iklan iwb

Disebuah bengkel…dari jauh motor berkelir hitam putih terlihat outstanding menarik perhatian. Sebab…pelk bawaan pabrikan berubah menjadi spoke wheel yang biasa kita kenal dengan jari-jari. Yah…namanya juga penasaran mzbro, segera IWB cari siowner sikuda besi. Dari situlah IWB ngobrol-ngobrol ringan serta melakukan tanya jawab perihal siVixy tunggangan kesayangan….

Menurut pengakuan doi, pelk aluminium desain U ditebus dengan harga 1 juta rupiah sepasang (merk Champ). Kemudian tromol belakang hasil nyomot dari sang legendaris Yamaha RX-King…orisinil bro. Piro regone??…250 ribu. Doi mengatakan pemasangan? tidak merubah apapun alias plug & play. Hhmm….baru tahu kalau tromol sikobra cocok untuk Vixy.? Obrolan berlanjut….kini beralih kebagian depan….

Kalau kita pelototin, dengan mudah mata bisa melihat sebuah tromol yang tidak asing lagi. Bener banget….tromol Ninja. Tromol ninin 2tak diboyong dari toko variasi dengan harga 390ribu. Wah…koq mahal???. Ternyata harga segitu sudah satu set dengan cakram after market. Walah…murah dong!…ini yang IWB bingung. Karena setahu IWB, piringan cakram variasi saat ini berkisar 300-350 ribuan. Artinya…harga yang doi peroleh bisa dikatakan sangat miring…

iklan iwb

Puas mengekplorasi lewat pertanyaan tentang part yang dibenamkan, kini topik beralih dengan efek setelah penggantian. “ Tarikan makin enak!!. Sekali puntir gas…..ngacir. Enteng banget bro..!!” serunya meyakinkan. Nggak heran sih soalnya putaran engine tersalur sempurna keroda akibat bobot atau beban yang makin enteng. Disinyalir serem nih motor buat high speed. Tapi apa yang diungkapkan biker kecil nan kurus tersebut diluar prediksi….

” Nggak bro, malah makin lengket..!!” ujarnya.? Yang boneng 😯 !!. (Ilmu fisika tidak berlaku nih :mrgreen: ). Mosok iyo ban cilik malah nempel diaspal. Tapi doi kekeh itulah yang dirasakan. ” Hanya saja…buat nikung tajam agak serem bro…!” tambahnya. Ini baru sejalan dengan teori 😆 . Yang terakhir….gimana dengan top speed??. Doi menjawab…sivixy bisa tembus 140km/jam. Padahal ketika masih pelk racing…paling mentok dikisaran 130km/jam. Wiihh…lumayan mendongkrak banyak yak!. Mental baja juga nih biker berani lari segitu dengan ban cungkring…

Seringkali penggantian ban kecil menjadi cara pintas? biker yang ingin tarikan motor makin enteng. Memang efeknya sangat terasa khususnya accelerasi akibat minimnya penampang karet bundar yang kontak keaspal. Namun patut diingat….sudah lazimnya handling kuda besi bakal ngedrop khususnya jika terjadi panic braking. Gejala ngesot akan mengintai kita setiap saat. Mau??…kalau IWB mah ogah mzbro. Cari aman ketimbang celaka. Bener nggak bro….(iwb)

141 COMMENTS

  1. waaah… nggilani tenan..
    mungkin kalo udah punya anak istri, pikirannya gak bakal kaya gitu..

    nitip mas
    valkyla1723.wordpress.com/2011/11/29/berkendara-aman-buat-cewek/

  2. pengalaman yg pernah pake ban kecil….klo buat kenceng goyang2….. beda klo ban gede lbh stabil dan anteng……

  3. @ 42. cahjoz150cc_ajah
    Mantep mz cahyo. Nais share…
    @ 47. tembaloy
    Betul bro..begitu pengakuannya. Satu pelk 500ribu. Saya juga membatin, perasaan Champ termasuk terjangkau koq ini mahal amirrrr…
    @ 56. asmarantaka
    Ora…wis tuwo. Isin tur bahaya mz hehehe…
    @ Hourex
    Monggo mz…

  4. 140kpj on speedo analog lebay??? Percaya dech.. :mrgreen:
    tp knp sering d kentutin ama cs1 ane yg cuman 125-130kpj?? Ahahahahh.. 😎

  5. manteb bisa lari segitu hehehe….tapi tunggangan jadi ngak terlihat proposonal bro….ada yg aneh jadinya 🙂

    myskywave.wordpress.com/2011/11/30/sudah-siapkah-kita-menerima-istilah-injeksi/

  6. @CEMARA :

    wakakakaka !! SMA nyogok ya ? Atau ga pernah sekolah ??..

    Pernah belajar nulis berita gak waktu sekolah ? Nah itu guru bhs.indo biasanya nyuruh pakailah judul yg menarik ! ..

    Lagipula judul dari artikel ini murni dari narasumber kcepatan ditempuh 140kpj .. (opini dari narasumber)

  7. @TreeSanjaya: nilai SMA saya bagus2 aja masbro tanpa perlu nyogok, dan IPK semasa kuliah juga lumayan bagus.

