iklan iwb

Hari ini berkesempatan ngobrol-ngobrol dengan orang Jepang salah satu Presdir perusahaan heavy industri. Banyak topik kita bicarakan hingga akhirnya mengarah kemotor….

Kita membahas Honda, Yamaha, Kawasaki serta Suzuki. Dalam pandangan beliau…..Honda adalah motor terlaris diseluruh dunia. Kemudian Yamaha…merupakan pabrikan yang konsisten sebagai peracik motor cc kecil antara 100 – 170cc. Sedang Suzuki….tidak ada komentar khusus yang diungkapkan. Sementara Kawasaki??…ini nih yang membikin IWB mengerutkan dahi……

Dalam kacamata orang Jepang…nyaris mayoritas mengatakan bahwa untuk motor besar produksi masal yang terbaik adalah Kawasaki. Begitu pula yang diungkapkan oleh Mr. Nakamura. Beliau mengatakan…..“? Kawasaki bagus. Engine dan sasis is number one..” ujarnya memakai bahasa Indonesia campur Inggris. Karena penasaran IWb tanya…” apa alasan bagus dimata beliau??”. Jawabannya….” DiJepang…big bike always Kawasaki..!!” fast dan good quality!!…tegasnya….

iklan iwb

Hhhmm…menarik atas? fakta yang kita temui dari statement diatas. Patut diketahui…Mr. Nakamura bekerja diperusahaan yang tidak ada hubungannya dengan hingar-bingar industri otomotif. Jadi bisa dijamin opini tidak ada distorsi kepentingan. Praktis…sudah dua kali IWB menemui dua orang besar warga Jepang memberikan nilai plus kepada Kawasaki. Yang pertama Mr. Ito (Artikel lalu klik disini) dan sekarang Mr. Nakamura. Tapi pertanyaannya…..kenapa prestasi genk ijo dikancah balap dunia tidak secemerlang Honda dan Yamaha???…..(iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

82 COMMENTS

  1. 1. Honda adalah motor terlaris diseluruh dunia.

    2. Yamaho?merupakan pabrikan yang konsisten sebagai peracik motor cc kecil antara 100 ? 170cc (FBY suck fuck) 😆

    3. Suzuki?.tidak ada komentar khusus yang diungkapkan (mlempem)

    4. motor besar produksi masal yang terbaik adalah Kawasaki
    Tapi pertanyaannya?..kenapa prestasi genk ijo dikancah balap dunia tidak secemerlang Honda dan Yamaha?
    jawabnya ada di kekuatan dan kedigdayaan pabrikan HONDA

  2. salam kenal masbro iwb !
    nice info, ane jadi semakin bangga sebagai penunggang n250r !

    kalo kawasaki masih betarung di moto gp dengan rider yg mumpuni macam stoner or lorenzo pasti bagus !

  3. pabrikan kawasaki cuma setengah hati aja support motornya di motogp apalagi kawasaki fokus utamanya industri alat berat bukan motor. sementara suzuki juga lebih fokus ke kendaraan roda 4 dibanding roda 2 nya.

  4. Betul mas, memang seperti itu, apalagi kalo dilihat dari perusahaannya secara keseluruhan Kawasaki emang disegani soalnya produk2nya bener2 sesuai dg namanya yaitu Kawasaki Heavy Industry, yaitu mulai dari pesawat penumpang,pesawat angkut pasukan dan surveilence,pesawat latih tempur,heli angkut sampe heli tempur, missile bahkan punya divisi luar angkasa jg yg ngurusin satelit sampe pesawat ruang angkasa.

    Makanya g heran kalo motornya dari segi mesin dan rangka termasuk top,soalnya pengalaman mereka dimulai dari pesawat (tahu lah gimana rumitnya bikin rangka pesawat :D), divisi motornya sendiri baru ada 30 tahun-an kemudian

    kalo soal kenapa di balap motor mereka krg bersinar,sbnrnya krn krg mendukung scra full aja,apalagi bisnis utama kawasaki kan lebih ke alat berat dan pesawat.

  5. kawasaki emang desain & enginenya top,apalagi yang big bikenya,tapi sayang belon mampu beli,jadinya sekarang masih adem ayem berbebek ria
    Maklum masih pelajar sma

  6. tp yg heran klo kawasaki
    sasis?nya number one.
    ========================
    kalo sasis mah yamaha jagonya honda kedua ( lihat mogenya ). Tp yang bikin keren kawasaki mereka bikin motor kencang tapi durabilitynya juga jago banget. Merek2 eropa kenceng tapi durability dan reliablenya kurang. Yamaha juga kurang durabilitynya. Honda aja sampe bikin motor yg gak kenceng buat bikin durabilitynya panjang. Emang hebat kawasaki

  7. kawasaki keknya punya tujuan berbeda dg lainnya.. memang utk soal kualitas kawasi tiada duanya, ibaratnya kawasaki pd dasarnya memang perusahaan heavy industries kek mitsubishi yg memproduksi kendaraan perang dan mesin industri.. jd soal teknologi dan kualitas udah teruji sejak perang dunia..

  8. Pertanyaan yg sama kang.
    klo engine dan sasisnya oke knp klo di ajang balapan mlempem?
    kita lihat aja superbikenya, di atas kertas zx1000 merupakan superbike paling powerfull.
    Tp di ajang WSBK cuma bisa jd penggembira doank.
    tanya ken-apa?

