iklan iwb

Kalau kita membayangkan era 1990an pasti tidak akan menyangka pergeseran teknologi sedemikian cepatnya. Sebagai contoh…gadget mzbro! Dulu waktu IWB SMP…mana ada yang namanya email, chatting atau media blogger seperti sekarang. Boro-boro internet…lawong pager aja udah paling keren. Perkembangan gadget ternyata juga diiringi kemajuan teknologi otomotif….

Kemajuan teknologi kendaraan tidak mutlak selalu menyangkut masalah speed. Namun pabrikan lebih mengedepankan faktor efisiensi, ramah lingkungan serta fuel economi. Karena itulah…mereka belomba-lomba meracik kuda besi yang irit tanpa mengorbankan power. Dan…sistem injeksi adalah pilihan tepat. Sebuah mekanisme pintar mengadopsi dari teknologi pesawat terbang. Walah mosok??…..

Yup…insinyur pesawat kala itu berpikir keras untuk membuat sistem pengabut bahan bakar yang aman. Akibat kelemahan karburator yang
rentan terhadap kemiringan (adanya mangkuk bensin didalam body) serta cuaca, mereka melakukan penyelidikan bertahun-tahun untuk menciptakan sebuah terobosan baru. Maklum mzbro….manuver pesawat yang menukik kemudian berputar 180 derajat menuntut alat yang tidak terpengaruh gaya gravitasi. Belum lagi perubahan suhu diangkasa yang tergolong ekstrim….

iklan iwb

Maka muncullah teknologi injeksi yang diatur oleh ECU. Setiap semprotan bahan bakar sangat presisi menjadikan sistem ini menjadi idola diajang lomba balap jet darat, mobil racing dan akhirnya kendaraan roda dua. Seiring perkembangan jaman serta tuntutan efisiensi, pabrikan dengan cerdik mencoba mengaplikasikannya pada motor cc kecil produksi masal. Bagaimana dengan alat pendukung lain??….

Asli canggih mzbro!!. Diluar alat diagnosis ECU…ada sebuah alat kecil berbentuk rudal :mrgreen: . Setelah digali lebih jauh ternyata alat tersebut adalah mini mikroskop digital yang dintegrasikan dengan laptop. Fungsinya untuk apa??. Kegunaan adalah untuk melakukan pengecekan lubang injektor. Dengan ukuran mikro yang disandang injektor, mustahil mata telanjang mampu menangkap secara detil bagian tersebut. Apakah lubang dalam kondisi mampat atau bebas?….mikroskop menjadi senjata utama untuk mengetahuinya.

Hebatnya lagi….data obyek mampu diolah oleh komputer untuk dilakukan pengukuran. Dan percaya atau tidak…menurut pak Abidin (YMKI), doi pernah mencoba mengukur satu helai rambut kepala manusia lewat mikroskop digital dan diperoleh sebuah angka yang bikin merinding…yakni 7 mikron. Tahukan maksudnya??. Masih ingat apa yang sudah dijelaskan dalam Al-Qur’an??.

Jembatan Syirothol Mustaqim berasal dari satu helai rambut yang dibelah menjadi 7 bagian. Artinya….satu mikron mzbro!!!. Subhanallah…..bisa sinkron dengan sains begitu ya?! 😯 . Apakah ini berarti…diakhirat kelak kita kudu melewati jembatan selebar 1 mikron??? wallahualam mzbro. Hanya Allah yang tahu……(iwb)

35 COMMENTS

  1. Masya Allah Tabarakallah Technology sudah smkiin meningkat dan seharusnya diimbangi dengan akhlak dan moral yg mulia..

  2. Di pabrikan lain malah udah lama pake buat ngeliat crack pada finish casting…makannya gak di blasting apalagi painting…gak kayak yamaha yang castingnanya di blasting buat ngelabuin crack sekecil rambut…sekedar tau aja yah…

  3. mantabz artikele mzbro…
    ngajinya mengalir secara alami tnpa menggurui…
    salut2 bwt mzbro…

  4. makasih mas iwan ,
    subhanallah..
    merinding bener , menambah keimanan dan keyakinan gw mas,
    udah isya’ nih,abis baca artikel ente,gw jd pengen ke masjid,
    biasanya males2 an, 😀

    sering2 aja kupas ginian bro,
    biar g duniawi aja isi bahasannya
    ciao

  5. @ 5. masbule
    Betul mzbro..saya aja masih serasa bengong….
    @ 18. smoothy blue
    Share info aja. Buat kita semua mzbro..
    @ 21. likedoctorprofessor
    Subhanallah mzbro….

  6. Subhanallah….
    1 helai 7 mikron aka 7 bagian….
    Super Duperr Tipisss…..
    Gak bisa dibayangin dg kata2
    seandainya nanti manusia yg banyak dosa & maksiat jasmani rohaninya
    sudah dipastikan baru melangkahkan satu kaki saja dijamin dah kepleset trus langsung nyempLuunG ke dalam Neraka jahanam………
    hiii sereeemmm….
    Ayo bagi yg muslim
    sholatnya jgn sampai malas2an…..???
    semangat……
    Mas IWB sering2 buat artikel
    kayak gini ya…..???

  7. Wah artikelnya ibarat hujan ditengah2 para FansBoy yang lagi bakar2an. Padam tuh apinya. Btw untuk aktikel selanjutnya disisipin ilmu2 seperti diatas lebih sip. Siapa tau ntar jadi Cirikhas Warung IWB.

  8. Injeksi ditemukan insinyur Jerman (jaman Hitler)

    Jenis2 injeksi jg menggunakan bahasa jerman

    en.wikipedia.org/wiki/Fuel_injection

  9. Untuk para FB’ers semoga kedepannya klo komen agar lebih santun. cz kta hidup tdk hnya sendiri aj, misal klo Ente komenya tdk santun dibaca lbh dari 1000 orang maka gak terasa dosa Ente bsa tambah banyak ntu..

  10. Maasyaa 4JJI …. ah, ane jadi merinding ngebayangin bodi ane kudu nyebrangin jembatan dari rambut yang belah 7…

Comments are closed.