    Dan saya juga pernah pakai Vixion selama 3 tahun. Cuma saya berpikir judul artikel kali ini agak kurang pas karena hanya bersumber dari pengakuan orang semata.

    Beda pendapat itu biasa masbro

  8. Hahahahahaaaaaaaaaaaaaaaaa lucu lucu, coba kalau di Gati Velk depan yang sebesar roda scuter anak-anak toppeednya sampai 1999 kmpj on speedo. wkwkwkkwkwkkw mau tambah top speed yang benar adalah kecilin gear belakang tapi akselerasi ngak ditanggung hehehhe

    KAlau Velk dikecilin itumah manipulasi data speedo mas IWB.

  9. 42. cahjoz150cc_ajah
    Mantep mz cahyo. Nais share?

    kok cahyo toh mas? jenengku cahjoz artine cah hebat, xixixi….
    + an info: aplikasi gps pake runtastic pd samsung spica for android

  10. mas iwan lurusin niih.. kalo kebaca orang yang kurang ngerti bisa bahaya

    tembus 140 km/h itu bukan karena kecepatanya tambah
    tapi karena speedometernya gak konsisten lagi

  11. Gilaaaa… berani banget…

    Ane aja pake ban ukuran 120/80 masih berasa serem kalo kecepatan tinggi.. bukan apa2, bingung ngerem nya..

  12. silahkan main2 ke kota medan,dijamin banyak ngeliat yang ginian,paling tidak velg CW nya banyak diganti ama jari2,makanya dsini harga velg CW bekas ori vixion tergolong murah,baru2 ini ada yang jual masi 2 bulan pemakaian hanya 250rb…

  13. wajar deh kalo speed nya tambah menurut ane. toh itu ukuran ring velg nya sama kaya velg racing standar kan?cuma bobotnya doang yang beda velg nya.gak ngaruh ke speedo.cuma bannya doang yang beda. gesekan makin dikit otomatis lebih kenceng. mau bukti?liat lah balap2 drag gitu,kenapa mereka pake ban kecil? ya jelas biar tambah kencenglah.

  14. Racun Alayers. vixi ane malah di ganti ban gede dan top speed juga gak berubah (gak jadi lemot). Ngeri mah kalo pake ban ginian.

  15. Bener bro, terakhr ane punya rx-king nabrak 2 patas, kejepit, ampe cyl head dan blok pecah, frame patah, muffler patah, roda ancur, pokoke serba ancur. untung ane lepas dr motor, kalo ga masuk dalam daftar parts yg ancur itu..kapok pake ban kecil. pabrikan sudah memperhitungkan berbagai aspek, safety, performance, dan efisiensi paling pas..

  16. Sori bukanya belain tuh alay. Dengan penggantian velk jari2 n ban kecil jelas akselerasi n topspeed akan lebih kenceng dr pd yg standar tp jgn berpatokan pada spido krn emang jd gak akurat. Yg suka drag pasti paham, klo gak percaya buktikan sendiri jgn cuma pake perasaan.

  17. 83. monta

    maksudnya speed sebenernya sama tapi karena rumus perputaran luar dibanding perputaran dalam, kalo diameter luar lebih kecil (bukan velg, tapi teremasuk karet) perputaran semakin banyak sehingga ring as tempat sensor kecepatannya tertipu dengan putaran yang semakin banyak, sehingga menunjukkan nilai speedo yg lebih cepat. Kalo mau tahu aslinya harus di test pake gps. Your argument is invalid.

  18. vixion……………………itu tetap banci sama degan bison……
    badan gede tenaga lemes…………..
    ………heran napa nih manusia masih juga mau dibohongin degan embel2 motor laki……………. wih….anjink lah buat kalian yang mau aja debego begoin jepang………

  19. pelk aluminium desain U ditebus dengan harga 1 juta rupiah sepasang (merk Champ) yang punya motor ngibulin IWB….
    IWB ngibulin penggunjung warung.. pengunjung warung ya marah dikibulin,, masa pelek segitu ampe satu cut TK aja ngak sampai segitu

  20. 88 bman
    yoi bro. makasih koreksinya. tapi bukannya aksel asli juga tetep tambah ya?secara ini itung itungan gesekan ban ke aspal, itu post bro 87.Santo juga demikian. soalnya sering lihat di drag drag gitu..

  21. Sekarang menajdi jelas bukan kenapa Mio lebih kencang dari pada BeAT on Speedo. Karena mio dengan ban yang keci dan pipih diameternya lebih pendek dari BeAT sehingga xixxii jadi tingal dibalik peryataan Fby siapa yang ngibulin siapa hayoooooooooooo !!!!

    Demikian juga dengan Vixion vs MPL

    motor yamaha kencang? ya itulah mitos masa lalu,.. xixiixixi

  22. sebenernya top speed vixion berapa sih?ane punya vixi top speed nya cuma 120km/jam,pernah coba punya paman ane juga 120km/jam…tapi di youtube rata top speednya bisa nyampe 140-145km/jam apanya yang salah ni,ymki seharusnya bisa menjelaskan hal sperti ini

Comments are closed.