iklan iwb

Siapa yang nggak bangga kuda besi kesayangan dilirik biker lain. Siapa yang tidak menepuk dada jika kita terlihat gagah bak penunggang Motogp. Wis nungging….body depan diberangus full fairing, jian top tenan!!. Karena itulah…banyak dari para biker yang rela membungkus motor naked mereka dengan material fairing dirumah-rumah modifikasi. Padahal mereka tidak sadar bahwa banyak kerugian jika hal itu dilakukan….

Diulas secara komprehensif oleh Bikeadvice….pemasangan fairing tanpa memperdulikan air flow bakal membawa dampak buruk yang bisa mengganggu kinerja mesin secara keseluruhan. Sebab umumnya para modifikator kurang memperhatikan aerodynamic serta gas dynamic kala mendesain sifaiiring. Pasang frame…menutupi mesin…terlihat keren…lainnya ora urus. Dengan adanya fairing buatan…..udara panas yang keluar dari silinder serta mesin bakal terperangkap didalam kompartemen. Dari sini saja…masalah akan datang secara cepat. Tingkat asupan udara segar tidak cukup. Hasilnya…temperatur engine meningkat drastis yang membuat mesin dipaksa beroperasi pada suhu tinggi. Terdongkraknya suhu mesin diatas normal bakal membawa efek sebagai berikut…

1. Komsumsi bahan bakar menjadi lebih boros 13%

iklan iwb

Bekerja pada suhu tinggi bakal membuat knocking dan detonasi akibat efek dari pembakaran abnormal. Hal tersebut akan membuang energi dari ruang pembakaran. Praktis untuk mendapatkan power yang dibutuhkan mesin akan meminta asupan bensin lebih banyak ketimbang biasanya

2. Emisi gas buang meningkat 4%

Mesin membutuhkan suhu normal untuk meminimize polusi udara. Dan jika kinerja mesin diatas normal….penekanan emisi tidak akan mampu dicapai secara maksimal

3. Mengurangi keawetan jerohan mesin

Dengan suhu diatas normal…disinyalir kuat akan membuat kinerja part atau komponen dalam mesin lebih berat. Selain itu…..tingkat penguapan minyak pelumas meningkat (khususnya bahan mineral). Dudukan klep bisa jadi juga akan berumur pendek akibat didera panas berlebih secara terus menerus. Efek lain….suhu tinggi mesin juga bisa membahayakan eletroda busi….

Segala kerugian diatas bakal makin komplit jika biker secara bersamaan mengganti ban standar dengan ukuran lebih gambot. Wis…kalau bisa ngomong, engine sampeyan makin teriak-teriak mzbro :mrgreen: . Kembali ketopik….dari penjabaran diatas, pemasangan modifikasi fairing yang tidak dilakukan oleh pabrikan asli atau engineering yang berkompeten didalamnya bakal membuat peningkatan temperatur mesin 22% serta suhu sekeliling hingga 9% (Bikeadvice data). Masih kekeh nutup engine dengan fairing modifikasi?? monggo direnungkan lagi. Semoga berguna….(iwb)

96 COMMENTS

  1. Setuju Mas Iwan….tetep dari pabrikan ud yg paling sapety….klo pun mo modif segala aspek kudu diperhatikan…

  2. passs…pabrikan udah mendesain, kecuali desain totalnya diubah..

    nitip mas iwan..
    boerhunt.wordpress.com/2011/12/22/alhamdulillah-kasus-kesalahan-mekanik-artikel-sebelumnya-telah-close/

  3. kang iwan, lebih adem n awet lagi kalo ada kipas di mesin, walo gak ada bawaan pabrik .inget motor ane dulu mesin lebih smooth jg awet selama >6thn padahal rpm selalu maksimum

  4. Gambar Paling Bawah Motor CBR WANNA BE Alias CBR Palsu, Alias MINERVA, Karena pake KICK STARTER….

    MINERVA, Kpengen Gaya kayak CBR Tapi Kagak gablek Duit…

  5. yang perlu diingat para pembaca itu, kalo ini nih cuma pendapat Bikeadvice yang dibenerkan oleh IWB, so semuanya ini hanya pendapat yang belum tentu bisa digeneralisir untuk semua pemasangan fairing…………

  6. @MangkuRondo

    wew itu bukan minerva masbro, coba dilihat baik2 itu sama sekali bukan minerva….

    mas bro ada masalah yah ama minerva?

  7. …..mending standar aja, kalo naked ya naked, kalo fairing dari sono nya ya fairing, dah diitung oleh ahlinya
    kalo semi pairing kayak suzuki FXR juga keren
    pertamax7.wordpress.com/2011/12/21/hayooo-ini-suzuki-fxrnya-siapa-hayoo/

  8. brrti klo modif motor naked mcm tiger, megapro,scorpio dll mndingan pke half fairing yg kepalanya doank, biar mesinnya g kepanasan & aerodinamis..

  9. Biasanya motor yg dimodif pakai fairing gayanya 4l4y sekali……….
    Kalo ane sih malu motor naked dimodif fairing apalagi motornya vixion trus dijalan gayanya bak pembalap….ya malu ama ninja 250 dan cbr……………….

