iklan iwb
iklan iwb

Pada awalnya IWB hanya ingin melakukan komparasi speedo pabrikan dengan GPS yang diintegrasikan perangkat BB. Seperti test yang lalu…aplikasi masih dipercayakan kepada Runtastic. Selain statusnya freeware…..aplikasi sudah IWB gunakan untuk melakukan pengetesan kuda besi lain. Tapi karena sudah terlanjur basah, aksi geber sampai mentok gas sukses dijalani. Seperti apa?? berikut hasilnya….

Pola pengetesan mirip dengan sebelumnya. Jadi jika mzbro rutin mengunjung warung, pasti sudah paham. Oh iya…Vario Techno yang IWB gunakan merupakan kendaraan sehari-hari nyokap. Kilometer sudah tembus 13ribuan. Kondisi fit 100%…!!!. Lawong sik anyar baru 6 bulan mzbro. Halah…koq malah ngoceh :mrgreen: . Kembali ketema…

Aplikasi aktif…recording dan puntiran gas dibuka. Skutik IWB panteng pada kecepatan 60km/jam. Konstan….tidak bergeser dari speed yang disebutkan. Setelah dirasa cukup, berhenti…intip BB, recording stop. Disana tertera angka 57.7km/jam. Busyettt dah 😯 !! nyaris akurat. Nggak nyangka euy. Tidak mau tenggelam dengan hasil yang ditunjukkan, test kedua dimulai. GPS restart…recording running dan motor digeber kembali….

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Disesi dua, speed dipanteng pada angka 80 km/jam. Jalanan lengang sangat membantu proses komparasi. Jarak tempuh 1,28km cukup untuk mewakili akurasi kestabilan sinyal GPS. Tuas rem ditarik perlahan….menepi ditempat aman, intip BB…dan hasilnya??…GPS Runtastic menunjuk 72,4km/jam. Weh….pada kecepatan 80km/jam terjadi penyimpangan signifikan jika dibandingkan test pertama. Nah…karena sudah kadung penasaran, IWB bertekad mencoba kecepatan puncak simatic….

Recording ON….ancang-ancang dari start langsung puntir gas pol. Dengusan engine racikan Honda dengan enteng menarik badan besar siTechno. Tanpa menunduk…IWB merasa accelerasi mulai melemah tatkala speed melewati angka 80km/jam. Naik perlahan…80, 85, 89, 91, 93….lama bergeser, angin kencang seperti menahan laju siskutik. Dan pada jarak 1,4km/jam…..si abu-abu berhasil tembus 95km/jam (posisi joki biasa tanpa menunduk). Didalam kepala sudah penasaran untuk segera mengintip BB…dan berikut hasilnya…

GPS secara jelas dan meyakinkan menjukkan angka 84,9 atau kita bisa bulatkan menjadi 85km/jam alias terdapat selisih 10km/jam dibanding versi speedo analog simatic. Artinya bisa kita simpulkan….top speed Vario Techno yang IWB raih adalah 95km/jam speedo…..setara 85km/jam GPS. Apakah tidak mampu naik lagi??? bisa saja mzbro. Toh semua dipengaruhi kondisi plus bobot joki. Berat IWB  79kg plus rute pengetesan merupakan jalan besar berangin kencang. Kalau estimasi kasar….sepertinya skutik ini bisa hingga 100km/jam. Tapi dibutuhkan rute lebih panjang plus posisi joki nunduk minimize terpaan angin. Any question??….(iwb)

Speed 60 km/jam speedometer setara dengan 57,7 km/jam GPS…

Speed 80 km/jam speedometer setara dengan 72,4 km/jam GPS…

Top speed 95 km/jam speedometer setara dengan 85 km/jam GPS

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!