iklan iwb

Judul diatas tidak bermaksud mendramatisir namun memang begitulah kenyataanya. Sudah rahasia umum mayoritas karakter rem kuda besi garputala empuk dan pakem. Namun tak ayal kejadian didepan mata membuat IWB sempat terhenyak bengong tidak percaya. Lho emangnya ada apa mzbro???….

Kondisi lalu lintas tidak terlalu padat. Pagi hari melaju dari Tanah Abang menuju kekuningan Casablanca. Sudah kebiasaan IWB enggan terlalu dekat dengan mobil sebab dulu pernah punya pengalaman nyosor bak belakang pick up gara-gara simobil ngerem mendadak. Akhirnya…jaran wesi ngeloyor dan menghantam bokong simobil. Untung dalam kondisi low speed jadi masih selamat tidak mengalami cedera atau kerusakan berarti. Kembali kecerita…..

Kecepatan sekitar 60km/jam. Didepan IWB berjejer mobil-mobil pribadi melaju konstan dengan beberapa motor dibelakangnya. Ketenangan tiba-tiba dirusak oleh suara decit ban mobil tanda sedang melakukan hard braking. Kaget mzbro!!…sontak secara reflek tangan membetot tuas rem. Untung posisi IWB tidak sejajar?dari mobil sehingga motor bisa menghindari tabrakan. Tapi…darah serasa turun kebawah sebab persis dibelakang (estimasi 5 meteran) ada satu Jupiter-Z tidak punya kesempatan banting stang. “Wah…kena nih”…batin IWB

iklan iwb

Ajaib…pemandangan didepan mata berkata lain. Motor yang diisi dua orang biker paruh baya tersebut berhenti dengan jarak hanya beberapa inch. Hebatnya ban belakang sampai ngangkat keatas sudah layaknya orang melakukan stopie. Akibatnya…..joki depan bokong sampai melorot kebawah hingga fairing sedang yang dibonceng terdorong mengisi tempat duduk sijoki. Jelas….mereka melakukan super hard braking. Walah…pakem bener remnya!!.? Efek stopie tidak mungkin dilakukan jika perangkat ciet memble. Untung posisi motor lurus sempurna…jika tidak bisa jadi lost grip dlosor keaspal….

Yup……jujur rata-rata rem motor Yamaha memang maut. Khususnya respon ketika tuas ditarik…lembut dan pakem. IWB sudah mencoba dari versi generasi lawas mulai dari Yamaha Force 1, F1Z- R, RXZ, RZR, RX-King, RX-Special….plus varian bebek dan matic begitu mumpuni. Tapi koq sikebo kurang yak :mrgreen: ??….bisa jadi akibat ban gambotnya mengurangi efek pakem rem akibat daya dorong yang besar. Kayaknya….RDB wajib nih kedepan buat Byson. Btw punya pengalaman serupa mzbro?? monggo dishare….(iwb)

175 COMMENTS

  1. yah kalo aku baru aja kemarin insidennya. depan ane ada mobil hard braking,reflek ane yang jalan 60 kpjan juga hard brake. sukses dengan sempurna . remnya pakem n halus banget. tapi tiba-tiba dari belakang ada motor nabrak ane,doi gak pakem remnya. sedih deh motor ane lecet. tapi untunglah gak kenapa2. malah kasian yang nabrak sampe jatuh bensinnya tumpah semua. ane pake vixi,yang nabrak ane supra. tuh supra emang remnya aneh,terutama yang depan. kalo dibejek gak reflek2.tapi tiba2 kalo dibejek lagi langsung ngunci. ane tau soalnya ane punya supra juga. oiya,no offense nih,ane bukan fby, malah motor ane yang yamaha cuma vixi doang. yang 3 lagi honda semua ;D

  2. Tergantung ban dan kondisi jln kyknya…..walaupun ban berhenti berputar tp ban tetep ngesot sama aja kan…..atau kondisi jalan yg berpasir dijamin langsung dlosor…..

