iklan iwb
” Motor sekarang songong-songong kang. Mata melotot terus..” seloroh Igun menggunakan logat khas betawi mengungkapkan kebingungannya atas hilangnya saklar pemutus klampu utama. Butuh beberapa saat sebelum doi manggut-manggut berusaha mengerti dan memahami kebijakan ATPM setelah IWB terangkan. Namun…ujung-ujungnya, tetap saja doi masih kurang terima alias lebih demen diberi opsi ketimbang dipaksa seperti yang terjadi sekarang….
Kata Igun, asal muasal kekesalan bermuara ketika asyik nongkrong digang kecil daerah Karet Tengsin, Tanah Abang Jakpus bersama teman-temannya disore hari. Karena lokasi adalah gang sempit dimana mayoritas yang lewat adalah para pejalan kaki serta sesekali motor melintas. Namun ada satu biker lewat didepan mereka tanpa mematikan lampu. Kilatan cahaya menerpa muka, sontak emosi tersulut sebab merasa tidak ada sopan santun dari biker bersangkutan. Untung ada satu temannya yang menyadarkan bahwa motor tersebut memang tidak dibekali saklar. Setelah diberhentikan…ngintip stang, dan benar saja….saklar hilang dari konsol. “Kasihan, hampir kita gebukin kang….!” serunya serius. Hhhmm…kekuatiran yang pernah terlintas dibenak IWB terjadi juga. Malah bukan didaerah Jawa, tapi diJakarta mzbro!!…
Igun mengaku baru tahu kalau sekarang banyak motor tidak dibekali saklar pemutus lampu (jiahhh tunggangannya Ninja tapi kurang mengikuti informasi nih siabang 😯 ). Maklum sih…doi bukanlah seorang biker yang doyan main internet atau mengikuti perkembangan berita motor. Tapi IWB yakin Igun bukanlah satu-satunya biker yang minim informasi serta keberatan pengaplikasian AHO. Lemahnya edukasi….sosialisasi dari pabrikan dan? kepolisian adalah pangkal permasalahan kenapa hal itu terjadi. Bagaimana dengan yang lain??…kebetulan IWB mendapatkan email dari salah satu bro kita mengenai AHO dan berikut curahan isi hatinya…
Saya dengar kabar dari forum BYONIC yang ada di KASKUS, menurut salah satu member yang ternyata bekerja sebagai Vendor untuk Yamaha Indonesia, ada kabar bahwa BYSON produksi lokal akan lahir dengan menggunakan sistem lampu AHO – Automatic Headlight On. Apa benar ya bro? Mohon pencerahan nya kalau bro Iwanbanaran ada info atau bocoran dari sumber yang bisa dipercaya…
Soalnya menurut saya pribadi sih, sistem AHO sangat mengurangi kebebasan dan hak berkendara. Masa iya lampu harus nyala terus menerus walaupun cuma memanaskan mesin di pagi hari, belum lagi jika sedang melewati jalan / gang kecil yang banyak orang2 nya, kan bisa mengganggu orang lain. Kalau mau pasang lampu HID juga jadi pikir2 jika lampu harus dinyalain sepanjang hari.
Jika alasan nya adalah untuk menaati aturan lalu lintas terbaru, selama ini saya selalu menyalakan lampu ketika berkendara di siang dan malam hari, dan tidak pernah lupa. Juga seperti pakai sabuk pengaman jika saya mengemudikan mobil. Itu benar2 murni kesadaran pribadi masing2 ya bro… Dan gak bisa dipaksakan begitu.
Lagipula benar2 aneh jika motor lampunya tidak bisa dimatikan, rasanya seperti punya motor baru yang cacat produksi. Dan rasanya akan banyak pengendara motor lainnya yang merasa dirugikan dengan sistem AHO ini. Aneh bro jika punya mata harus dipaksa “melek terus ga bisa merem”. Sebab saya lagi nunggu indent Byson yang gak jelas kapan datangnya, kalau sampe kebagian yang AHO… wah cape deh, bikin ilfil aja bro AHO ini.
Demikian bro, mudah2an bro bisa buat topik blog yang “panas” dan menyadarkan pihak YMKI dan YMMI kalau AHO itu merupakan pemaksaan yang tidak bertanggung jawab, saya rasa akan banyak yang berterima kasih kepada bro Iwanbanaran. Maju terus bro Iwan…
Yup…..pengirim adalah bro Alvin yang ternyata doi sudah inden Byson dan berharap mendapatkan satu unit motor bersaklar. Apakah terlalu berlebihan?? entahlah! toh IWB yakin seandainya ada dua unit produk dijual beriringan AHO dan non AHO, yakin 1000% bahwa unit non AHO akan lebih laku. Yah…hitung-hitung terhindar dari aksi tinju seperti contoh Igun diatas :mrgreen: (intermezo) . Masih untung ada yang ngeh kalau motor tersebut berAHO. Kalau langsung main gampar apa nggak berabe urusan. Ayak-ayak wae :mrgreen: . Btw ada pengalaman serupa seperti kejadian diatas mzbro??....(iwb)
iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!