iklan iwb

Brother sekalian….bagi yang penasaran apa saja sih perbedaan SupraX125 Helm-in? dibanding saudaranya?? kebetulan IWB beserta teman bloger lain berkesempatan meliput presentasi sekaligus test ride motor yang didaulat sebagai bagasi terbesar dikelasnya. Mau tahu??…monggo diintip!

Ibu Isti (HC3 AHM) menjawab atas pertanyaan? IWB kenapa AHM memutuskan mengganti odomoter dari digital keanalog?? ….ternyata semua berdasarkan hasil survei kekonsumen. Menurut data yang dikumpulkan mereka, masih banyak para pengguna SupraX 125 menyukai model speedo manual ketimbang digital. Karena itulah Honda memberikan opsi 2 varian SupraX125. Jadi mana yang sampeyan sukai…monggo itu yang dipilih. Memangnya apa saja sih perbedaan antara keduanya??. IWB coba lampirkan gambar jpeg hasil jepretan dari presentasi AHM. Dan berikut yang IWb bisa share….

Desain bodyframe mengikuti volume U-Box serta tanki bahan bakar…

iklan iwb

Desain body berubah total. Begitu pula wheelbase dimana SupraX125 helm-in lebih panjang (1263mm). Efeknya lebih stabil dilintasan lurus…

Ada perbedaan model dari tuas rem serta karet foot step…

Master silinder rem Helm-in tersembunyi didalam casing. Begitu pula bentuk jok yang sedikit melebar plus bagasi alias utility box 19,6liter

Tanki bahan bakar Helm-in mencapai 5,6liter (versi reguler 3,6liter). Keuntungan tidak perlu sering mampir kepom bensin. Kemudian desain holder pillion step dimana Supra Helm-in sudah model gantung. Satu lagi yang menarik mazbro…..yup, kick starter mengadopsi model underbone tanpa karet.

Gear pedal ada perbedaan (monggo diintip gambar). Plus…undercowl hilang pada sibebek helm-in….

Swing arm desain kotak…

Knalpot dibekali cover muffler….

Crackcase cover ada perbedaan. Begitu pula standart tengah dan samping…..jebule juga tidak sama

Step bar comp atau besi penyangga foot step. Panjang Rantai berbeda pula. Sesang dari sisi sproket…..bebek berbanderol 15,6juta dibekali chain stopper atau pengaman rantai….

Air cleaner diposisi depan sedang Supra reguler dibawah underbone sasis. Kelebihan lain….Helm-in dibekali fitur anyar yakni resonator. Alat berfungsi mengurangi efek noise pada mesin…

Kabel speedo Helm-in masih mengambil dari laher roda depan. Begitu pula kaliper masih mengadopsi single kaliper namun dengan ukuran lebih besar….

Head light dan lampu sein depan…

Saklar mengadaposi AHO (SupraX reguler masih memakai saklar pemutus)

Shutter key dibekali fitur glow in the dark. Kemudian buka jok tidak perlu cabut kunci. Tinggal dorong (push) maka jok unlock….

Lampu stop lamp mengaplikasi LED. Kemudian posisi aki helm-in dibawah underbone. Khusus hal ini, TMCblog sudah bertanya keAHM akan keamanannya…dan mereka menjamin sebab telah ditest secara teliti…

CDI sama-sama dual mapping

Ada perubahan desain cam shaft. Begitu pula connecting rod. Helm in lebih pendek untuk mengejar tarikan bawah….

Tensioner lifter sudah menggunakan sistem hidrolis….

Dinding piston Helm-in lebih bertektur untuk menangkap oli dalam keadaan mesin mati…

Yup…itulah beberapa perbedaan yang IWB bisa kumpulkan dan share kemzbro semua. Semoga bisa menjawab rasa penasaran. Terus piye dengan hasil test ride-nya??. Sedang IWb godok. Stay tune aja mzbro soale nih motor IWB geber habis-habisan 😆 . Ocreee….(iwb)

67 COMMENTS

  1. Tensionernya balik lagi kyk model mesinnya C100 ya? Pake sistem hidrolis & tanpa perlu penyetelan?
    Teknologi c100 yg terlalu canggih apa HSX Hi yg kembali ke teknologi lama?

