iklan iwb
iklan iwb

Setelah 5 tahun peceklik kemenangan, hari ini…..tanggal 16 Oktober 2011 sejarah baru terukir. Yup….HRC atau Honda racing berhasil merebut juara dunia dari Yamaha…sang rival sejati sejak tahun 2004. Tragisnya….Yamaha kehilangan mahkota pada penghujung era 800cc. Sedang dari sisi pabrikan sayap mengepak….sekali lagi mereka menorehkan tinta emas sebagai pabrikan yang tidak pernah absen menggondol kemenangan setiap era……

Masa NSR500 sudah punah.  Dilanjutkan engine 4 tak RCV211v. Keduanya adalah legenda kuda besi balap tak terkalahkan sebelum akhirnya Yamaha YZF-M1 lewat tangan Valentin Rossi berhasil mengobrak-ngabrik dominasinya. Banyak pembalap hebat direkrut HRC untuk mengganjal Rossi…mulai dari Max Biaggi, Sete Gibernau, Pedrosa dan Nicky Hayden. Tapi semua tidak membuahkan hasil. Kendati tahun 2006 Nicky Hayden sempat merebut mahkota juara dunia, namun banyak pengamat mengatakan hal itu akibat keberuntungan atas problem chatter atau vibrasi berlebih pada tunggangan Valentino Rossi….

Lorenzo...sang rival sejati mengalami cedera jari diPhillips Island

Buruknya prestasi terus berlanjut diera 800cc. Bahkan selama 4 tahun 2007, 2008, 2009, 2010….tim HRC dianggap sebelah mata. Maklum mzbro, Honda RCV212v tidak pernah mampu menunjukkan taringnya. Filosofi sebagai pabrikan kelas atas membuat mereka terpukul. Development tidak henti-hentinya dilakukan. Iktiar akhirnya menemukan titik terang. Hingga lahirlah gearbox fenomenal yang bisa mempercepat perpindahan transmisi. Selain itu penyempurnaan sasis juga dilakukan. Hasilnya??….Honda selalu lebih cepat beberapa ratus detik dari lawan. Kalau ada yang bilang juara dunia akibat Stoner???..tidak sepenuhnya benar. Bisa kita intip mayoritas pembalap penunggang RCV212v mampu nyodok dibarisan terdepan…..

iklan iwb

Yup….Honda kembali menjadi juara dunia. Tim HRC telah menunjukkan kelasnya sebagai pabrikan top dalam dunia racing. NSR500, RCV211v, RCV212V……ketiga motor telah mencicipi mahkota juara Motogp pada masing-masing era. Selamat kepada Honda Racing dan juga Stoner. Namun, tahun depan akan berganti dengan era 1000cc. Apakah RCV213v akan setajam adiknya…RCV212v?? monggo berikan prediksi sampeyan…..(iwb)

iklan iwb
Previous articleYamaha mengaku akan merilis Fino tahun depan!!. Akhirnya……
Next articleYamaha R15 versi 2.0…accelerasi 0-60km/jam butuh 4.2 detik!
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!