  3. setuju mas iwan kalo yamaha remnya memang maknyuss … selain rem juga pengaruh suspensi & ban juga …
    kalo yg lain suzuki skydrive jg bagus mas, cuma ya itu … udah 2 x saya berhasil ngerem malah disruduk dari belakang yang mengakibatkan tempat plat nomor pecah .. untungnya spakboarnya lentur jadi gpp …
    kalo pake honda belum pernah ngerem ndadak mas ..
    kalo kawasaki ga punya motornya … masih ngumpulin duet ..
    kalo ducati … apalagi ..

  4. memang bener mas iwan.
    no offense juga ya. motor2 yg make kaliper cakram depan merk N*ss*n memang kalah pakem dari kaliper cakram si Y. memang begitulah kenyataannya.
    kalo untuk motor sport Y, saya merasa memang sangat amat memerlukan yang namanya rem cakram. jika digunakan latebrake masih harus mikir 2 kali. tapi ya itu dia, ternyata masih lebih pakem dari yang saya sebutkan diatas :).

  5. CEK NIH GAN !!! FOTO-FOTO PATUNG YANG MENAKJUBKAN DIDUNIA !!! GABAKAL NYESEL GAANNNNN !!!!!!!
    terlampau.wordpress.com/2011/10/06/kumpulan-foto-patung-paling-menakjubkan-di-dunia/

  6. ada bahayanya juga lo mas..
    pengalaman saya, naik jupiter z, lagi kenceng 70-80 km/h, di belakang saya ada supra fit. tiba2 di depan ada mobil nyosor nyebrang jalan seenaknya, otomatis ngerem mendadak, pakem. saya liat ke belakang dari spion, ternyata supra fit ga mampu mengimbangi kepakeman rem jupiter z, hasilnya spakbor belakang motor saya di tabrak sama supra fit tapi cuma dikit krn saya kembali narik gas begitu tahu supra fitnya agak bablas ngeremnya, jd Alhamdulillah saya selamat..

  7. kalo untuk motor sport Y, saya merasa memang sangat amat memerlukan yang namanya rem cakram. jika digunakan latebrake masih harus mikir 2 kali. tapi ya itu dia, ternyata masih lebih pakem dari yang saya sebutkan diatas 🙂 .
    ====================================================
    maksudnya RDB

  8. Pakemnya rem dari garputala harus di imbangi sama kompon ban yang mumpuni..kalo nggak ya ttp ndlosor..soale saya juga pake yamaha dan memang terbukti pakem.. tp ya itu td…kalo bisa nyari ban yg bisa “gigit” dengan baik..

    ybadrianto.wordpress.com/2011/10/07/sesuatu-datang-diakhir-bulan-ini/

  9. apakah dgn terbitnya artikel ini dpt diasumsikan rem honda tdk pakem???????????
    atau dgn kata lain motor honda tidak safety dlm hal rem????????
    berarti produk rem honda gagal????????
    apakah yg membuta pakem rem itu hanya satu komponen saja yaitu remnya????

  10. Nitip lagi kang :

    Suzuki : Singa Sakit yang Mulai Menyembuhkan Diri ( Ati-ati para kompetitor ! )

    udiendkab.wordpress.com/2011/10/07/suzuki-singa-sakit-yang-mulai-menyembuhkan-diri-ati-ati-para-kompetitor/

  11. aq juga punya pengalaman stopie waktu hard braking and boncengan….
    pake jupiter versi pertama….tapi jupiter z sekarang rem depannya gak sepakem dulu…mungkin dulu dianggap terlalu pakem untuk motor bebek…jadinya sekarang semua bebek yamaha hanya pake single piston di rem depannya

  12. pengalaman menggunakan Vega ZR dan Shogun RR
    dalam pengereman, Vega ZR terasa lebih enak walupun rem belakang masih tromol, beda dengan Shogun RR yang seringkali ban belakang ngunci

  13. walah, bener bgt tuh mas iwan…. saya pake scorpie emang dahsyat rem depannya…. tp pernah sial juga, pas ada angkot (kira” 3-4 m jaraknya) ngerem mendadak, saya berhasil berhenti dengan mulus dari speed 50 km/jam dan jarak dngn angkot 0.5 – 1 meter…. eh, ada Supra X ga bisa brnti nyundul knalpot si scorpie… walaaaaah….

