh buat naked bike.
    Jangan coba2 noleh ke samping, ato menegakan badan.
    Bahaya bgt anginnya.

  6. kencengan dikit dr vixion ya,tapi kalo diadu jika vixion menang start duluan apache akan tetap kesulitan ngejar.karena modal kompresi gede vixion jadi cepet dapet top speednya.kalopun apache bisa 127km/jam perlu waktu berapa lama,berapa km?kalo lama dan jauh,baru dapet top speednya ya percuma

  7. Megapro 160 ane pernah tembus 126kmh (versi spido), berat badan 95kg, tinggi 178cm.. Itupun kejar2an, posisinya : Pio – P180 – Ane – Vixion. . Mepet semua,, cuma Pio yg lumayan jauh duluan. .
    Ama RTR belom pernah cz jarang nemu dijalan. .

  8. TVS juga kalo modif produknya untuk pameran hasilnya rapi dan sangat keren, sayang yang untuk di jual masih biasa-biasa saja.

  9. Vixon top speednya 140 km / jam bro, jadi TVS Apache RTR 160 bukan level vixion, tandingannya TVS paling bajaj Pulsar biar sama – sama india, sampai saat ini vixion belum ada pembanding.

  10. @ahli otomotif
    pake nama ahli tp wawasan ga luas. Kl liat youtube ma ga bisa 100% bener. Ente harus coba sendiri. Ga ada pio std yg bisa lari 150 km/jam kl ga udh modifan atau jl menurun. Loe buka web sitenya anak2 pio, malah rata mereka bilang top speed 125-140 km/jam. fu std rata2 jg 135 km/jam paling bagus 140 km/jam.
    Itupun msh spedometer, aslinya paling di kisaran 120 km/jam

  11. yup rtr emang kencang, kasian yg percaya cbr150 kencang, video nya aja dr luar yg gak jelas speknya, gada yg pernah membuktikan di indo, ama skutik disalip hihihi malu2in

  12. ane pernah balapan sm pio pke pulsar 200, pas waktu itu dapet top speed 120 km/jam cm beda tipis banget sepertinya tidak sampe 5 km/jam. Posisi sm2 nunduk. Pernah adu kebut sama megapro yg lama cm tahan 114 km/jam, tiger jg lewat ga lbh dr 117 km/jam, sm fu ane kalah aksel lmyan jauh tp saat kec dikisaran 120 km/jam imbang.

  13. Kayak nya NMP kena salip nich lawong top speed in speedo 118 xixixixi… tapi ada yang dpt 120 itu katanya mentok megap2 hihihihi…

  14. kenceng yg dipake test 😀

    pngalaman pribadi, jaman motor masih baru dgn konsumsi 1:48 dipake mudik full tank depok magelang masih cukup.

    cuma bisa nyampe 125 kpj speedo, itu juga panjang banget trek nya… kl normal, cuma sktr 121kpj. klaim brosur 118 kpj. dan rata2, kondisi standar skitar angka itu…

  15. Vixi 140kpj??
    Mentok jg 125kpj
    14,8dk buat 140kpj??
    Gk percaya..atasnya abis tuh vixi powernya kecil..cuma torsi bawah nya aj yg oke
    Cbr dohc 17an dk yah wajar kenceng…ada fairing lagi

  16. kayanya motor memang standar, dulu pernah ada yg upload video di fb top speed apache 135 km/h,anak club jogja kalo nggak salah bro

  17. Dear brothers…saya pengguna apache, review iwb memang benar adanya ko dan menurut saya unit yg dipinjamkan oleh pihak tvs tidak direkayasa..krn kami di club (Tvs) jg merasakan hal yg sama spt mas iwb.

    Ada plus minusnya product ini, saya walaupun sebagai pengguna tvs tp akan fair ko menilai tvs apache..

    – Performa tidak perlu diragukan lagi, akselerasi dan speed sudah teruji (tarikan ok, speed cakep)
    – ketahanan mesin jg sudah dibuktikan, di klub kami sudah sering turing keluar kota bahkan keluar pulau…dan lancar2 saja..pemakaian unit sudah ada yg 3tahun.
    – ban standar licinn sekali, wjib kudu ganti ban.
    – byk yg dipasangkan oil cooler spy mesin tambah adem
    – kopling jg sebaiknya diganti punya tiger baik kampas dan per nya
    – stang memang bergetar…ini memang karakteristik apache, tp tidak terlalu menggangu kl sudah biasa..byk jg teman2 di klub yg mengganti stang asli dengan model turing (menggunakan raiser). Tp getaran ini di rpm tertentu hilang ko.

    Demikian sedikit review dr saya brother, ada kurangnya ada lebihnya..mari jgn beradu top speed…bukan itu yg penting, yg penting adalah safety riding!

    Salam biker

  18. Brothers, mau menambahkan sedikit lagi nih..utk 3S memang perlu ditingkatkan..tp kami yakin pihak pabrikan tidak akan tinggal diam saja utk hal ini, krn pengguna tvs sudah semakin byk dan sangat vocal thd pabrikan. Dan seluk beluk tvs sudah banyak yang sangat2 faham..terutama teman2 di klub.

    So jgn ragu jika ada yg ingin mencoba meminang tvs..baik bebek maupun sportnya, layak ko untuk menjadi pilihan.

    Oh ya utk setang yg agak bergetar (di rpm tertentu saja) krn mesin apache tidak ada engine mountingnya ke rangka…motir jd kebih rigid dan handling mantap, sedangkan stangnya model jepit yg langsung ke fork depan..wajar sedikit terpengaruh.

    Demikian sedikit tambahan…thank u brother iwb atas reviewnya yg sangat ok.

    Salam biker

  19. kok g ad yg blg “cs1 aj 125cc bsa 125kpj, msa yg 160cc cma dpt 119kpj”. . .
    hihihi . . . cah gemblung . . .

  20. Widihhh masak NMP bsa kalah apalagi Vixion, Jangan2 saingan ama CBR150 nih… hehehe…. Bahaya klo CBR150 bsa kalah apa kata speedfreak nanti..

  21. wah telat……………. 🙁
    mantap kali, so getaran cuma di rpm 4000-5500 ya, mantaplah kalo gitu…………. disinyalir vixi kalah di rpm bawah, dan mungkin akan kerepotan meladeni si apache ini di rpm tinggi. bagus juga ni mzbro jika topspeed apache vs vixion dikomparasikan……….

  22. ga heran knp harga motor tvs lbih tnggi drpda bajaj. Andaikan tvs pny motor 220cc mgkin tenganya ampe 24-25 hp, andaikan ada trus modelnya di facelift beli deh..
    Masa kalah ama bajaj mau ganti model dan mesin jg..
    Kl tvs taun depan ga ada inovasi akhir tahun depan semakin tenggelam klh sama bajaj yg smart

  23. hehehe ada yg ngotot vixion lebih kenceng. belum tau dia tvs rtr160 tarikannya paling kenceng di kelasnya. bukan rahasia lagi motor yam**a di indo speedo rata2 besar error-nya.

Comments are closed.