iklan iwb

Oalah mz…aku sik gemeteren. Nang ngarep mripat ono arek arep nyolong motor...( Aku masih gemetaran. Di depan mata ada seseorang mau mencuri motor red.)”…. seru istri ketika calling via HP. Kejadian nyata dialami istri IWB, sebuah momen yang tak terlupakan. Beda dengan IWB yang hanya melihat penampakan kunci Byson remuk dibobol kunci T, istri IWB malah menyaksikan sendiri kejadian aksi nekad pencurian bermotor disebuah mini market kawasan BCI Pekapuran Depok…….

Minggu kemarin, dari rumah…. dengan menunggangi siijo Athlete istri berangkat kemini market. Jarak yang hanya 1 km ditempuh kurang dari 5 menit. Posisi mini market berada diseberang jalan. Lampu sein diaktifkan, motor pelan-pelan berbelok…masuk area halaman yang lumayan luas. Pada saat yang sama, ada satu mobil Carry juga berniat belanja….lebih dahulu parkir dengan posisi ditengah. Istri dibelakang mobil, alon-alon menggiring motor ketepi. Istri tidak curiga sama sekali, didepan mata…seorang pria masih muda (kira-kira umur 22 – 26 tahun) sedang nongkrong diatas Suzuki Satria FU 150. Didekatnya…satu lagi pria standby dimotor (tidak jelas merk kuda besi). Anehnya…mereka seperti tidak menyadari kedatangan istri….

Hasil jepretan istri pasca percobaan pembobolan...

Dari jarak beberapa meter, sipria menyentak-nyentak stang dengan sekuat tenaga. ” Lho…koq aneh?? motor sendiri digituin kenapa ya??” batin istri. Istri mendekat. Kedua pria agak kaget…diam sejenak. Tanpa sengaja, mata istri dituntun melihat sisi kontak motor. Disitulah rasa kaget dan curiga timbul. Kunci remuk mzbro…ancur seperti habis dibobol. Secara spontan…istri bertanya kepada mereka…” mau diapain mz motornya…??. Blingsatan mendapatkan pertanyaan yang diajukan..” oo nggak apa-apa mbak..” ujarnya. Kurang dari 5 detik silaki-laki sudah lompat kemotor temannya dan ngacir hilang dari pandangan. Barulah istri tersadar….bahwa apa yang terpampang didepan mata merupakan sebuah usaha curanmor. Shock mzbro..!!

iklan iwb

Istri segera masuk kemini market dan teriak memberikan informasi kepada petugas didalam. Jebule siempu adalah kurir pengantar barang. Dirunang mini market langsung heboh. Dari situlah ditemui sebuah fakta yang mengagetkan. Kasir mengungkapkan…..dimini marketnya memang sering terjadi usaha curanmor. Mirisnya mereka kerap kali mergoki dari dalam tanpa berani bertindak lebih jauh. Paling hanya berani menginformasikan kepembeli jika gelagat tidak enak. Hasilnya….tercatat sudah beberapa motor raib disana. Wah….ancur nih kalau kayak gini!! 😯

Singkat cerita…simas berterima kasih…sebab motor selamat tidak jadi digondol kabur. Hanya saja sikuda besi kudu dibawa kebengkel karena kunci stang macet tidak bisa unlock. Atas semua kejadian diatas, ada beberapa fakta menarik yang bisa IWB gali….

Kondisi kunci kontak ditusuk dengan kunci T...

1.? Mayoritas mengaku mengetahui aksi mereka, namun bungkam akibat takut.

2. Curanmor selalu beraksi berkelompok

3. Curanmor tidak takut dengan lingkungan sekitar. Terbukti beraksi dengan tenang kendati ada mobil atau motor datang kelokasi

4. Walau kunci sudah dibobol, curanmor tidak selalu sukses. Bisa jadi mereka banyak merekrut orang baru sehingga belum terlalu profesional melakukan pembobolan.

5. Mereka baru kabur jika ada seseorang yang mengusik aksinya.

Bisa disimpulkan….cueknya lingkungan sekitar membuat para pelaku kriminal menjadi semakin berani. DiJabodetabek, rata-rata orang tidak peduli kendati aksi didepan mata. Alasannya simpel…takut terjadi balas dendam. Dan ini kudu diperbaikil!!. Dibutuhkan gotong royong serta kerja bahu membahu untuk memberantas mafia motor seperti ini….

Posisi siSatria FU ketika akan dibawa kabur....

Last.….sebagai pembuat regulasi, sudah sepatutnya pemerintah meracik peraturan guna mewajibkan para pelaku usaha mini market agar memasang CCTV dilokasi. Selain sebagai back up kalau ada kejadian kriminal, camera CCTV akan mampu membuat para pelaku curanmor berpikir dua kali dalam melakukan aksinya.? Kedua…aparat keamanan sudah seharusnya menindak lanjuti secara serius keluhan masyarakat. Mengirim petugas preman ketempat-tempat rawan misalnya. Sayang…sejauh ini laporan hanya diterima dengan ketikan kertas tanpa ada tindakan sigfinikan…..