  10. hak orang masang fairing dimotornya alangkah baiknya jgn pake baju montor lain..KRR wannabe banyak dijln skrng!

  11. berfairing atau gk berfairing tu kan cuma tren aja mas broo,,
    smua nya kembali ke diri sendiri bagai mana enak nya mendandani motor nya,, heheheheh pria punya selera,, ^_^

    SALAM GUA JUGA PAKE VIXI FAIRING R6,, ^_^

  12. ornang ni kyaknya kurang begitu menguasai pemahaman..
    coba anda fikir buat apap adanya pendingin cair pada vixi dan ada kipasnya pula ,, mikir dong,, jangn asal jeplak lohh.. kmudian setiap kerudung pada penyematannya pastti ada yang namanya ventilasi .. coba lo lihat lg.. biar tahu.. para pembuat kerudung pasti suadah memperhatikan kesituuuu..
    sory rada marah q,,. sory bangettt

  13. makane kalo pengen motor fairing beli yang panceng wes ono soko konone ga usah d tambah2 i ojo di preteli ojo di tancepi

    wes ra sah aneh2

  14. ini masalah selera, modif juga disesuaikan, kalo vixion sih enak diluar sono kan pada pake fairing, tinggal beli fairing aslinya. Karena mahal pelampiasannya pada fairing KRR dengan pertimbangan kualitas bahannya standard pabrikan.
    klo yg tanpa radiator musti ngakalin lagi …

  15. @eko (82) kayaknya anda yg asal jeplak deh XD
    coba tanya ke para pembuat kerudung, dari yg murah sampai yg mahal, dari yg fiberglass, abs, sampe yg pelat, berapa banyak dari mereka yang simulasi flow udara ( komputer atau wind tunnel, bebas)? berapa persen? atau kalau gk mau menjlimet, sekedar tanya deh yang mendesain pake CAD berapa persen?

    jangan2 yg anda bilang pembuat kerudung sudah memperhatikan ke situ hanya segelintir? soalnya kesalahan desain fairing yang sering terlihat di jalanan umumnya satu : mereka salah posisi penempatan lubang buangnya…

    sebesar apapun lubang masuk udaranya, kalau lubang keluarnya tidak memperhatikan konsep aliran, sama saja bohong, bagian yang tidak mendapat aliran ( biasanya deket kaki, tengah2 di sebelah karbu, belakang blok mesin) akan menjadi tempat udara panas terperangkap….

  16. wois masbro…banyak yg gak faham ni kayaknya prinsip kerja radiator,..radiator butuh udara dingin yang cukup untuk dalam proses cooling pada radiator, kalo udara tertutup fairing otomatis oil engine jadi overheat, dan tentunya akan berpengaruh terhadap sistem terintegrasi..

  17. Sedikit merevisi gan… “Secara logika?.menambah mesin makin dingin?pasti akan berdampak positif untuk keawetan engine. Tapi untuk lainnya??” kebetulan saya pernah sekolah otomotif. Mesin bakar.. Mau itu mbil atau mtor ada suhu kerja nya masing2. Pada dasarnya setiap mesin ada toleransi suhu kerja. Kalau mesin panas berlebih mempercepat proses pengabutan bensin dan pemuaian komponen bakar.. Makanya biasanya suka terasa mtor ngempos kalo udah dipake kebut2an karena suppli bbm g ckup buat ngisi ruang bkar yg memuai. Solusi nya untuk ya kalo di Fi bisa naikin CO. Kalau mesin panas dibawah shu kerja, bensin g cepat mengabut tp pemuaian g terjadi signifikan. Akhirnya ruang bkar jd basah krna bensin cair g bisa hasilkan ledakan.. Alhasil jadi kerak item di piston, kalo kelamaan cc jadi turun. Solusi harus ngurangin konsumsi bensin konsekuensi tnaga trun. Tp d Fi biasanya ecu bakal suppli bbm lebih banyak dan udara lbh banyak untuk cepet capai suhu kerja (mekanisme choke). Memang gas jd padet berisi tp r bakar jd basah. Itu dari segi konsumai bbm.

  18. Masuk akal…klo buat vixi mah nyantai aj lah radiator udh cukup kok buat dinginin klo pake ban 130 masih cukup klo lebih sampean Edan…klo cuma gara2 ban mesin panas, yang gak beres motornya bukan panggantian bannya.
    saya pake Tiger pake fairing, pake delta box,pake ban 130,pake oil cooler, masih enteng untuk masalah tarikan. untuk panas coba kita bayangin tiger udara dapat dari bnyk sisi untuk mesin klo ditutup gimana panas pasti. klo gitu kita akalin saat jalan mungkin gak masalh saat berenti yang kita pikirin saya buat lubang yang lumayan besar ngikutin garis deltabox tepat dibawah tangki. uap panas itu pasti naik bukan turun, klo paham elektro pasang fan CPU komputer tapi arah fan harus buang jngan niup karena klo jln gak efektif klo diem bikin makin panas disisi samping fairing dangan beberapa penguatan arus dan daya…klo pingin lebih dingin lagi pasang cooling jacket engine,heater core,waterpump,Radiator (Radiator SET) modifokasi itu indah semua itu ada plus dan minus…

Comments are closed.