iklan iwb

Judul diatas tidak bermaksud memprovokasi. Tapi memang seperti itulah arahnya. Semua merupakan hasil diskusi antara IWB dengan salah satu teman pemerhati otomotif roda dua tanah air lewat memperhatikan dilapangan, pergerakan pabrikan serta bocoran internal….

Access pasti strategi masing-masing pabrikan tidak mungkin digali secara akurat. Semua hanyalah prediksi sementara lewat pengumpulan data dan bocoran internal terpercaya. Yup….tahun depan Yamaha disinyalir masih akan mengandalkan trio motorsportnya…..Vixion, Byson dan Scorpio. Kenapa?? sebab YMKI merasa belum all-out memberdayakan ketiganya. Disaat kompetitor memberikan fitur melimpah, mereka terkesan? menahan diri. Dan hal itu disinyalir bukan tanpa alasan melainkan sebagai senjata susulan ketika posisi kepepet. Begitu pula Byson. Produksi yang masih tersendat menjadi biang keladi potensi sesungguhnya…..

Sekarang….siapa yang nggak kesengsem seandainya Vixion dibekali RDB??. Atau….speedometer analog berubah full digital. Dengan kondisi sekarang saja….biker tanah air sudah gandrung susah goyah. Terbukti penjualan siinjeksi terus meroket sukar ditekuk oleh kompetitor. Begitu pula Byson. Gen FZ….nyaris tanpa iklan, pilihan warna standart plus striping seadanya sudah mampu membius ribuan biker diluar sana. Coba sampeyan bayangkan kalau sigambot dicangkokin rem belakang disk, advertising digenjot…plus modifikasi warna, striping dan tak kalah penting adalah ketersediaan unit didealer. Sepertinya YMKI sangat sadar dengan hal itu. Yah…..itu hanya beberapa contoh ” all out” yang dimaksud selain masih banyak hal lain yang bisa diekploitasi Yamaha….

iklan iwb

So…mzbro, kenapa IWB bahas perkara ini??. Sebab berdasarkan info yang masuk, menganalisa sumber ataupun pergerakan pabrikan besar tanah air, membawa kedalam satu kesimpulan bahwa tahun depan YMKI hanya akan melakukan upgrading fitur, facelift serta mendorong segala potensi yang ada supaya bisa tampil all out. Pabrikan garputala masih belum merasa perlu mengeluarkan senjata baru untuk meredam sasis teralis. Entahlah jika sang jagoan mereka…Vixion berhasil dipukul KO oleh next motorsport 150 Honda. Bisa jadi strategy plant berubah. Masih berharap Yamaha brojolin motorsport baru tahun 2012??. Berdoa saja gacoan Honda benar-benar bertaji……..(iwb)

69 COMMENTS

  1. Setuju bgt nihh mas iwan
    Apalagi byson sepertinya masih kurang akan fitur
    Penambahan RDB pada Byson dirasa sangat perlu secara Byson dengan velg tapak lebar dan ban gambot rasanya kurang pakem kalo pake rem tromol

  2. Sip…Analisa yang mantap emang kalo dengan menggabungkan bocoran2 serta fakta di lapangan…Bukan analisa ngawur dari seorang fansboy yang memandang segala sesuatu dari sudut pandang pribadi yg subyektif

  3. strategi marketing itu mas bro… ya option facelift emang paling oke buat vixion… bisa cuma RDB bisa tambahan digital… atau tiba2 major change jadi buntutnya r15 v2.. pada intinya yamaha masi punya senjata kuat untuk membunuh si teralis… semuanya pasti rahasia perusahaan toh mas… honda taunya cuma ” ah paling si pabrik sebelah cuma facelift dikit.,, kita isa bunuh tuh si vixi pake teralis ” …. dengan PDnya… padahal vixi masi punya potensi sangat kuat… lha dipikir aja degh,, bukan maksud ngebela yah… body r15 v2 ama CBR 150 masi kerenan mana,,,, byson ama NMP keren mana… tinggal ntar vixi facelift ama si teralis kerenan mana…. semua tinggal selera masing 2 deh… monggo dipilih…

  4. Tetep aja bila yamaha gak mau ngeluarin produk yg benar2 new,cuma mendananin body dan stripping aj,lama2 konsumen akan jenuh juga,konsumen menganggap YMKI dah gak punya taji alias minim innovasi produk baru,mirip2 mio yg dari mbrojol ampe skrng cuma gonta ganti stripping doank……………………………………..

  5. gue berharap VIXION bisa MATI LEBIH CEPAT.
    Dan harapan gue u/ meminang NEW YZF R15 V2.0 akan segera terwujud.
    Amiiiiiiiiiiiiiiinnnnnnnnn.

  6. Kalo gitu caranya, YMKI cuma akan ngulangin kesalahan AHM jaman jaman kemaren dong.
    Cuma facelift, ganti striping… facelift, ganti striping…. facelift, ganti striping….

    Hehehehehehe

  7. emang belum all out, fitur belom maksimal…. namanya juga orang jualan….

    tp yg dikhawatirkan, kalo si piksen killer bkin jatuh hati gmn???

  8. hah? menahan diri ?
    banyak faktor yang membuat YMKI gak bisa apa2
    ini bukan soal YMKI tapi kehendak yang di Jepun sono
    memang Yamaho lagi menurun tahun ini

    IMHO :Yamaho sekarang bukan menahan diri
    tapi memang gak bisa berbuat banyak !
    mungkin kata “menahan diri” secara psikis bisa memberikan hiburan di benak fan boy yamaho,,, ya gak ?!!

