iklan iwb
iklan iwb

Hari ini website otomotif Bikeadvice merilis artikel test ride Yamaha YZF R15 versi 2.0. Mulai dari handling, respon mesin hingga top speed. Yah…walau kedatangannya ketanah air masih jauh dari angan, tidak ada salahya IWB coba share informasi berdasarkan impresi sitester. Dan berikut yang berhasil IWB tangkap…

Handling

R15 versi 2.0 jauh lebih stabil ketimbang generasi sebelumnya. Hal ini tidak lepas dari ban tubeless berukuran 130/70-17 (belakang), 90/70-17 (depan) plu sswing arm generasi baru (aluminium). Untuk cornering…mantap tidak kalah lincah dibanding generasi sebelumnya. Hanya saja jika sampeyan demen stopie….versi 2.0 lebih susah akibat bobot kaki makin berat….

iklan iwb

Riding impression

Posisi pengendara nyaris tidak ada perbedaan dengan R15 lawas. Menawarkan posisi berkendara terbaik untuk kelas motorsport. Ban gambotnya menambah rasa percaya diri pada kecepatan tinggi. Apalagi ditunjang suspensi serta swing arm aluminium desain baru. Hasilnya ….lebih anteng digunakan melibas jalan raya bebas hambatan….

Engine

Nih dia yang menarik mzbro. Menurut Nareen, jika dibandingkan versi lawas, ban gambot R15 2.0 sedikit mengorbankan accelerasi bawah khususnya dari 0-4000rpm.  Namun….sekalinya melewati angka yang disebutkan…mesin dengan mulus ngacir tanpa ada kendala. Keunggulan lain..adalah karakter engine yang minim vibrasi….

Berbicara accelerasi tentu berbeda dengan top speed. Dalam test yang dilakukan,  motor berslogan racing instict mampu meraih angka 134km/jam. Yah…lumayan untuk motor inreyen. Sebab M. Nareen mengungkapkan bahwa odometer masih 0.8km alias fresh keluar dari dealer. Doi berkeyakinan..seiring waktu….kilometer bertambah, maka speed akan meningkat pula. Normalnya R15 bisa meraih 140km/jam. Artinya??…kecepatan puncak YZF R15 versi 2.0 vs lawas…..11-12 tidak ada perbedaan….

Kesimpulan

Desain anyar memang luar biasa. Bentuk serba runcing, garis tegas ciri khas DNA racing sejati. Sayang..menurut jurnalis Bikeadvice tersebut, desain mempunyai kelemahan. Split jok terlalu tinggi akan menyiksa serta  menyulitkan boncenger jika terjadi panic brake (merosot) atau accelerasi spontan akibat nihilnya hand grip (kalau ini mah kayaknya nggak masalah ya mzbro. Ninin 250r aja no problemo :mrgreen: ). Untuk urusan performa..lebih kurang mirip dengan generasi lawas. Begitu pula komsumsi bahan bakar. YZF R15 2.0 berkisar 1:38km….lumayan irit mzbro….

Kendati bobot melar 5 kg…performa tidak dikorbankan. Jadi kelebihan versi 2.0 dibanding versi lawas adalah…..new design, swing arm aluminium plus ban gambot (Tubeless type), remapping ECU menyesuaikan kaki-kaki yang besar. Score atau nilai yang diberikan doi  adalah 4.5/5. Gimana mzbro…ada komentar??….(iwb)

[youtube=http://www.youtube.com/watch?v=Y3UhuyKg8d4&feature=player_embedded]

iklan iwb
Previous articleBu camat Paliyan kepleset……kera menjadi ular berekor panjang!!…
Next articleHonda India dikabarkan akan segera meluncurkan RWB colour untuk CBR250r….
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!