Buat kita semua sebagai masyarakat, mari saling bergandengan tangan, gotong royong serta pererat rasa memiliki. Artinya begini…coba bayangkan, bagaimana kalau hal itu terjadi pada saya??. Nah…kalau rasa itu sudah ada, IWB yakin jiwa fighting untuk mencegah aksi kriminal bakal bangkit. Kalau tidak…siap-siap aja? tindakan kriminal akan makin merajela. So buat para biker, waspadalah…….waspadalah !!! (iwb)

74 COMMENTS

  1. Key Shutter udh jelas jadi piranti yg harus ada disetiap motor.. ya setidaknya membuat pekerjaan si maling lebih lama sedikit.. ya cuma sedikit sih.. lebih bagus lagi standar dua nya persisi kayak y punya nya jupiter mx bisa digembok jadi tuh standar tengah ga akan bisa naik kalo gembok blm dibuka.

  2. Nitip mas ______________

    Suzuki New Thunder 125 Mulai Memperlihatkan Tajinya !
    udiendkab.wordpress.com/2011/10/25/suzuki-new-thunder-125-mulai-memperlihatkan-tajinya/

  3. 1. Mayoritas mengaku mengetahui aksi mereka, namun bungkam akibat takut.

    2. Curanmor selalu beraksi berkelompok

    3. Curanmor tidak takut dengan lingkungan sekitar. Terbukti beraksi dengan tenang kendati ada mobil atau motor datang kelokasi

    4. Walau kunci sudah dibobol, curanmor tidak selalu sukses. Bisa jadi mereka banyak merekrut orang baru sehingga belum terlalu profesional melakukan pembobolan.

    5. Mereka baru kabur jika ada seseorang yang mengusik aksinya.

    _____________________________________

    nambah lagi mas :

    6. kalau kepepet, senjata api akan di gunakan. tapi kalo keadaan mendukung, senjata api tidak di gunakan

  4. kl aku jadi istrinya mas IWB, aku ke dalem minjem pilox clear ama lighter, trus aku semprot tuh muka ornagnya pake FLAMETHROWER !!

  5. Wah,harus berhati2 lagi nih. Parkir gratis tidak menjamin keamanan. Alangkah baiknya diberikan kunci ganda.

  6. BAKAAAAAAAAAAAAAAAARRR !!!
    negor/nereaki maling memang harus bareng2 bos,baru mereka keder
    kalo dewean bisa2 malah sampeyan kena dor~

    dan jangan ragu ngasi kunci tambahan bila perlu (misal:gembok cakram) ato paling gampang : centelin helm di jok,gigi jangan netral bagusnya gigi 3,engine stop,keran bensin off.
    bukan mereka gak bisa bukanya tapi akan nambah waktu untuk malingnya

  7. Wah klo di daerah Ane sekali maling ketangkep lsg bablas nasibnya sih maling, cz masyarakat kompak udah halal hukumnya memotong tangan maling yg ketangkep basah, malah tragisnya bsa dibakar hidup2. Ngeerriii

  8. ea ada vixion tuh di pojokan.. valuenya lebih tinggi, komisi malingnya lbh bgs. tp pd takut x lbh dket kasir gampang ketahuan kalo lg ngeden2 muterin kunci T

    btw malingnya aneh bner kunci T nya belum berhasil membuka kuncian stang malah pake cara barbar gitu nyentak2 stang.. panik x mao cpet2 berhasil yg ada malah ketahuan..

    very nice article bro iwan

  9. Malingnya gak prof tuh mas bro, kalo yg prof biasanya langsung main angkut motor pake pick up … 🙁

  10. bisa terjadi karena mini market banyak yang memberlakukan “PARKIR GRATIS”

    kalo saya mending ada tukang parkirnya dari pemuda sekitar, toh bayar 1000 perak gak bikin kita jadi kere, malah bisa tenang,motor diparkir dengan dijagai petugas.

  11. @virus: emang ada gaji buta….. ya mata lo tu yang buta,,,, gak bisa lihat kerja keras pak pol,,,,, bisanya komen mulu tapi tapi lo sendiri gak bisa apa2…. dasar bocah…

  12. Kebanyakan memang bermain aman, daripada jadi korban lebih baik diem. Nah itu dia slogan kebanyakan masyarakat kita. Memang perlu rasa kekeluargaan, untuk membangkitkan rasa peduli terhadap keadaan orang lain. Moga bisa menyadarkan kita semua.

    Ulasan bagus mz iwan. Ditunggu artikel berikutnya.

  13. 1. upgrade semua kunci dengan yg ada SKS (diharapkan bs meminimalkan aksi kejahatan).
    2. atur regulasi yg nengharuskan pengelola t4 atau jasa tertentu memasang cctv.

  14. wah ane tau tuh minimarket dmna, secara ane orang depok juga 😀
    udah sering denger motor saef disitu raib 😀
    di depok si banyak yang ngomong udah kongkong kalikong sama orang dalem..
    makin berhati” deh secara motor ane sama kayak korban 😀
    syukur ada istri Mas IWB ga jadi raib itu saef..

  15. ini pernah kejadian ama fu gue. waktu diparkir di depan pager kosan. pulang dari kampus masuk sbntr sengaja motor diparkir di luar pager karena mau kluar lagi cri makan tapi kebiasaan gue selalu gue kunci cakram. ga lama gue masuk trus kluar lagi kunci kontak fu gue udah jebol. untung pake kunci cakram..

Comments are closed.