    Fakta :
    YZF R150v2 belum masuk indonesia, kalau masuk pasti head 2 head dengan CBR 150
    beda segment beda kelas beda di harga
    di segment ini pasarnya lebih sedikit
    gak mungkin pabrikan yang mayoritasnya menggantungkan penjualan dari bebek dan matic kok tiba2 berharap dari sport premium ?

    kasus bocor alus
    pasti terjadi, sangat sulit kalo pabrikan mau loncing produk baru untuk dirahasiakan
    nyatanya diindia sana jauh hari sebelum loncing sudah bocor!
    jadi sekarang ini memang yamaho tidak ada rencana buat produk baru
    kecuali taun 2012 ada kebocoran informasi dan bukannya menahan diri!
    karena saya memandang ini secara global, bukan hanya di indonesia
    YMKI cuma ATPM… BUKAN yang melakukan riset dan menciptakan teknologi baru !! cuma bisa tergantung dari jepun sono
    tapi diindia nampaknya ATPMnya punya keistimewaan yaitu bisa mendesain produk sendiri dan memasarkannya

    jadi jangan konyol dengan “menahan diri” dan “senjata baru”
    secara umum YMKI cuma bisa tempel setiker dan ngecat motor

  9. klo pola pikirnya spt itu terus apa bedanya donk dgn honda tempo dulu yg selalu menganggap remeh lawan.

    klo cuma dgn gonta-ganti baju dan stripping aja msh laku ngapain jg ngasih ini itu…??

    apa bedanya dgn ahm jaman dulu??

  10. Dan catet YMKI, skarang ini adalah perang minded,perang image… jika di benak masyarakat udah terukir image kl YMKI cuma ngasih motor seadanya dgn kualitas seadanya jg, akan susah nt membangun kembali image yang baik..sehingga konsumen males untuk meminang kembali produk2 Yamha..
    konsumen skr pada jeli, ka akan terpropokator dgn BC2an, ga cerdas kesannya…
    so sebelom image jelek yg terukir lebih dalem lg, cepet2lah brojolin produk2 yg top markotop, biar konsumen gak pd kabor…

  11. ymki kampreto
    kenapa nggak di masukin aja R15 secara cbu, vixion tetep/facelift, jadi nggak saling makan, jadi tetep menjaga konsumen yang loyal, contoh ninja 150 deh… ada dua opsi, mau yang porno/naked apa yang berjilbab/firing,

    ymki kampreto

  12. wagh..semoga saja semuanya bisa upgrade fitur…. :mrgreen:

    yang untung kan konsumen…. walaupun gak untung2 amat.. :mrgreen:

    agoey.wordpress.com/2011/10/20/impresi-riding-setelah-2-bulan-menggunakan-satria-fu-2011/

  13. my way is suka-suka..
    tapi yang lain semakin ketinggalan itu saya kira sudah gak relevan lagi untuk dijadikan bahasa iklan, pakailah bahasa iklan yang elegan, hindari hal2 yang dapat menyinggung atau merendahkan fihak lain, terkadang niat melucu bisa disalah tafsirkan sebagai bc, angkuh dan merendahkan.
    semoga yamaha bisa lebih baik dan sesuai taglinenya..
    persoalan sepak terjang ymki di 2012 saya kira sudah cukup dengan mengeluarkan dua skutik baru, mem facelift sport (minimal rdb), minor change bebek jupiZ & vegaZR..
    kalau perlu buat pilihan body transparan biar motornya jadi terlihat eksklusif 😀

  14. Aku juga sudah muak dengan produknya YAMAHO………nggak ada inovasi dan gebrakan2 seperti dulu…..Bosseeennnn liat model yg itu2 melulu.
    Nggak kaya HANDO….selalu bikin kejutan dan gebrakan baru.Mmg sekarang jamannya….HANDO.
    Hidup HANDO…..hancurkan YAMAHO.

  15. gue berharap tahun 2012 penjualan motor dan mobil turun drastis dan pada g laku biar jalanan g makin sumpek, kemacetan g tambah panjang dan kedepanya orang2 milih transportasi umum (kalau transportasinya udah bener dan layak d naiki tentunya)

  16. Khusus untuk New Jupiter Z, sudah saatnya revisi body, harga diturunkan sama dengan kompetitor dan juga ganti knalpot yang cempreng itu, dengernya aja udah enek, enakan suara knalpot Jupiter Z burhan, lebih empuk dan berwibawa, mesin versi burhan juga lebih tangguh, unit second nya Jupiter Z lawas juga sangat tinggi peminatnya, tidak seperti NJZ.
    Saya banyak stock Jupiter Z lama soalnya lebih laku…

  17. Denger2 yamaha jepun sekarang lagi disibukkan dg proyek riset toyota ft-86 II setelah pengembangan lexus lfa nurburgring series juga pengembangan M1 1000cc. Makanya kurang konsen di motor cc kecil krn sumber dayanya d kerahkan tuk proyek2 dari toyota itu. Pihak toyota ndiri juga berambisi menciptakan mobil2 legendaris lagi hasil pengembangan toyota-yamaha kayak 2000gt, celica, supra, trueno(AE 86), LFA, terakhir FT 86

  18. Piksen memang masih potensial untuk diupgrade,contohnya aja rem tromol,sepedo manual,body yang masih kosong,gigi cuma 5 speed, tinggal nunggu aja nanti lawannya kaya apa..,kalo dengan feature yang ada aja lawan ga bisa jatuhkan buat apa upgrade,apalagi masukin r15 orang barang apa adanya aja masih laku keras..,mudah mudahan aja lawannya bener2 killer biar R15 bisa brojol..

  19. wah.. apa kata FBY?? kalo tahun depan cuma gonta-ganti stripping doang?? wkwkwkwkk….

Comments are closed.