    pengalaman lain ya ngerem mendadak, tp ga trjadi stopie, malah ngesot…. ban depan sudah mati, tp ini motor ga berhenti… weleh, tp ga pernah jatuh…. alhamdulillah… 😀

  14. emang pakem bgt kang..vixionku juga sering ngalami kaya gitu..dan alhamdulillah remnya sangat membantu..walaupun suatu hari sempet motor hampir ndlosor..untung msh bisa kontrol..tapi kalo rem balakang, wah kayanya wajib pasang RDB..ga pakem kang..malah ngloyor terus kecuali diinjek sekuat tenaga..

  15. @arthur5
    klo berdasarkan pengalaman ane sih misal cakram gak pakem, coba buka dlu baut kaliper ny mana tahu ad angin ny sehingga tekanan minyak rem gk padat…di antara 3 motor ane dirumah hnya supriX125 yg udah berkali-kali buang angin di minyak rem gk pakem2 juga…jebule emg kualitas rem supriX125 gak mumpuni…ampe ganti kampas rem ny ama yg original juga podo wae alias sama saja cakram supriX125 gak pakem2…

  16. ko’ bnyak yg bilang rem HSX125 nggak pakem ya….
    padahal Supri 125 gue depan belakang mantab tuh… pakem tp ya nggak terlalu pakem…. 🙂

  17. @Louis
    lah emg gitu kenyataan nya…mo di tutup2in gmn juga orang2 pd tau…dan miris ny masih jg ad yg nekat ngebut pake supriX125 dikira double cakram ny mumpuni kaleee padahal kebalikannya…dah dibejek abis masih aja ngeloyooor tuh supriX125…

  18. dulu wkt mtor vega msh baru di pake b0ncngan Bpak Ibukuwkt itu bangjo merah, pas ijo digas bisa ngangkat ban dpan 😀
    kok mah jd oot

    wkt sma suka maen stopi pake Yamaha, pakem bgt, ciiiitttt jengit, pnah juga dl0sor, baru terang ujan, beban tbuh aq ksh ke dpan, krna handlng enak bgt, aq coba rem, dlosor deh, hehehe

  19. napa motor baru nga pakem dibanding ama motor lama.
    jawabannya cuma atu
    kualitas keseluruhan motor baru skrg adalah kualitas downgrade dengan harga upgrade.
    yang baru cuma design dan teknologi aja, silakan dibuktikan 😀

  20. Mx ane rem depan emang mantaf tapi rem belakangnya enggak bgt. 4 th pake mx cuma sekali ndlozor itu jg krna reflek nginjek rem blkng terlalu dlm pas nikung. Sejak itu gue selalu ngandelin rem depan, rem blkng cuma buat ngimbangin doank.

  21. Sama.. Pas mao nabrak anak kecil yg nyebrang tiba2.. Tadi nya udah pasrah bakal nubruk tuh anak, smp mikir bakal digebukin masa..
    Ternyata Rem MX mantep ban belakang smp ngepot2.. Ban depan slide juga, cuma posisi sedikit miring, untung gak smp ndlosor.. Akhir ny selamat kau nak..

  22. msh ada aja org2 yg sedari dulu masih penasaran pgn ngejatuhin imej supri dgn men cari2 kelemahan sekecil apapun termasuk soal rem… Woiy yamaho! Bc in terus aja motor honda sampe ente2 pd puas! G ngaruh kalee.. 😎

  23. 59. ajie1987 – Oktober 7, 2011
    ada bahayanya juga lo mas..
    pengalaman saya, naik jupiter z, lagi kenceng 70-80 km/h, di belakang saya ada supra fit. tiba2 di depan ada mobil nyosor nyebrang jalan seenaknya, otomatis ngerem mendadak, pakem. saya liat ke belakang dari spion, ternyata supra fit ga mampu mengimbangi kepakeman rem jupiter z, hasilnya spakbor belakang motor saya di tabrak sama supra fit tapi cuma dikit krn saya kembali narik gas begitu tahu supra fitnya agak bablas ngeremnya, jd Alhamdulillah saya selamat..

