iklan iwb

Siapa yang nggak bangga kuda besi kesayangan dilirik biker lain. Siapa yang tidak menepuk dada jika kita terlihat gagah bak penunggang Motogp. Wis nungging….body depan diberangus full fairing, jian top tenan!!. Karena itulah…banyak dari para biker yang rela membungkus motor naked mereka dengan material fairing dirumah-rumah modifikasi. Padahal mereka tidak sadar bahwa banyak kerugian jika hal itu dilakukan….

Diulas secara komprehensif oleh Bikeadvice….pemasangan fairing tanpa memperdulikan air flow bakal membawa dampak buruk yang bisa mengganggu kinerja mesin secara keseluruhan. Sebab umumnya para modifikator kurang memperhatikan aerodynamic serta gas dynamic kala mendesain sifaiiring. Pasang frame…menutupi mesin…terlihat keren…lainnya ora urus. Dengan adanya fairing buatan…..udara panas yang keluar dari silinder serta mesin bakal terperangkap didalam kompartemen. Dari sini saja…masalah akan datang secara cepat. Tingkat asupan udara segar tidak cukup. Hasilnya…temperatur engine meningkat drastis yang membuat mesin dipaksa beroperasi pada suhu tinggi. Terdongkraknya suhu mesin diatas normal bakal membawa efek sebagai berikut…

1. Komsumsi bahan bakar menjadi lebih boros 13%

iklan iwb

Bekerja pada suhu tinggi bakal membuat knocking dan detonasi akibat efek dari pembakaran abnormal. Hal tersebut akan membuang energi dari ruang pembakaran. Praktis untuk mendapatkan power yang dibutuhkan mesin akan meminta asupan bensin lebih banyak ketimbang biasanya

2. Emisi gas buang meningkat 4%

Mesin membutuhkan suhu normal untuk meminimize polusi udara. Dan jika kinerja mesin diatas normal….penekanan emisi tidak akan mampu dicapai secara maksimal

3. Mengurangi keawetan jerohan mesin

Dengan suhu diatas normal…disinyalir kuat akan membuat kinerja part atau komponen dalam mesin lebih berat. Selain itu…..tingkat penguapan minyak pelumas meningkat (khususnya bahan mineral). Dudukan klep bisa jadi juga akan berumur pendek akibat didera panas berlebih secara terus menerus. Efek lain….suhu tinggi mesin juga bisa membahayakan eletroda busi….

Segala kerugian diatas bakal makin komplit jika biker secara bersamaan mengganti ban standar dengan ukuran lebih gambot. Wis…kalau bisa ngomong, engine sampeyan makin teriak-teriak mzbro :mrgreen: . Kembali ketopik….dari penjabaran diatas, pemasangan modifikasi fairing yang tidak dilakukan oleh pabrikan asli atau engineering yang berkompeten didalamnya bakal membuat peningkatan temperatur mesin 22% serta suhu sekeliling hingga 9% (Bikeadvice data). Masih kekeh nutup engine dengan fairing modifikasi?? monggo direnungkan lagi. Semoga berguna….(iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

96 COMMENTS

  1. “seng nggawe motor iki profesor teko jepang, ojok kemeroh, maksutte ojok dipretelli yo! opomaneh ditambah2i, nggarahi gak awet.., iki kuncine, ndang direyen kono..”>>>>>>>>>>>>>podium for my dad

  2. Wow, nice inpo. Vixi ane blm pake fairing tapi udah pake ban gambot jadi kerasa cepet panas juga mesinnya (kipas radiator gampang nyala).

  3. Fenomena pemakai vixi..Biar terlihat keren…kayak R 15 and sembalap moto2, eh salah..motogp, tapi kalo modif ini di iringi dg pemasangan radiator gmn mas bro? Kan panas suhu mesin bs di minimalisir?

  4. Kalo beradiator saya rasa ga masalah, kayak vixi, ninja naked, toh mereka jg punya kakak kandung yg berfairing. kalo untuk yg pendingin udara pake sirip2 asal fairingnya ada lubang pembuangan angin di kanan kiri dan crankcase mesin ga ditutup full kayaknya masih ga apa apa,toh bebek jg pake fairing hehehe. Imho lho

  5. kalo pake fairing, mending pake fairing ori dari motor lain yang dari sononya dah pake fairing 😀

    yudibatang.wordpress.com/2011/12/22/lagi-iklan-pembodohan-otomotip/#comments

  6. @ 3. shotosop
    Bancakan bro…podium to. Ojo lali traktir xixixi….
    @ 5. masmondol, 16. roni
    Patut diperhatikan disini adalah desain mzbro…jadi tidak asal nemplokin fairing. Radiator memang mungkin bisa menekan hawa panas dari suhu yang terperangkap ketimbang engine pendingin udara (air cooled). Namun tidak menjamin suhu mesin pada kondisi normal. Kita harus akui bahwa desain fairing yang ada dipasaran hanya memperhatikan faktor visual tanpa memperdulikan lainnya. Padahal desain fin, fairing pabrikan dibuat sedemikian rupa berdasarkan riset aerodinamic secara terukur (simulasi komputer). Kecuali sampeyan beli asli fairing R15 atau modifikator nyontek plek bentuk detil gen R15…baru aman tuh
    @ 9. santai coi
    Ini baru keren solusinya :mrgreen:
    @ 18. yudibatang
    Baru enter…bro Yudi sudah posting. Mantep…itu maksud saya mzbro

