iklan iwb

Tidak banyak yang peduli akan jerohan gas buang sepeda motor. Tapi keingin tahuan akan timbul jika didepan mata disodorin sebuah tontonan yang membikin penasaran.?Dan itulah yang dilakukan oleh?Yutaka…..sebagai vendor resmi pembuat knalpot dan disk pabrikan Honda. Yutaka sudi membagi ilmunya dengan memajang cutting body produknya. Salah satunya knalpot Honda Megapro…

Kalau kita amati ada perbedaan signifikan antara Megy lawas vs NMP terutama dari segi konstruksi. Pada Megy lawas….ada semacam sekat atau dinding-dinding serta tembaga/kuningan menghiasi pangkal saluran gas buang. Nah itulah yang disebut sebagai catalic converter. CC sangat berguna untuk mereduksi Nitrogen oksida menjadi nitrogen dan oksigen, Carbon Monoksida menjadi Karbon Dioksida serta senyawa Hidrokarbon yang tak terbakar (HC) menjadi Karbon Dioksida dan air. Dengan proses yang dilakukan pada CC, sisa pembakaran akan jauh lebih bersih. Sementara…kalau kita lirik pada generasi NMP, komponen tersebut dihilangkan. Jelas terlihat jalur ngeplong tanpa hambatan hingga kebagian ujung. Lho…kemunduran dong??…

Eitt..tunggu dulu mzbro. Pihak Yutaka mengatakan bahwa generasi anyar Dazzler aka NMP mempunyai teknologi engine yang jauh lebih maju. Jadi pembakaran sudah diatur sedemikian rupa sehingga gas CO2 yang brojol dari sisa pembakaran telah memenuhi standart yang ditetapkan. Artinya…tidak perlu CC…..gas buang?aman bebas?polusi. Semakin maju…ternyata mesin juga semakin pintar. Hhhmm….ngomong-ngomong IWB baru tahu kalau desain jerohan NMP layaknya knalpot racing gasbull mzbro. Pipa bolong-bolong kecil dibungkus kapas sebagai peredam. Mangkanya suara ngebas lembut. Jadi ini toh yang membikin suara beda dengan pendahulunya. Top dah!. Ada komentar mzbro??…(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

116 COMMENTS

  1. suara NMP ama MP masi kurang lembut…. saya sendiri sampe sekarang masi “gumun” ama suara knalpot bajaj pulsar 200… halusss puolll kaya mesin 600 cc ato motor BM polisi…

  2. begini seharusnya, jika dalam modifikasi motor, knalpot nomor buncit, artinya kelistrikan harus bagus, kemudian urusan mesin, dan terakhir knalpot, NMP berbekal mesin yang sudah diupgrade shingga pembuangan sisa pembakaran lebih baik, so mau pake knalpot freeflow ga masalah..

    mas Iwan…coba byson terus di upgrade shingga menghasilkan mesin yg lebih baik dari sekarang, jadi masalah catalic converter yg berliku2 itu bisa ditiadakan

  3. knalpon n mesin makin janggih, seharusnya otak konsumen juga semakin canggih…. gak gampang kemakan rayuan gombal seles 😛

  4. manteeeeppp gan…
    makin canggih aje teknologi nye…
    konsumen jangan salah pilih laaa…
    suara knalpot nya makyossss….

  5. 29. mercon – Oktober 31, 2011

    syukurlah,,,,,
    nggak ada kecoaknya,,,,,
    =============================
    eh.. itu di snalpot Mio ada merconnya…. ngagetin gitu bunyinya….

  6. pengen tau daleman knalpot NJZ, kok cempreng banget, apa teknologi suling yamaha diaplikasikan juga ke knalpot njz ya? 😆

  7. oh ini toh sebab ny suara ny NMP ngebas-bas gitu, jebule konstruksi ny dah sama ama knalpot racing a.k.a plonggg ampe kebelakang cuma ada 1 sekat terakhir aja…

  8. jadi secara teknologi khususny dalam urusan penghasilan kualitas gas buang bagusan NMP dong Mas dibanding byson??? (urusan performa abaikan saja dulu, kan juga dah banyak yg tau)

  9. CC sangat berguna untuk mereduksi Nitrogen oksida menjadi nitrogen dan oksigen, Carbon Monoksida menjadi Karbon Dioksida serta senyawa Hidrokarbon yang tak terbakar (HC) menjadi Karbon Dioksida dan air
    ————————————————————————————–

    saat ini cuma catalic converter yg bisa, mana ada mesin langsung dapat mengurai dari pembakaran (CARBON MONOKSIDA) langsung jadi karbon dioksida dan air. PEMBODOHAN OTOMOTIP.

  10. 32. Louis – Oktober 31, 2011

    29. mercon ? Oktober 31, 2011

    syukurlah,,,,,
    nggak ada kecoaknya,,,,,
    =============================
    eh.. itu di snalpot Mio ada merconnya?. ngagetin gitu bunyinya?.
    =================================
    iyo masbro,,, di mesin beat ama pakrio juga ada merconya,,, kalo di stater,, ngagetin juga bunyinya,,, 😀

  11. Pantesan kl ada new meagapro lewat gang rumah ane, suaranya ngebas banget tapi lembut, kl pulsar halus banget tp g ngebas, jd enakan suaranya new megapro lebih ngebass merdu hihihi….

  12. @ mercon
    kmaren malem pas beli martabakz ama kekasih gelapku pas ada mio lewat tiba2 “DUAR” sebelah ane ada orang yg agak latah langsung dyamput3x gictu… 😆

  13. Ternyata sekat knalpot NMP lebih sedikit dan cuma terbagi dua ruang, beda sama yang lawas, ada tiga ruang, otomatis knalpot NMP lebih plong dan bertenaga, berisiknya teredam glasswoll, tapi bassnya nggak hilang.
    Desainnya mirip-mirip punya cbr250r, lehernya panjang nyampe belakang dengan dua ruang.

  14. 37. samen

    saat ini cuma catalic converter yg bisa, mana ada mesin langsung dapat mengurai dari pembakaran (CARBON MONOKSIDA) langsung jadi karbon dioksida dan air. PEMBODOHAN OTOMOTIP.

    ===============================

    sabar sabar, ini mungkin teknologi super mutakhir sama seperti detonasi sensor di cbr 150 yg sampe saat ini ga ada yg bisa jelasin 😆

  15. Knalpot standarnya udh bagus, eh malah diganti yg aftermarket. Feelingnya katanya tarikan jd lebih maknyus, eh pas head to head hasilnya kalah telak sm yg masih pk snalpot standar…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here