iklan iwb
iklan iwb

Tidak ada yang pernah bisa menduga apa yang akan terjadi dijalan. Bahkan orang yang taat lalu lintas….selalu mengikuti rambu-rambupun belum jaminan untuk selamat sampai tujuan. Karena itu….jangan pernah meremehkan kekuatan do’a mzbro. Seperti yang pernah IWB saksikan didepan mata…..

Dari rumah berangkat kerja dengan jurusan Depok-Jakarta. Rute yang rutin IWb lalui yakni Margonda-UI-lenteng Agung serta Buncit. Kecepatan sedang antara 60-70km/jam. Suasana menyengat siang hari (sekitar jam 1) membuat keringat mengucur deras. Untung lalu lintas agak lengang sehingga hembusan angin menjadi pendingin menyejukkan. Mobil…motor…angkot….kopaja berbaur menjadi satu. Sampai pada satu momen…setelah tikungan fly over UI, ada angkot warna biru sedang berusaha menyalip kopaja dari sebelah kiri. Sedang IWB menyalip bus kecil merk Mitsubishi tersebut dari sebelah kanan. Speed motor IWB lebih kencang…tapi karena masuk sedikit lambat ketimbang siangkot (tipe Kijang) maka posisi IWB masih dibelakang mobil plat kuning. Entah kenapa…maksud hati ingin mendahului siangkot seperti ada yang menahan….

Gas sikuda besi dikurangi….dan membiarkan siangkot menjauh. Hingga jarak sekitar 10 meter…didepan mata, tiba-tiba timbul suara ledakan. Secara mengejutkan…..pelk bersama ban belakang sebelah kanan terlempar lurus kearah kanan dengan kecepatan tinggi. Mobil berisi 4 penumpang tersebut miring oleng terseok-seok tak terkendali. Semua penumpang menjerit. Percikan api hasil dari gesekan besi as angkot dengan aspal bak kembang api menyala terang menyilaukan. Tuas rem IWB betot habis mencegah tunggangan mendekat. Untung respon kendaraan dibelakang tidak telat sehingga tabrakan beruntun bisa dihindari. Shock mzbro…lemes serta gemetar menyaksikan pemandangan yang nyaris mencelakakan. Sebab kenapa???…

iklan iwb

Jika skenario diganti…yakni IWB tidak mengikuti bisikan nurani dengan tetap mendahului siangkot, cerita akan lain. Sebab timing lepasnya pelk sama persis ketika IWB menyalip. Posisi IWB akan tepat berada pada sisi sebelah kanan roda…dan sampeyan bisa tebak apa jadinya. Bobot pelk beserta ban dilempar pada kecepatan tinggi bakal membawa dampak besar pada obyek yang dilewati. Entahlah…IWb tidak mau membayangkan. Namun dari segala cerita diatas, doa adalah satu hal yang tidak boleh dilewatkan. Serahkan semuanya pada yang membuat, mengatur dan menguasai alam ini. Karena kenapa…..sesuatu yang ghaib kadangkala tidak bisa dijabarkan dengan ilmu Sains. Sebagai seorang muslim mzbro bisa gunakan doa berikut…

Shahih At-Tirmidzi 3/156.96- DOA BEPERGIAN207- اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، {سُبْحَانَ الَّذِيْ سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِيْنَ. وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ} اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ فِيْ سَفَرِنَا هَذَا الْبِرَّ وَالتَّقْوَى، وَمِنَ الْعَمَلِ مَا تَرْضَى، اللَّهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِ عَنَّا بُعْدَهُ، اللَّهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِي السَّفَرِ وَالْخَلِيْفَةُ فِي اْلأَهْلِ، اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ وَسُوْءِ الْمُنْقَلَبِ فِي الْمَالِ وَاْلأَهْلِ. وَإِذَا رَجَعَ قَالَهُنَّ وَزَادَ فِيْهِنَّ: آيِبُوْنَ تَائِبُوْنَ عَابِدُوْنَ لِرَبِّنَا حَامِدُوْنَ.207. “

” Allah Maha Besar . Maha Suci Tuhan yg menundukkan kendaraan ini untuk kami sedang sebelumnya kami tidak mampu. Dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami . Ya Allah! Sesungguhnya kami memohon kebaikan dan taqwa dalam bepergian ini kami mohon perbuatan yg meridhakanMu. Ya Allah! Permudahlah perjalanan kami ini dan dekatkan jaraknya bagi kami. Ya Allah! Engkaulah teman dalam bepergian dan yg mengurusi keluarga. Ya Allah! Sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kelelahan dalam bepergian pemandangan yg menyedihkan dan perubahan yg jelek dalam harta dan keluarga.”

Atau kalau terlalu panjang……monggo boleh saja baca Basmallah seperti yang IWB lakukan (tidak hafal euy :mrgreen: ) sebagai niat positif dan meminta perlindungan Allah SWT.  Last...yang menggembirakan semua penumpang dalam tragedi diatas selamat tidak ada cedera serius. Cuma yang membikin IWB mangkel….jebule kondisi as dalam keadaan karatan tidak memenuhi syarat jalan. Pantesan saja ambrol tidak kuat menahan beban. Koq bisa lolos uji KIR ya bro??….haduh, ngelus dada bener …..(IWB)

Noted : Tidak sempat ambil foto karena lupa saking paniknya (image google)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!