  7. vixi ane pake fairing r15 kalo di lurus ko malah lebih oke n stabil ya, mungkin itu aja sih untungnya.

    kalo ruginya pas masuk jalanan kotor nyucinya susah bener banyak kotoran nyelap2 di balik fairing susah di bersihin

  8. TIDAK SEMUA MOTOR MAS IWAN, KALO MOTOR SEJENIS VIXI ITU AMAN,,, AKU UDAH TANYA KE MEKANIK YAMAHA LANGGANAN, KATANYA KARENA TEKNOLOGI VIXI EMANG GENT DARI SANANYA DI DESAIN SEBAGAI MOTOR FULL FAIRING, CONTOHNYA R15.DAN AKU DAH PAKE FAIRING SEJAK 2007, DAN AMAN2 SAJA VIXI ANE SAMPE SEKARANG,.TAPI MUNGKIN UNTUK MOTOR SEPERTI PUNYA MAS IWAN ITU HARUS HATI2, KARENA ITU DARI SANANYA GENNYA NAKED, JADI AKAN SANGAT BERBAHAYA KALO DI MODIF JADI FULL FAIRING, GITU..

  9. pasang fairing sah2 aja. asal tetep perhitungkan sirkulasi udara.
    jadi mending jangan beli fairing yg udah jadi. lebih bagus kalo pesan sama modifikator.

    valkyla1723.wordpress.com/2011/12/21/teman-yang-menyusahkan/

  10. ada temen lamaku yg aga songong dia bilange gini, ” tenang aja wong dealer masih buka kok,rusak khan tinggal beli/ganti…”
    tobaaattt…

  11. gak masalah om iwan vixion di kerudungin, nah bahkan vixion enak ny bs setel CO a.k.a setel tambahan/pengurangan debit bensin nya setiap + 1 sampai +30 (terserah enak nya sampe + brp) gak banyak kok (tiap +1 = 0,05cc nambah debit) tpi cukup ampuh utk menambah debit bensin sehingga mesin tambah adem bahkan yg dah make ban gambot rata-rata setel CO ny ditambah lg, efek nya tarikan ringan kembali..

  12. kalo masi air colled ya mending pake HALF FAIRING kayak FXR atau P220 aja..
    tapi Hyosung 250 gimana tu om bro? twin air colled tp full fairing dari sononya?

  13. Mau nanya saya Mas Iwan…

    Kalau motor fairing (ex = Aprilia RS125 / CBR 150) lepas fairing, kira-kira FC bakal lebih irit 13%, emisi berkurang 4% & jeroan mesin lebih awet nggak?

    Makasih banyak Mas Iwan 🙂

  14. maaf kalo komen gue nggak saik,
    piksen ber vairing Ninja RR = alay katro
    Ninja RR naked. = keren & jantan

    find your own fairing fool!!!!

  15. @ 35. DC
    Wah kalau itu dari sononya pasti sudah diperhitungkan mzbro. Yang kita konsen adalah penambahan fairing dari modifikator alias non pabrikan…..
    @ 36. Reyhan|Firdaus
    Waduh…pertanyaannya sadis :mrgreen: . Secara logika….menambah mesin makin dingin…pasti akan berdampak positif untuk keawetan engine. Tapi untuk lainnya?? saya pikir nggak juga seperti itu. Tidak serta merta ketika motor kita pretelin menjadi makin irit atau emisi makin terkurangi. Semua sudah ada takarannya mzbro…

  16. seumur saya punya motor gan mau itu bawaan pabrik kaya gimana dan di tambahin fairing alias baju itu ga da masaah, tergantung si pembesutnya aja..adem ayem aja tuh vixion ane di kasi fairing..malah tambah sangar malah nambah stabil aja tuh buat nikung, dan buat modifikator indonesia maju terus .. salam brotherhood ya…

  17. makanya ane pilih motor yang ada radiatornya, yg 21jutaan yg kayak kacang goreng. … karena melihat ke R125 ma R15 pake baju makanya vixion ga maslah klo pake baju (tapi cuaca jkt puannnaaasss)

  18. yup bener banget nih.. masang fairing hrs penuh perhitungan. lebih baik buat harian standart aj, toh walau standart masih keren banget klo dirawat dan yg naik cakep..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here