iklan iwb
iklan iwb

Siapa yang tidak keder denger merek Suzuki pada era 1990an. line-up produknya begitu disegani. Entah sebagai komuter atau motor balap pasar senggol. Mulai dari RGR150ss…..Suzuki Crystal serta tornado adalah beberapa varian yang laris manis pada masanya. Mesin bandel, lari ngibrit melekat pada Suzuki. Sedang ditahun 2000an….mereka sempat menggegerkan dengan Thunder 250 serta FXR 150r. Sayang…..penyakit pabrikan grup Indomobil tersebut kumat…

Pengelolaan 3S terkesan kurang serius. Ditahun 1990an….part produk Suzuki terkenal mahal. Mungkin dari sisi konsumen hal tersebut tidak masalah. Namun….wabah indenlah yang membikin gerah. Seperti RGR…..teman pernah mengalami seher jebol akibat digunakan ajang drag liar. Untuk mencari part lumayan susah dan dibutuhkan kesabaran. Kebiasaan buruk dilanjutkan. Masa berganti…namun lagi-lagi produk mumpuni tidak dibarengi faktor penunjang lain……

Awal-awal kemunculannya, FXR150r membikin banyak biker jatuh cinta. Tampilan speedo ala moge plus tenaga besar menghipnotis mayoritas biker. Sayang….6 bulan pakai, untuk membeli lampu sein patah aja susahnya minta ampun. Bahkan yang paling parah….ujung-ujungnya part orisinil tidak pernah hadir dengan beribu alasan. Nasib hampir sama juga dialami Suzuki Thunder 250r. Turing bike berperawakan gambot…laris manis tanjung kimpul. IWB pernah ditawari Thunder 250r keluaran 2004 (waktu itu tahun 2006) diangka 9juta. Barang masih mulus 90% sebab jarang dipakai. Alasan siowner menjual Tundhie……sparepart mahal dan susah. Tuh kan. Dan karena faktor itu juga yang membikin IWB urung meminang sikuda besi. Untung sekarang sudah banyak club-club besar.  Sehingga urusan tersebut bisa saling sharing tanpa tergantung dari pabrikan resmi….

iklan iwb

Tak bisa dipungkiri….itulah kelemahan besar Suzuki. Lemah menjaga konsistensi kelangsungan part (3S) khususnya varian motorsport. Sebagai Blogger sekaligus pemakai…IWB berharap seandainya GW250r brojol ketanah air nanti…..sisi tersebut kudu dibenahi. Contohlah Yamaha dan Honda yang mampu secara konsisten memberikan pelayanan 3S terbaik buat customer. Sebab….dengan melakukannya, praktis akan terjalin bonding atau sinergi berkesinambungan. Ujung-ujungnya pabrikan sendiri yang diuntungkan. Konsumen loyal…maka produk otomatis makin laris. Yah…..semoga ditangan pak Paulus…weakness tersebut bisa dibenahi. So maju terus Suzuki…kami menunggu inovasimu!!!! (iwb)

iklan iwb
Previous articleMotogp FP 2 : Honda sapu bersih Motegi..!!!
Next articleGambar detil Suzuki GW250…..monggo diintip!!
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!