  2. deviasi spidometer vs gps gimana?
    apakah spido dimatiin biar gak ketauan performanya? atau pake alesan biar bisa dijual sebagai barang baru?

  3. tensioner keteng hidrolis itu termasuk spec down masbro.. dah ketauan di balap honda blade sering loncat ketengnya.. eh malah di pake di helm in ini.. gimana sih..

    menaikkan valaue, tapi ada juga yang di turunin.. payahhh

  4. woooo gak nyangka om
    ta’ pikir mesin cuma di naikin kompresi doang
    mantep om……..
    kalo emang bner sampean geber abis2an
    cepet2 dikeluarin laporannya om

  5. Kebohongan otomotif ahm style lagi nih.
    Resonator pertama di motor bebek??!!??!
    Dari jaman Suzuki Shogun kebo tahun 2005 sudah pakai teknologi ini kampret!

    Swing arm niru-niru Jupiter MX.

    Tensioner lifter mundur ke jaman kuno mesin C100 yang membuat rantai mesin cepat kendor dan tidak tahan digeber putaran tinggi.

    Lapisan molibdenum malah dihilangkan.

    Kabel speedo yang juga kemunduran, kembali pakai kabel di roda depan. Hilang sudah salah satu keistimewaan supra125.

    Gear change pedal yang sudah bergaya sporty malah diganti dengan model khas motor mbok-mbok.

    Undercowl malah dihilangin? Gak takut tambah getar tuh leg shield?

    Connecting rod dipendekin gak ngaruh ke tarikan bawah lagi.
    Ngaruhnya ke efek friksi piston ke dinding silinder yang lebih minim tapi punya efek rugi ke efisiensi volumetrik di sekitar TMA.

  6. Satu lagi, connecting rod lebih pendek berarti lateral vibration lebih besar.
    Siap-siap tuh biji geli-geli

  7. kira-kira bakal keluar ga ya brosur komparasi motor yg model begini (?_?”)

    1.-Supra Helm in : lampu belakang LED,hemat energi dan berkesan canggih.
    -kompetitor (SX125) : lampu belakang model bohlam biasa,kuno.

    2.-Supra Helm in : wheelbase panjang, menunjang volume U box besar (19,5L) dan menambah kestabilan manuver saat dipakai di lintasan lurus.
    -kompetitor (SX125) : wheelbase pendek, bagasi kecil (4,7L), kurang stabil saat di lintasan lurus.

    3.-Supra Helm In : tangki bahan bakar besar (5,6L) ga repot sering-sering mampir SPBU, desain footstep belakang baru yang keren dan berkesan sporty, kick starter tanpa karet yang keren dengan model yang biasa dipakai motor sport.
    -kompetitor (SX125) : tangki bahan bakar kecil (3,7L) kecil,repot karena harus sering ngantri beli BBM di SPBU, desain footstep belakang dan kick starter kuno model mirip motor bebek konvensional kurang berkesan sporty.

    ====================================================

    guyon..hehehehehe…(?_?”)

  8. Gwa dah pernah liat nih, setau Gwa emang banyak banget perbedaannya antara Supra X lama sama Supra X Helm in, bener banget yang dibahas sama Mas Bro ini bener banget, Gwa pernah liat langsung di motornya dan Gwa sengaja ngebandingin, & ternyata banyak banget perbedaannya. So ga tau liat pasar lebih pilih mana Supra lama apa Supra baru

  9. SIAP-SIAP AJA SUPRA REGULAR DI SUNTIK MATI LAYAKNYA SI SUPRA FI, BARU BELI UDAH DI SUNTIK MATI,,HONDA NIH GA MEMIKIRKAN KONSUMEN YG BARU BELI,,KEMAREN BLADE,,SEKARANG SUPRA FI YG DI SUNTIK MATI,KASIAN MOTOR DIRUMAH.lihat data di eyang edo

  10. keren….supra x makin merajai bebek…pinter juga strategi ahm di segmen bebek…

    semoga ahm di segmen sport juga sama seriusnya seperti di segmen matic maupun bebek

  11. Wah banyak fitur2 baru nih di Supra X 125 Helm In…gw jd pengen liat langsung nih….udah keluar kan di dealer?

  12. @ 33. rendy
    Kalau menurut keterangan Ibu Isti (HC3 AHM) SUpraX125 biasa tidak akan disuntik mati mzbro. Melainkan jalan beriringan saling mengisi dan melengkapi sebagai tandem…….