  9. @Exy

    hahahaha

    orang Jepang d atas sih ane rasa sah-sah aja ngomong kayak d atas,Kawasaki is the best.soalnya emg dia bangga dg produk sendiri

    nahh ente???jangankan jadi petinggi d Honda,punya saham d Honda aja gak ehhh malah jelek2in Kawasaki.sombong kok produk negara lain.ckckckckc

  10. secara chasis frame utk kawasaki saya akui sangat mumpuni,bahkan diatas dari dugaan(sebelum nyemplak),engine nya cukup stabil di RPM tinggi,artinya tdk mengalami gejala2 susah dapat topspeed(pernah nyemplak versi 2tak dan 250R doank),yg kurang tuh biaya operasional nya(minus banget) alias kalo di pake sehari2,bisa kanker(kantong kering :D)so mesti dipertimbangkan,dan mesti nya kawasaki hrs meningkatkan advertisement nya…biar semua merk2 R2 tdk menyepelekan produk ini dgn mengira sudah tengggelam krn advertisement yg minim

  11. orang kita perlu dikasih tau mana produk yang sebenarnya paling bagus itu :mrgreen:

    semoga artikel ini menjadi awal baru dari terbukanya wawasan dan pengetahuan para penyuka roda 2 di Indonesia

  12. saya malah pake Kawasaki Blitz… neh motor emang buat cari duit… 😀
    kuat dan tangguh… selama 5 tahun dirawat rutin mestinya gak nyusahin… kalo pake merek laen 5 tahun sih udah buluk… 😀

    balapan? tuh di indoprix kawasaki udah mulai nongol… 😀

  13. Pabrik ane pake mesin kawasaki juga, 2,5jt ton/thn. sudah beroperasi sejak 1996. pabrik yang satu lagi satu2nya di asia tenggara, produk special kawasaki 200rb ton/thn sudah dari 1980 dan masih operasi.

  14. kalo apa yang dibilang orang jepang itu soal kawasaki itu mungkin dilihat dari built quality. die casting kawasaki memang patut diacungi jempol deh.. motor saya bukan kawasaki tetapi beberapa part penting diganti dengan kawasaki yang kata mekanik yang dulu ngoprek motor saya lebih tahan banting dan memang terbukti.. part kawasaki yang dulu dipasang sejak 2006 belum ganti sampai sekarang

  15. Soalnya Kawi lupa kalau motor itu alat transportasi, jadi biaya pemilikan, perawatan dan operasional sampai ergonomi itu tetap harus diperhitungkan. Dan utk hal2 ini Honda paling jago, makanya gampang diterima di seluruh dunia.

  16. mgkn blm bnyk tau y
    klo di moto2 ad naman suter
    produsen sasis mtor yg dbuat tim balapnya kawasaki
    forward racing…
    jd Kawasaki g turun ke motogp cz biaya trlalu mahal

    500milyar/thun

    jd kawak lwt tim balap mrka di moto2 bkin bisnis skaligus bwt dptin data dr klien na yg pake sasis suter di moto2
    untk ngmbangin mesin mrka tntu dgn rule sndri.

    jd ssuatu saat kawak bkal turun penuh di motogp. dr usaha mrka dimoto2 ni
    jd data bwt ngmbngin mesin dpt..
    duit ngalir deres
    y kn?

    di asia road race champion 2011 kmren ninja zx-6r brsama Fujiwara. ngbuktiin loch sbg yg trkencang di asia utk thn ni
    chief enginer na ibnu sambodo

    di indoprix kawak jg sngt kompetitif di kls 110cc

  17. Patut diketahui?Mr. Nakamura bekerja diperusahaan yang tidak ada hubungannya dengan hingar-bingar industri otomotif. Jadi bisa dijamin opini tidak ada distorsi kepentingan…….
    ======================================
    ohh, kirain panboy 😀

  18. yg pernah pake kaze pasti taulah bagaimana durabilitynya si kawak baik mesin ataupun sasis
    ini contoh kecil nya saja dan itu ada di bebek yg diseting untuk di jual dgn harga murah

  19. Produksi sama pemasaran tuh beda managemen kali coy.. Artinya yang penjualannya paling laris belum tentu yang kualitas produknya paling bagus. Jadi gak perlu terlalu “gumun” kalo terungkap fenomena baru, yang ono kualitasnya bagus tapi kalah laris dari ini.
    Yang ini kali jualannya lebih pinter???
    Kalo di kancah balap, lihat tuh roda 4. Toyota tidak perlu nyalip Ferrari di F1 to untuk jadi pabrikan mobil terlaris di dunia saat ini?
    Paradigma bisnis pabrikan kali beda ama kita yg cuma pengamat atau user…
    Btw, masih tetep nunggu tiger baru.. Paling akomodatif untuk 80km sehari!!!

  20. Kawasaki emang beda… gk ngejar kuantiti (banyaknya jumlah produksi) tapi kualiti dan durability (daya tahan) produk itu yg dijaga, siapa aja yg pernah pake baik motor atau produk lain kawasaki pasti setia gk mau ngelirik merk lain… kecuali terpaksa ( kayak FBK yg pgn matic gk ada pilihan lain ke merk Y,H,S) . tanya aja ma yg punya binter , kaze, blits, sampe ninja sekalipun…

  21. kenapa kawasaki kurang laku di Indonesia?
    karena org selalu mikir harga jualnya lagi jatuh, beli motor buat di pake atau dijual lagi?
    harga sparepart mahal, harga & kualitas gak bohong. rata2 partnya kawasaki awet2. sparepart H & Y emang murah, tp kualiatasnya gmn?
    dulu org nganggap motor H***a paling irit. jelas aja, dulu itu motor rata2 2tak, nah si H***a udah 4tak, jelas aja irit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here