iklan iwb
iklan iwb

Bro….lunas sudah rasa penasaran tentang performa engine motor racikan TVS. Dengan embel-embel RTR yang berarti Racing Throttle Response….Apache 160 mampu menunjukkan tajinya sebagai motor yang kencang. Test berikut menjadi bukti kedigdayaan mesin 160cc SOHC Apache….

Uji kecepatan kali ini tidak lepas dari alat GPS recording yang sudah IWB gunakan berkali-kali lewat motor lain. Yah….sudah jamak speedo bawaan pabrikan tidak bisa dijadikan patokan sesungguhnya. Karena itu sejak dari awal, GPS sudah diON-kan agar tidak missed atau lupa. Sebagai informasi….bobot IWB 78kg dengan tinggi 170cm. Dan….seperti biasa…kondisi tengah malam menjadi pilihan utama menunggu jalanan lengang dan sepi. So…test dimulai….

Gear satu IWB betot hingga red line….upshift gear dua, ban depan sempat ngangkat sedikit . Pada gigi dua pergerakan RPM terdongkrak cepat….tembus 64km/jam. Masuk gigi 3….speed dengan enteng melewati 70,80,90,95km/jam….nafas terasa tercekik….gear 4 masuk….motor terus melejit keangka 100, 105, 110, 113km/jam…..mentok red line….shifting final gear (5)….angka speedometer bergerak menuju 118, 121km/jam….agak lambat namun teriakan engine masih padat….dipanteng terus lewat 123….124…125. Angin deras menerpa dari depan membuat IWB merapatkan badan sejajar dengan tanki..terkail 126…126…127…127…tetap 127km/jam…tidak mau bergerak lagi. Dan….trek habis dengan angka mentok 127km/jam. Wihhhh….lumayan kencang mzbro. Tapi…eittt tunggu dulu. Kita intip Runtastic GPS BB berapa top speed sesungguhnya…..

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Berhenti ditempat aman….meraih BB…save recording dan hasilnya??…anjrittt, 119,7km/jam mzbro!! (bisa kita bulatkan menjadi 120km/jam GPS). Woooww…..mantep!!

Sebenarnya IWB nggak terlalu kaget karena pada saat pengetesan….hempasan angin memang lumayan kencang. Artinya kalau sampeyan seorang yang sering nunggang motor…secara feeling sudah mampu meraba speed sesungguhnya. Dengan hasil yang ditunjukkan….berarti penyimpangan kecepatan speedo Apache hanya sekitar 7 km/jam dibanding GPS (persentase monggo dihitung sendiri). IWB yakin….dengan raihan kecepatan diatas, sudah cukup membuat repot mesin SOHC lain. Btw…ini adalah engine 160cc. Gimana kalau Apache RTR 180 ABS datang kemari??. Wihhh….maut tenan mzbro!!

Kalau ada yang bertanya tentang performa diluar variabel lain yang menjadi pertimbangan konsumen seperti 3S dan resale value.??….IWB harus fair mengatakan bahwa TVS Apache RTR 160 memang kencang dan patut dijadikan pertimbangan. Kencang, irit, dan handling stabil. Yang menjadi poin penting lainnya adalah reaksi suspensi dual shock nitro serta kestabilan pada high speed….secara keseluruhan sangat terjaga dengan baik (tidak ngambang). Just for info…karakter engine Apache rada unik yakni enteng dari bawah…namun agak nahan pada RPM 4000-5500 (vibrasi muncul direntang angka tersebut), kemudian melejit kembali hingga nafas habis….(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!