  13. salut untuk AHM (untuk produk yg ini), berubah total! salut untuk komparasinya, fungsionalitas lebih dikedepankan, berbeda dengan New Blade

  14. ane suka lampu belakang nya supra x125 helm in…
    manteeeeppppp bangeet dha…
    benar-benar top abis dha motor bebek satu ini,..gilaaa beneerr…
    awesome bangettt gan…
    fitur-fitur makin komplit,makin canggih,keren,wallllaaaaaahhhh…..kehabisan kata-kata dha ane…
    Honda perfect dha^^

  15. @ 26. o’onda : setuju ama ente bro !!.. gear change pedal dan under cowl yang jadi perhatian ane, iya ya koq jadi model jaman VOC lagi ya??? pricing strategy harga tetap padahal teknologi yang gak terlalu dipratiin2 amat oleh konsumen di kurangi, fitur2 yang kurang menonjol juga dikurangi… tetapi kayak roller rocker arm, tangki gede, bagasi gede de el el di munculin tebal2 waktu promosi.

    Jika “yang dikurang2in” ntu dikembalikan dan dipasang di helm-in pasti 17 juta on the road dan langsung tabrak harga si belalang mundur eh tempur alias cs-1 hihihi….

    menurut ane, kalo mo yang pass pass kelopass… gear change pedal dan under cowl dikembalikan mesin pake aja yang lama trus kasih roller rocker arm, bagasi tambah dikit aja 10 liter cukup, yang perlu ditambah tangki bensin, dan terakhir swing arm kasih kotak…. harga….. pasti naik 500rb -1jt dijamin!!

  16. woow…. komplit banget nih infonya.. btw aku sih ga ngerti sampe se detail itu… yang penting tampilannya lebih keren dan dipakenya lebih asiiikkk dan buat cewe helm in sudah sangat bermanfaat….. soalnya ga cuma buat helm aja tp bisa buat nyimpen tas biar lebih aman….gebeerr…

  17. banyak jga perbedaanya, pantas harga terpauh jauh.. pijakan kaki harusnya yg model bisa dilipat tuh.. desain lampu depan dan belakang keren.. kapan yah ada motor sport yg helm in ?

  18. Hmmm….klo masalah fitur dan mesin klo cewe kurang ngerti, tapi saya setuju sama AHM yang mengadakan survey utk menciptakan model baru,,,harus tau keinginan pasaran konsumen. Dan yang penting motor itu klo kata saya bukan fiturnya, tapi kegunaannya. Thanks u

  19. Suka yg gak pke AHO, selain itu model yg reguler lebih enak dipandang aka gak bosenin. Yg Helm-In mirip kek Revo pke AHO lagi seharusnya diberi garansi beberapa tahun utk bohlamnya aj , biar konsumen lbh ringan biaya perawatan. hehehe…

  20. mmmhh kalau aku sih kurang ngerti perbedaan yang menonjol nya darimana,yang pasti untuk kita kaum cewe yang super riweuh bawaannya pastinya lebih berguna secara dari bagasi yg lebih luas ,wah pasti lebih di minati nih untuk type bebek

  21. beberapa fitur memang bisa dianggap KUNO tetapi kuno atau tidak nya disesuaikan dengan selera konsumennya.. tidak bisa dilihat hanya dari satu sisi / opini pendapat perorang.. toh konsumen juga yang memilih apakah membeli atau tidak … nyaman atau tidak dengan apa yang dibelunya… lanjoet gann

Comments are closed.