iklan iwb

Kalau sampeyan biasa nyemplak motorsport yang bertebaran ditanah air, kemudian sekalinya mencoba Ninja 150r…..pasti semua sepakat bahwa kuda besi 2 tak racikan Kawasaki ini begitu stabil diatas rata-rata motor lain. Mau digeber max? speed sekalipun sijaran wesi anteng tidak bergeming. Akhirnya rasa penasaran terjawab ketika kita mengamati tulang sasis sikuda besi….

Tipe rangka Ninja 150r menganut full frame…sebuah sasis yang mengambil basic konsep teknologi twin spar yang digunakan mayoritas motogp pabrikan Jepang. Tentu disesuaikan dengan engine yang mungil maka ukuran frame juga diperkecil mengikuti tenaga mesin yang tidak segila motor besar. Bisa diambil contoh dari gambar NSR500 besutan 1993 terlampir. Rangka twin alunium menggendong mesin yang diletakkan ditengah. Cukup cerdas…sebab selain membikin kompak, desain bakal menambah center gravity motor itu sendiri…..

Selain ringan, sasis tipe ini sangat rigid serta mampu menjaga kestabilan kuda besi pada kecepatan tinggi. Coba sampeyan intip bagian depan frame. Disisi bawah terdapat sebuah tulang mengikat center frame menuju depan. Desain bukan sembarang tempel sebab disinyalir bagian tersebut berfungsi sebagai stabilizer yang akan menambah kekuatan dalam meredam pressure berlebih seandainya? motor dipacu dalam kecepatan maksimal. Frame Ninja 150 beda dengan sikakak (ninja 250r) yang menganut sasis semi double cradle, hight tensile steel (identik dengan CBR250r juga). Terus….kenapa Ninja 250r tidak mengikuti sasis Ninja 150 aja??….

iklan iwb

Semua tentu sudah diperhitungkan sedemikian rupa mzbro. Apalagi bobot mesin 4 250cc stroke jauh lebih berat ketimbang 2 stroke. Karena itu dibutuhkan sebuah sasis yang mampu memegang mesin (mounting) secara kuat diberbagai sisi. Makanya pabrikan memilih sasis semi double cradle. Apalagi untuk urusan handling, tipe sasis tidak selalu menjadi patokan nomer satu melainkan lebih kepenghitungan geometri, center gravity serta berbagai tetek bengek lain meliputi desain fairing dsb….

Namun tidak bisa dipungkiri……sasis full frame Ninja 150r cukup mempesona. Dan…disinyalir berkat sasis itulah sininin begitu stabil untuk ukuran kuda besi non fairing. Pipa kotak frame tidak perlu besar, mungil tapi ringan. Ada tambahan mzbro??….(iwb)

Sasis twin spar NSR500 1993...
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!