iklan iwb
iklan iwb

Bombardir produk anyar Honda hanya dilayani dengan ilmu bertahan dari Yamaha. Hasilnya…segala lini pabrikan garputala berguguran kecuali segmen sport. Apakah Yamaha sudah habis??….belum mzbro. Kabarnya ditahun 2012 strategi defensive  dirubah menjadi offensive. Artinya sesekali balik memukul lawan agar pertarungan seimbang….

Nah…tidak lama lagi, Fino akan mengaspal ditanah air. Rumor yang masuk ancer-ancer triwulan pertama awal tahun. Pertanyaannya….seberapa besar sih kans Fino sehingga Yamaha berputar haluan dari sebelumnya ogah bermain dikelas retro meralat strategi awal untuk terjun didalamnya??….

Dari sisi market sangat besar. Penyuka retro selama ini memang tidak ada jalan lain kecuali berkiblat kepada produk Honda. Lawong biker yang loyal sama Yamaha aja bisa rontok imannya pindah keHonda gara-gara siretro. Tapi patut diingat….sebagai first mover, secara mindset produk Honda lebih unggul. Retro adalah Scoopy…atau Scoopy adalah retro, kayaknya sudah menancap tuh bro. Artinya tim marketing Yamaha kudu bekerja lebih keras untuk menggedor mindset biker tentang hal tersebut. Jadi TVC, print ad, event dan segala kekuatan lain harus disumberdayakan penuh, dan bukan tidak mungkin Fino akan menggeliat setelahnya. Btw apa sih bedanya Fino-Scoopy??..

iklan iwb

Dari sisi desain walaupun sama-sama retro terdapat perbedaan signifikan pada desain stop lamp. Scoopy besar ditengah sedang Fino lebih kecil lewat lampu sein menyatu dengan body. Kemudian…dari sisi engine, Fino kapasitas 115cc sedang Scoopy 110cc. Tapi dengan perbedaan kubikasi ternyata tenaga retro Yamaha tidak lebih unggul sebab seperti tertulis diweb resmi Yamaha Philipina….power maksimum adalah [email protected] (setara [email protected]). Begitu pula torque…Fino [email protected] sementara Scoopy [email protected] atau kalau dikoversi ke Newton meter (Nm) sekitar [email protected] Artinya secara accelerasi serta power data diatas kertas, performa Scoopy lebih unggul….

Beda engine beda pula sasis. Body Fino lebih friendly user buat biker bertubuh mungil sebab seat height sedikit pendek (1.050mm) jika dicompare dengan Scoopy (1070mm). Bagaimana dengan bobot?? karena versi Philipina menggunakan pelk jari-jari…kita tidak bisa bandingkan dengan Scoopy tanah air yang dibekali pelk racing. Last…komparasi hanya hasil nyomot dari produk negara lain. Possibility YMKI melakukan perubahan disesuaikan dengan kondisi tanah air masih sangat terbuka. Sebagai konsumen….kita sangat senang dengan gerak maju Yamaha. So…kita tunggu saja siapa yang lebih digdaya diantara keduanya. Yamaha Fino???…atau Honda Scoopy??? monggo berikan prediksinya…..(iwb)

Spesifikasi Yamaha Fino

Spesifikasi Honda Scoopy

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!