    Pandangan yang aneh??!?!?
    Bahaya mana, nabrak mobil atau ditabrak supra fit dari belakang????

    FBH ngeles dengan alasan pengaruh ban juga.
    Emang yang buat ban untuk Yamaha dan Honda itu beda?
    Sama – sama IRC juga.
    Setelah ban bawaan dari pabrikan aus, ban aftermarket yang tersedia di pasaran gak dibedakan untuk merk Y, H, S, K, atau motor dari Cina & India.
    Ngeles kok ora mutu blas!!!!

  24. Jd inget pengalaman ane ama soul tercinta.ada anak kecil mo nyebrang,kaya ragu nyebrang gak nyebrang gak,pas jarak 2 meteran tu anak nyebrng smbil lari.ampun dah!reflek rem depan ane bejek abis ampe motor berhenti n badan keangkat kedepan.hampir saja…tu bocah ngloyor ky gak puny dosa.gak tau klo rem soul gak bisa hentiin laju motor seketika.bisa jd bulan2an masa ane…

  25. FBH jangan iri ya, lihat judul artikelnya “Rem motor Yamaha memang maut” jadi komentar disini mengenai pengalaman berkendara naik Yamaha…sana pergi jauh2 hush hush hus kalau ga mau pergi tak siram air lho

  26. wew kok saya FBH, motor saya jup z & MX lo..
    udah ngerasain pakem nya 2 motor itu, dr segi keuntungan & kerugian dah paham
    maksudnya saya selain ada untungnya jg ada bahayanya

  27. mx ane memang sering dicium motor laaen dari belakang gara gara remnya pakem, tapi harus kampas asli, kalo abal abal mah gak ngerem blas.

  28. KALO PENGALAMAN SAYA MALAH SEBALIKNYA! MOTOR2 YAMAHA KURANG PAKEM REMNYA BAIK YG DISC ATAU YG TROMOL., APALAGI VIKSEN PARAH BGT TROMOL BELAKANGNYA SDH BERDECIT TETAP SAJA KURANG MENGGIGIT AL HASIL VIKSEN SAYA SPAKBOR N KOMSTIR JADI PENYOK N OBLAKK DECH.,

    YG AGAK BAGUS MALAH SUPRA X PGM-FI PUNYA ABANG SAYA LBH EMPUK PAKEM N STABIL.,

    MUNGKIN KALO ADA YG LEBIH PAKEM MALAH SHOGUN SP YG DULU PERNAH SAYA PUNYA, SYG SKRG SUDAH DISKONTINUE, PADAHAL BAGUS BGT SYSTEM RDB NYA..

  29. iya.. Yamaha emang pakum rem nya bahkan sampe motor2 nya pun pakum semua! Palagi panboy nya, otak nya pd pakum cuy! Wekekekek

  30. MASALAH REM CUMA SUGESTI kalao gak bener2 tes resmi !!!!
    TROMOLLLL adalah rem sejatinya Ymaho !!

    C-ABS rem honda berteknologi !!

    wkwkwkwkwwkwkwkwkwkkwk 😆

  31. saya pernah punya tiger 2007 untuk kuliah, 1 bulan 1x saya pp bali-surabaya, 6 bln pake tiger nasibku tragis harus masuk rumah sakit karena rem si tiger ga pakem dan cium pantat bus yg se enaknya berhenti mendadak kejar setoran,di probolinggo, ini bukan ngarang looo…
    sekarang saya pake byson 2011 awal, saya rasakan rem nya top markotop kok, alhamdulillah tiap bulan saya pakai pp bali surabaya ga ada masalah, semoga saya selamat dijalan untuk selamanya, amin.

  32. weh kebo putih racoen knalpot muncul juga ternyata hehe…salam 1 azpal n sruuuduk mzbro…

Comments are closed.