iklan iwb
iklan iwb

Kencang?? tidak ada yang mengingkari. Kendati banyak hujan kritikan akibat desainnya yang menabrak pakem tren pasar, CS1 tetap disukai khususnya kemampuan engine yang diatas rata-rata. Maklum mzbro…siapa yang tidak kenal mesin Honda Sonic…silegendaris ayago kubikasi 125cc yang terkenal ngacir. Nah…entah mengapa, dugaan mayoritas blogger tentang next motorsport 150 Honda bakal nyomot dari basic konsep engine sikuda besi. Mosok??…

Sebenarnya sih Cukup pantas mzbro. Sekarang coba sampeyan intip mesin CS-1. Dengan diplacement engine 125cc, CS-1 mampu memuntahkan tenaga hingga 12,8ps….sebuah pencapaian fantastis jika menilik mungilnya volume ruang bakar. Mumpuninya mesin disinyalir akibat kombinasi gear transmisi yang mencapai 5 speed, pendingin radiator, konstruksi daleman yang memang dirancang khusus untuk high rpm serta berbagai komponen penunjang yang tidak bisa disebutkan satu persatu….

So…jika mengintip bocoran tipe mesin yang disandang adalah SOHC…kans terkuat menjadi calon jantung next motorsport Honda teralis sangat masuk akal seandainya nyomot basic konstruksi engine dari gen Sonic. Tinggal bore up menjadi 150cc, gear ratio dibikin rapat supaya accelerasi yahud plus penambahan 6 speed sebagai penyeimbang nafas yang pendek, pengabut PGM-FI (fuel injeksi), radiator, ECU mapping serta oprekan pada sektor daleman engine dikombinasikan low friction part, bukan hal yang susah bagi Honda untuk membuatnya tembus hingga 16hp….

iklan iwb

Itu kalau Honda ingin tekan ongkos R & D. Kecuali pabrikan sayap mengepak malah sudah mengalokasi dana meriset engine SOHC baru sebagai bentuk investasi masa depan. Malah makin maut mzbro!!!. Last…ini hanya analisa prbadi. Toh….bocoran detil masih seputar clue ringan….yakni power diatas Megy, dan response engine lebih baik dari CBR150. Artinya….14-15hp plus torque 14 nm sudah cukup. Gimana brother jika prediksi benar. Setuju nggak kira-kira mesin CS-1 yang dipilih. Monggo share opininya……(iwb)

iklan iwb
Previous articleMotogp : Detik-detik suasana ketika Simoncelli meninggal….
Next articleMotogp : Rossi sangat terpukul atas kematian Simoncelli…
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!