iklan iwb
iklan iwb

Akhirnya datang juga…..yup rasa penasaran terjawab sudah. Sijo Kawasaki Athlete IWB perkosa dijalan guna digali kekuratan speedometer bawaan. Motor yang sudah 3 tahun menemani nyonya berangkat dan pulang kerja ini masih dalam kondisi mulus dan super duper orisinil tanpa pernah sekalipun ganti slow moving part. Seperti apa hasilnya?? monggo diintip….

Seperti biasa…IWB tetap menggunakan perangkat BB yang diintegrasikan aplikasi GPS Runtastic. Ok..singkat cerita, setelah kejalan besar…recording GPS On dan mesin ayago 125cc ini dibawa melaju konstan pada kecepatan 60km/jam. Dirasa cukup…..berhenti ditempat yang aman, merogoh saku…recording stop dan…disana nongol angka 57.4km/jam. Hhmm not bad. Ok…test kedua dilanjutkan. Persis seperti test pertama…running aplikasi, recorded berjalan. Bedanya…..sekarang kuda besi digeber pada kecepatan 80km/jam…..dipanteng konstan dan….selesai. Menepi dijalan yang teduh, ngintip hasil GPS. Disana tertera angka….71km/jam. Wow…ketimpangan makin besar. Gimana kalau kondisi top speed??. Ok…eksplorasi kita lanjutkan….

Siijo saat ini dibekali ban depan 80/80-17 belakang 100/80-17 alias membengkak dari ukuran asli. Kala masih memakai ban bawaan pabrikan, Athlete IWB tembus 125km/jam. Gimana dengan sekarang??. Ok…mari kita lihat. Jalanan sepi sangat mendukung testing. Dari gear pertama…motor digeber sambil badan nunduk. Gigi satu, dua, tiga terlewati dan akhirnya menggantung digigi 4. Pada final gear…pelan namun pasti…speed merangkak tembus 114 km/jam. Naik sudah susah…namun underbone racikan Kawasaki ini menganut CDI unlimiter. Makanya top speed terus bertambah hingga meraih 118km/jam. tetap diangka yang sama…118…118…118..118……..119 dan akhirnya nyenggol 120km/jam. Sayang kehabisan trek. Yup…ban gambot jelas mengurangi kemampuan top speed siijo….

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Berdasarkan testing diatas, karena kecepatan konstan kita dapatkan pada angka 118km/jam maka kalkulasi GPS berpatokan pada angka tersebut (GPS membutuhkan speed yang stabil untuk mendapatkan akurasi recording). Terus piye asile??…setelah IWB intip, disana terpampang angka yang cukup mengagetkan. Kenapa?? ketika Kawasaki Athlete melaju 118km/jam, GPS menunjukkan kecepatan 98.5km/jam. Hhhmm…tambah kencang ketimpangan makin besar mzbro. Monggo hitung saja differensiasi  persentase angka speedometer Athlete vs GPS Runtastic. Dari gambaran diatas, apapun motornya…speedo memang bukan menjadi alat baku sebagai tolak ukur real speed kuda besi…..

Sudah rahasia umum pabrikan lebih memperhatikan keselamatan pengendara diatasnya ketimbang repot mengurusi akurasi speedo racikan mereka. Semakin besar ketimpangan, secara psikologis biker akan makin mawas diri. Ya nggak bro. Ada komentar??…..(iwb)

Speedometer 60km/jam….GPS BB 57.4km/jam

Speedometer 80km/jam….GPS BB 71km/jam

Speedometer 118km/jam….GPS BB 98.5km/jam

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!