iklan iwb

Pada ajang Tokyo Motorshow 2011, Suzuki memajang beberapa produk andalan. Salah satunya adalah Suzuki e Lets, yakni scooter yang didesain menggunakan tenaga listrik. Siimut yang rencananya akan diluncurkan bulan depan ini, cukup menyita perhatian sebab mempunyai body kompak namun dengan jelajah yang lumayan jauh….

Suzuki sebenarnya sudah melakukan test jalan si E-lets sejak tahun kemarin. Dalam data yang IWB dapatkan…project motor bertenaga listrik telah diumumkan secara terbuka per tanggal 21 September 2010. Konsep desain mengacu pada scooter berbahan bakar bensin…yang bernama Let’s 4 Basket. Karena itulah….pabrikan berlambang S hanya membedakan kode E didepan nama yang berarti electric. Apa sih kelebihan e Let’s??…

Body kompak dan ringan. Begitu pula sasis yang disandang. Makanya jangan heran kalau bobot hanya 74 kg (termasuk baterei). Dengan dibekali baterei Sanyo 100V, sekali isi (estimasi 4 jam) e Let’s mampu menempuh jarak 30 km (average speed 30km/jam). Salah satu kelebihan scooter listrik adalah zero emission dan low vibration. Posisi baterei didesain dibawah jok yang akan menggerakkan tenaga keroda belakang…menjadikan accelerasi smooth dan halus….

iklan iwb

Sayang….kita belum tahu berapa banderol yang akan dipasang oleh Suzuki nantinya. Namun untuk sebuah kendaraan ramah lingkungan, sudah sepatutnya kita dukung eksistensinya….tentu dengan catatan jika produk cukup terjangkau. Kalau tidak….berat mzbro. Dan itulah kelemahan motor bertenaga listrik saat ini. Last berikut spec Suzuki e Let’s dan monggo berikan opininya. Semoga berguna….(iwb)

Suzuki e-Let’s ?Specs

Dimensions – 1,665mm x 600mm x 983mm
Weight – 74kg (including battery)
Seating capacity – 1 person
Motor – AC synchronous
Rated output – Under 0.6kW
Riding range – 30km (at 30km/h on level roads)
Charging time – Approx. 4 hours at 100V
Battery – Lithium-ion

23 COMMENTS

  1. 8.pom listrik?ide yg brilian brow!!>>>>> Mantaps artikelnya mz.iwb..!! (“-.-tak kirain motor keluarga kayak spacy/fino/scoopy.. lah kok muatnya cmn 1org? min 30km/jm lg..yg pasti>Gak bisa buat mudik. dibandrol murah pun saya mikir 1000x untuk beli ni motor .. Tp salut buat suzuki>>Saya dukung segala sesuatu yg ramah lingkungan..

  2. 8.pom listrik?ide yg brilian brow!!>>>>> Mantaps artikelnya mz.iwb..!! (“-.-tak kirain motor keluarga kayak spacy/fino/scoopy.. lah kok muatnya cmn 1org?..yg pasti>Gak bisa buat mudik. dibandrol murah pun saya mikir 1000x untuk beli ni motor .. Tp salut buat suzuki>>Saya dukung segala sesuatu yg ramah lingkungan..

  3. solusi kendaraan alternatif ramah lingkungan pengganti bahan bakan fosil. mudah2an di masa yang akan datang kendaraan seperti ini bisa di aplikasikan untuk semua tipe kendaraan produk massal.

Comments are closed.